Lagi, Judoka Mundur dari Olimpiade Tokyo Gara-gara Israel

Pejudo Sudan tak mau bertanding melawan Butbul

Jakarta, IDN Times - Judoka Sudan, Mohamed Abdalrasool, mengikuti jejak rekannya asal Aljazair, Fethi Nourine, mundur dari Olimpiade Tokyo 2020. Keduanya enggan berhadapan dengan pejudo Israel, Tohar Butbul, pada cabang olahraga judo kelas 73 kilogram.

Laporan WAFA, Abdalrasool jadi atlet muslim kedua yang memilih tak ambil bagian dalam pertandingan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada Palestina yang memiliki konflik dengan Israel.

Konflik Palestina dan Israel kembali memanas pada 2021. Terlebih ketika bentrokan di perbatasan banyak memakan korban sipil di pihak Palestina.

Baca Juga: Hebat! Bocah 13 Tahun Sabet Medali Emas di Olimpiade Tokyo

1. IJF memberikan sanksi tegas

Lagi, Judoka Mundur dari Olimpiade Tokyo Gara-gara IsraelIlustrasi (Unsplash/Farzanah Rosli)

Kejadian ini membuat Federasi Judo Internasional (IJF) memberikan tindakan keras. Sebelumnya, mereka memberikan skors kepada Nourine yang mundur karena tak mau berduel melawan Butbul. Hal serupa pun nampaknya bakal diterima Abdalrasool karena tindakan yang sama.

IJF menilai, aksi itu bertentangan dengan filosofi federasi judo. Mereka menilai, urusan politik, SARA, dan lainnya, tak bisa dicampuraduk dengan ranah olahraga, khususnya judo.

"IJF punya kebijakan non-diskriminasi ketat. Kami punya prinsip solidaritas sebagai yang utama. Hal itu diperkuat juga oleh nilai-nilai dari olahraga judo," tulis pernyataan resmi IJF.

2. Atas alasan kemanusiaan

Lagi, Judoka Mundur dari Olimpiade Tokyo Gara-gara IsraelFethi Nourine mundur di Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga Judo. (algulf.net).

Sebelum Abdalrasool, Nourine membeberkan alasan kenapa memilih mundur dari Olimpiade Tokyo. Dia menyebut jika keputusannya tak mau melawan Israel merupakan yang paling tepat. Terlebih, solidaritas kemanusiaan baginya di atas segala hal.

"Kami kurang beruntung dalam undian, karena berhadapan dengan Israel. Itu jadi penyebab utama kami mundur. Ini jadi keputusan yang sesuai dengan keyakinan kami," kata pelatih Nourine, Amar Ben Yaklif.

3. Ramai-ramai mundur karena Israel

Lagi, Judoka Mundur dari Olimpiade Tokyo Gara-gara IsraelMonumen Cincin Olimpiade terlihat di depan kantor pusat Komite Olimpiade Jepang (JOC) dekat Stadion Nasional, stadion utama untuk perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 yang ditunda ke 2021 akibat pandemi virus corona (COVID-19), di Tokyo, Jepang, Rabu (23/6/2021), di hari yang menandai satu bulan menjelang pembukaan Olimpiade. ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato.

Kejadian ini bukan yang pertama kali dilakukan Nourine dalam ajang internasional. DIa juga sempat melakukan tindakan serupa pada 2019 silam. Dia memilih mundur lantaran harus bersua Butbul dalam sebuah pertandingan. 

Kejadian semcam ini memang terus terjadi di beberapa cabang olahraga dan ajang internasional. Atlet dari Mesir hingga Iran pun sempat melakukan aksi serupa, menolak bertanding saat berhadapan dengan wakil Israel.

Baca Juga: Pejudo Mundur dari Olimpiade Tokyo Tahu Lawannya Asal Israel

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya