NBA Finalisasi Rencana Kompetisi yang Bakal Dimulai Lagi 30 Juli 2020

NBA juga menyiapkan strategi untuk menghilangkan rasialis

Jakarta, IDN Times - National Basketball Association (NBA) dan National Basketball Players Association (NBPA) pekan lalu mengumumkan rencana untuk melanjutkan musim ini pada 30 Juli 2020.

Protokol kesehatan pun sudah disiapkan oleh pihak pengelola kompetisi dengan keselamatan yang ketat. Plus, kepastian pertandingan yang akan digelar di satu lokasi saja, yakni di Walt Disney World Resort, Florida di mana seluruh tim akan tinggal di sana sampai akhir musim.

NBA dan Disney sepakat untuk menjadikan Arena, Field House, dan Visa Athletic Center di ESPN Wide World of Sports Complex sebagai tempat untuk semua pertandingan selama sisa musim ini. Hanya saja, pertandingan yang akan diikuti oleh 22 tim nanti dipastikan digelar tanpa penonton.

"Kami berterima kasih kepada mitra lama kami, Disney, yang menjadi tuan rumah dan memungkinkan pertandingan dimulai kembali. Kami juga berterima kasih kepada pejabat kesehatan masyarakat dan spesialis penyakit menular, yang membantu memandu pembuatan protokol dan perlindungan kesehatan menyeluruh," kata Komisioner NBA, Adam Silver.

1. NBA sudah siapkan protokol kesehatan dan kampanye anti-rasialis

NBA Finalisasi Rencana Kompetisi yang Bakal Dimulai Lagi 30 Juli 2020Unsplash/Koshu Kunii

Pada waktu bersamaan, NBA dan NBPA pun memastikan kesepakatan terkait protokol kesehatan dan keselamatan, yang akan mengatur dimulainya kembali musim ini.

Program ketat yang membahas risiko terkait COVID-19 dan berpusat pada kesejahteraan pemain, pelatih, wasit, dan staf juga telah dibentuk melalui proses konsultasi dengan pakar kesehatan masyarakat, spesialis penyakit menular, dan pejabat pemerintah.

Termasuk dalam rencana itu, gerakan bersama untuk memerangi rasialisme sistemik dan mengedepankan keadilan sosial juga terus digaungkan.

Baca Juga: [EKSKLUSIF] NBA: Kami Siap Kepakkan Sayap Bisnis di Indonesia!

2. NBA akan buat strategi untuk kesetaraan gender

NBA Finalisasi Rencana Kompetisi yang Bakal Dimulai Lagi 30 Juli 2020eurweb.com

NBA dan NBPA secara prinsip sepakat untuk melanjutkan musim pertandingan dengan tujuan menemukan cara nyata dan berkelanjutan untuk mengatasi ketidaksetaraan ras di Amerika Serikat.

Para pemimpin NBA dan NBPA telah menyiapkan strategi untuk meningkatkan perwakilan kulit hitam di dalam NBA serta semua timnya dan memastikan kesertaan lebih besar untuk bisnis yang dimiliki dan dijalankan warga kulit hitam di seluruh kegiatan bisnis NBA.

Mereka juga siap membentuk yayasan NBA untuk memperluas peluang pengembangan pendidikan dan ekonomi di berbagai komunitas kulit hitam.

"Kami bekerja bersama Asosiasi Pemain untuk menyusun rencana guna melanjutkan musim pertandingan dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan, melestarikan kompetisi yang sehat dan menyediakan wadah untuk mengatasi masalah keadilan sosial," ujar Adam.

3. Masalah rasialisme masih jadi fokus NBA

NBA Finalisasi Rencana Kompetisi yang Bakal Dimulai Lagi 30 Juli 2020instagram/lukadoncic

Sementara, NBPA Executive Director, Michele Roberts, menyambut baik pengumuman resmi terkait kelenjutan NBA musim 2019-2020. Menurut dia, hal terwujud berkat kerja sama nyata Liga dengan Serikat serta dukungan dan bantuan berkelanjutan dari para pakar kesehatan, pejabat kesehatan masyarakat, dll.

Selain itu, platform NBPA di Orlando menghadirkan kesempatan unik untuk memperluas upaya berkelanjutan melawan rasialisme sistemik dan kebrutalan polisi di wilayah tersebut.

"Kami akan terus bekerja dengan para pemain kami dan liga untuk mengembangkan rencana spesifik di Orlando serta prakarsa jangka panjang untuk membawa perubahan nyata pada masalah (rasialisme) itu," bebernya.

4. Lanjutan NBA musim ini dengan format baru

NBA Finalisasi Rencana Kompetisi yang Bakal Dimulai Lagi 30 Juli 2020essentiallysports.com

Dengan format kompetisi baru, ke-22 tim yang berhak bertanding, terdiri dari delapan tim di setiap wilayah dengan persentase kemenangan tertinggi saat ini dan enam tim yang tertinggal enam pertandingan dari unggulan kedelapan di setiap wilayah.

Musim pertandingan akan dilanjutkan dengan masing-masing tim peserta memainkan delapan pertandingan seeding untuk menentukan urutan mereka, sesuai dengan seleksi sisa pertandingan reguler.

Jadwal lengkap pertandingan dan siaran televisi nasional untuk pertandingan seeding akan diumumkan pada Jumat (26/6) malam waktu setempat. NBA serta mitra penyiaran dan teknologinya bekerja sama untuk meningkatkan siaran pertandingan dan memberikan pengalaman menonton interaktif yang mengesankan kepada penggemar.

Baca Juga: NBA Manfaatkan HomeCourt untuk Cari Bakat Pemain Basket Terbaik

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya