MotoGP Austria 2020: Diwarnai Insiden Kecelakaan, Dovizioso Jadi Juara

Johann Zarco dan Morbidelli terlibat kecelakaan

Jakarta, IDN Times - Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso berhasil menjadi juara untuk pertama kalinya di ajang MotoGP musim ini. Tampil di MotoGP Austria 2020, Dovizioso berhasil mengasapi semua pembalap di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg yang digelar pada Minggu (16/8/2020) malam.

Sejak start, para pembalap sudah langsung menggeber motornya untuk bisa menempati posisi terbaiknya. pembalap Pramac Ducati, Jack Miller yang memulai balapan di posisi kedua, tepat di belakang Vinales, mampu memimpin sampai lap ketiga.

Sedangkan, Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales yang berada di pole position tak bisa memanfaatkan keunggulannya dengan baik lantaran harus merosot ke posisi kelima, secara berurutan berada di belakang, Andre Dovizioso (Ducati Team), Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory), dan Joan Mir (Suzuki Ecstar).

Persaingan seru terjadi saat memasuki lap keempat, Espargaro, Dovizioso, dan Joan Mir saling berebut posisi di tiga besar. Persaingan sengit itu terus berlanjut selama dua lap dan menghasilkan drama-drama menegangkan dalam setiap tikungan.

Fabio Quartararo (Petronas Yamah) yang tengah berusaha masuk ke posisi lima besar mengalami insiden kurang mengenakan saat memasuki lap ke lima. Dia harus keluar lintasan sehingga posisinya merosot ke peringkat paling buncit dan sulit untuk kembali mengikuti persaingan di posisi depan.

Red Flag sempat dikibarkan pada lap kedelapan akibat kecelakaan mengerikan yang melibatkan Johann Zarco (Reale Avintia Ducati) yang tiba-tiba menabrak Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) di depannya. Motor Morbidelli yang terbang hampir saja mengenai Valentino Rossi yang tengah berada di lintasan. Beruntung, kejadian itu tak berdampak besar.

Memulai lomba dari lap kedelapan lagi, Alex Rins (Suzuki Ecstar) mampu merangsek ke posisi empat. Sedangkan, Jack Miller mampu kembali memimpin jalannya balapan di depan Espargaro dan Dovizioso. Posisi tersebut tak banyak mengalami perubahan hingga memasuki lap ke-15.

Satu lap berselang Espargaro mengalami crash dan tak bisa melanjutkan balapan. Drama yang terjadi di MotoGP Austria 2020 tak berhenti samapi disitu, dua lap berikutnya giliran Alex Rins yang harus keluar lintasan karena tergelincir sesaat setelah berhasil merebut posisi pertama.

Hal itu menguntungkan dua pembalap dibelakangnya, di mana Brad Binder (Red Bull KTM Factory) dan Valentino Rossi mampu merangsek ke lima besar mengejar Dovizioso di posisi pertama, Miller kedua, dan Joan Mir ketiga. Padahal sebelumnya kedua pembalap itu sempat tercecer di posisi delapan besar.

Memasuki lap-lap terakhir perebutan posisi satu sampai tiga semakin panas. Maklum, Dovi, Miller, dan Rins hanya memiliki selisih waktu yang tipis. Pergantian posisi itu terus berlanjut hingga balapan menyisakan lima putaran lagi.

Andrea Dovizioso akhirnya keluar sebagai juara di MotoGP Austria 2020 setelah berhasil mempertahankan posisi pertama. Sedangkan, Joan Mir mampu mengakhiri balapan sebagai runner-up usai menyusul Jack Miller di dua tikungan terakhir sebelum memasuki garis finish.

Baca Juga: MotoGP Austria 2020: Maverick Vinales Rebut Pole Position, Rossi ke-12

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya