Meski Jatuh, Adik Marc Marquez Tetap Sebut Kakaknya Tampil Hebat

Alex Marquez sebut Marc Marquez pembalap terbaik MotoGP

Jakarta, IDN Times - Pebalap MotoGP Alex Marquez memuji pesaing sekaligus kakak kandungnya Marc Marquez walau gagal finis saat tampil pada seri perdana di Sirkuit Jerez, Spanyol pada Minggu (19/7/2020). Dia menilai kerja keras yang sudah dilakukan Marc di lintasan begitu brilian.

"Hari ini, saya pikir dia kembali memberikan demonstrasi mengapa dia bisa meraih juara (MotoGP) dan mengapa dia adalah salah satu pembalap terbaik di dunia. Dia melakukan balapan yang luar biasa," kata Alex dikutip Crash.

Eks juara Moto2 menyebut, Marc Marquez berhasil menghancurkan pengendara lain di lintasan.

"Saya pikir semua pembalap di sini di paddock akan tahu bahwa hari ini dia adalah pemenang balapan ini, karena dia sangat cepat," bebernya.

1. Marc Marquez bisa tampil bagus saat balapan baru dimulai

Meski Jatuh, Adik Marc Marquez Tetap Sebut Kakaknya Tampil Hebatmotogp.com

Pada MotoGP Spanyol, Marc Marquez memang memulai balap dengan sangat baik. Bahkan, pebalap tim Repsol Honda (HRC) ini memulai balap dengan baik saat start dengan merebut posisi kedua. Walhasil, pertarungan adu cepat dengan Maverick Vinales pun tak terhindarkan.

Petaka pertama muncul saat memasuki lap kelima. Marc harus keluar lintasan akibat salah mengambil perhitungan, karena kecepatan yang terlalu tinggi. Kejadian itu membuatnya sampai tercecer ke posisi 16.

Perlahan tapi pasti, Marquez mampu melewati lawan-lawannya kembali setiap lap demi lap. Pada balapan yang berlangsung di track kering ini pembalap asal Spanyol mulai bisa merangsek ke 10 besar saat lomba memasuki sepuluh putaran.

Baca Juga: Resmi! Marc dan Alex Marquez akan Membalap untuk Honda di MotoGP 2020!

2. March Marquez tampil agresif sebelum terjatuh di lap 22

Tak berselang lama, agresivitasnya semakin menjadi. Dia naik ke posisi delapan pada lap 13, naik dua peringkat lagi empat lap setelahnya, dan langsung menduduki peringkat empat pada lap 19, sebelum akhirnya menyentuh posisi ketiga sampai lap ke-21.

Nasib nahas justru menghampirinya saat balapan tinggal menyisakan tiga putaran. Marc Marquez tergelincir pada tikungan ketiga saat berusaha mengejar dua pembalap di depannya, termasuk Fabio Quartararo, yang tampil paling cepat dalam balapan kali ini.

"Dia ada di depan saya ketika dia kembali dari kerikil, selama tiga putaran dia menghilang. Jadi saya berkata, dia akan membuat pertunjukan yang bagus dalam balapan kemarin," ujar Alex Marquez.

"Tapi aku tidak menyangka kalau dia jatuh. Dia sudah naik ke posisi ketiga. Kupikir mungkin dia di urutan ketujuh, kedelapan. Semacam itu," lanjut dia.

3. Marc Marquez kemungkinan absen di MotoGP Andalusia

Meski Jatuh, Adik Marc Marquez Tetap Sebut Kakaknya Tampil Hebatmotogp.com

Kini pembalap yang dijuluki Baby Allien ini tengah dalam perawatan. Dia menderita cedera di beberapa bagian, termasuk patah tulang lengan atasnya.

"Marquez mengalami benturan keras di lengan atas saat kecelakaan. Saat ini tenaga medis tengah melakukan X-Ray dan memberikan penghilang rasa sakit kepadanya (Marquez)," kata Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig.

Dia membutuhkan waktu untuk melakukan pemulihan sebelum kembali tampil di ajang balap paling bergengsi di dunia ini.

Dia bakal ke Barcelona untuk menjalani operasi, karena mengalami patah tulang. Sejauh ini belum tahu berapa lama juara MotoGP musim lalu itu bisa pulih kembali. Yang pasti tim Repsol Honda bakal terus mengabarkan perkembangan kondisi Marc Marquez pascaoperasi," tulis keterangan resmi Honda.

Baca Juga: Gegara Terjatuh di Jerez, Marquez Gagal Finis dan Harus Jalani Operasi

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya