Minus Marc Marquez, Honda Bikin Catatan Buruk di MotoGP 2020!

Honda sudah tak naik podium dalam 5 seri MotoGP 2020

Jakarta, IDN Times - MotoGP 2020 seolah jadi mimpi buruk bagi Honda. Kehilangan pembalap andalan Marc Marquez membuat mereka mencatatkan rekor buruk di ajang balapan motor paling elite di dunia itu saat edisi kali ini digelar.

Sudah lima seri dihelat, tak sekali pun tim utama Honda atau tim satelitnya bisa mencicipi podium musim ini, mulai dari MotoGP Spanyol, Andalusia, Ceko, Austria, sampai Styria. Hal itu membuat motor RC213V yang dikenal gahar, jadi pesakitan tahun ini.

Walhasil, mereka membuat rekor jeblok, karena sudah 38 tahun tak pernah tim pabrikan Honda gagal naik podium dalam rentang waktu lima seri. Terakhir, mereka menjalani musim terburuk adalah pada 1982.

1. Alex Marquez dan Stefan Bradl gagal bersaing di MotoGP 2020

Minus Marc Marquez, Honda Bikin Catatan Buruk di MotoGP 2020!bikesrepublic.com

Kehilangan Marquez memang jadi pukulan telak bagi tim Repsol Honda. Bagaimana tidak, setelah dirinya absen, tak ada lagi pembalap yang kompetitif untuk bisa bersaing dengan pabrikan yang sudah mulai bersaing dalam performa motornya, seperti KTM sampai Suzuki.

Adik si Baby Allien, Alex Marquez, yang digadang-gadang bakal seperti kakaknya malah tampil melempem. Alih-alih jadi debutan sukses, dirinya bahkan sulit menembus lima belas besar walau bergabung dengan Repsol Honda.

Sementara, pengganti Marc Marquez, Stefan Bradl tak bisa berbuat banyak. Dalam tiga kali kesempatan tampil, Bradl gagal meraih satu poin pun, karena menyelesaikan lomba di posisi paling buncit.

Baca Juga: MotoGP: Maverick Vinales Menjatuhkan Diri saat Melesat 230 KM/Jam!

2. Motor RC213V 2019 tampil lebih baik

Minus Marc Marquez, Honda Bikin Catatan Buruk di MotoGP 2020!instagram/calcrutchlow

Pebalap dari tim satelit LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow, ikut bernasib sama. Dia masih belum bisa membuktikan diri tampil baik dengan motor tunggangannya itu. Setelah cedera pada awal musim MotoGP 2020, performanya bahkan terus menurun setiap serinya.

Justru performa lebih baik ditunjukkan tim satelit yang menggunakan RC213V edisi 2019. Pebalap asal Jepang, Takaaki Nakagami tampil menawan, karena beberapa kali bisa masuk ke delapan besar, termasuk saat MotoGP Andalusia yang finish kelima.

3. Marc Marquez bakal absen hingga MotoGP 2020 berakhir

Minus Marc Marquez, Honda Bikin Catatan Buruk di MotoGP 2020!twitter.com/marcmarquez93

Performa buruk ini terancam terus berlanjut dalam musim ini. Apalagi, pebalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez disebut bakal fokus menjalani masa pemulihan cedera. Hal itu mengindikasikan pebalap yang dijuluki Baby Allien kemungkinan bakal absen pada sisa musim balapan MotoGP 2020.

Marc Marquez belum pulih setelah mengalami crash di seri pertama MotoGP 2020. Pebalap asal Spanyol itu terjatuh ketika balapan tinggal menyisakan tiga putaran terakhir. Dia menderita cedera di beberapa bagian tubuhnya, termasuk patah tulang lengan atas.

Repsol Honda dalam rilisnya menyebut Marquez masih harus berjuang memulihkan kondisinya lebih lama lagi. Diprediksi, dia bakal istirahat dari lintasan antara dua sampai tiga bulan mendatang, yang membuatnya tak bisa tampil hingga MotoGP 2020 ini berakhir.

Baca Juga: Marc Marquez Bakal Absen Hingga MotoGP 2020 Rampung?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya