Comscore Tracker

Menpora Terinspirasi Hari Kartini dengan Perjuangan Srikandi Olahraga

Menpora melakukan tetekonferensi dengan atlet Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pada Hari Kartini 2020, Menteri Pemuda dan olahraga (Menpora) Zainudin Amali memuji peran atlet perempuan yang banyak mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Bahkan, pada haru spesial itu yang jatuh pada Selasa (21/4), dirinya melakukan telekonferensi dengan beberapa mantan srikandi olahraga yang sudah meraih prestasi.

Menpora yang berada di kediamannya, berbincang dengan pemain bulu tangkis Apriyani Rahayu, peraih emas Olimpiade 1992, Susy Susanti, dan eks atlet senam, Dian Arifin. Mereka semua bercerita tentang kisahnya yang banyak menginspirasi kaum hawa.

1. Menpora tanyakan kesan Ibu Kartini kepada Apriyani

Menpora Terinspirasi Hari Kartini dengan Perjuangan Srikandi OlahragaZainudin Amali (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Pada perbicangan tersebut, Zaninudin sempat melemparkan pertanyaan kepada kolega Greysia Polii sebagai ganda putri Indonesia tersebut. Apriyani diminta menjabarkan pandangannya terhadap Ibu Kartini yang telah memberikan banyak andil bagi perempuan pada masa kini.

"Apa kesan Apriyani mengenai Ibu Kartini, perempuan yang hebat, perempuan yang sangat luar biasa dan menginspirasi perempuan Indonesia?," kata politisi Partai Golkar itu dengan nada tanya.

Baca Juga: Potret Semangat 3 Kartini Masa Kini di Tengah Pandemi, Inspiratif!

2. Apriyani sebut Ibu Kartini menginspirasi dunia

Menpora Terinspirasi Hari Kartini dengan Perjuangan Srikandi Olahragainstagram.com/badminton.ina

Apriyani pun menjawab dengan penuh keyakinan jika sosok tersebut merupakan pahlawan perempuan yang memberikan pelajaran betapa gigihnya perjuangan seorang perempuan. Dia malah menyebut jika perjuangan beliau bisa diketahui seluruh dunia, siapa pun bakal menjadikan Ibu Kartini sebagai panutan.

Walhasil, dia pun merasa apa yang sudah dilakukannya sebagai atlet saat ini tak lepas dari perjuangan Ibu Kartini.

"Saya sangat terinspirasi dengan Ibu Kartini karena dia sosok perempuan yang kuat," ujar pemain berusia 21 tahun itu.

3. Apriyani komitmen dengan pilihannya

Menpora Terinspirasi Hari Kartini dengan Perjuangan Srikandi Olahragabadmintonindonesia.org

Lebih jauh, dia mengungkapkan jika momentum Hari Kartini bisa jadi pelajaran penting bagi semua perempuan Indonesia. Dia menyebut, kepada seluruh kaum hawa di Tanah Air agar selalu berkomitmen dan bertanggung jawab dengan apa yang sudah jadi pilihan hidupnya masing-masing.

Hal yang sama pun coba dijalankan Apriyani Rahayu, dia menyebut rela mengorbankan masa mudanya demi mencapai cita-cita membawa harum Indonesia lewat olahraga. Dirinya tak menyesal karena itu konsekuensi yang harus dilakukan seorang atlet.

4. Menpora ucapkan Hari Kartini untuk seluruh perempuan di Indonesia

Menpora Terinspirasi Hari Kartini dengan Perjuangan Srikandi OlahragaZainudin Amali (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Banyak hal sulit yang harus dilakukan Apriyani sampai meraih kesuksesan tersebut. Terkadang, tak sedikit yang harus dikorbankan demi mengharumkan nama bangsa. Hal itu yang dianggap oleh Zainudin jika atlet wanita itu membawa semangat dan inspirasi dari Ibu Kartini.

"Pada perempuan Indonesia di Hari Kartini ini tentu, saya Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia perlu mengucapkan selamat Hari Kartini dan semangat dan perjuangannya tetap menjadi inspirasi buat kita semua," tukas Menpora.

Baca Juga: PON Papua 2020 Ditunda? Menpora: Belum Resmi

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya