Pengurus Baru Dilantik, Menpora Ingin Pordasi Sukses di Olimpiade 2032

Pordasi ingin borong medali cabor berkuda di Olimpade 2032

Jakarta, IDN Times - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) resmi melantik pengurus anyar Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) periode 2020-2024 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (28/2).

Harapan besar pun diapungkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang turut hadir menyaksikan pelantikan Pordasi, yang dikomandoi Triwatty Marciano ini. Menurut dia, pengurus anyar olahraga berkuda ini harus terus berkembang di Tanah Air, dan bisa mengharumkan nama bangsa di kejuaraan-kejuaraan internasional. Termasuk pada proyeksi jangka panjang di ajang Olimpiade 2032.

"Sebagaimana diketahui, kita sedang mengajukan diri jadi tuan rumah Olimpiade 2032. Pak Presiden (Joko Widodo) serius dengan hal itu. Beliau ingin nantinya kita tak hanya sukses sebagai penyelenggara, tapi dari sisi prestasi juga, termasuk dari olahraga berkuda," kata politikus Partai Golkar tersebut kepada awak media.

Baca Juga: Terlanjur Pra PON, Menpora Belum Temukan Solusi Cabor yang Tercoret

1. Pordasi bakal genjot pembinaan berkesinambungan, serta pengembangan sarana dan prasarana olahraga berkuda

Pengurus Baru Dilantik, Menpora Ingin Pordasi Sukses di Olimpiade 2032Pelantikan Pengurus Pusat Pordasi di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (28/2). Dok. Pordasi.

Untuk bisa mewujudkan keinginan Presiden, Triwatty pun berjanji bakal melakukan pembinaan berkesinambungan untuk proyeksi jangka panjang. Selain itu, dia juga bakal meningkatkan kualitas kompetisi untuk melahirkan atlet berkuda yang bisa diandalkan oleh negara di pelbagai kejuaraan dunia.

"Selain itu, sarana dan prasarana berkuda jadi bagian penting yang tak bisa dilepaskan dari itu. Kami bakal melakukan kolaborasi dengan pemerintah untuk itu," ujar Triwatty.

"Sehingga kelak kita punya banyak atlet terbaik. Sehingga pada Olimpiade 2032 nanti insyaallah cabor berkuda bakal memborong medali untuk Indonesia," lanjut dia.

2. Pordasi akan gandeng swasta untuk kembangkan olahraga berkuda

Pengurus Baru Dilantik, Menpora Ingin Pordasi Sukses di Olimpiade 2032Pelantikan Pengurus Pusat Pordasi di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (28/2). Dok. Pordasi.

Namun demikian, istri dari Ketua KONI ini mengungkapkan bahwa semua program yang dilakukannya tak bisa dilakukan sendiri. Butuh dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta untuk bisa mewujudkan program jangka panjang yang diusungnya.

Oleh sebab itu, agar olahraga ini semakin memasyarakat, pengurus anyar yang terdiri dari 117 orang ini bakal giat mempopulerkan beberapa bidang dalam olahraga berkuda, seperti equestrian, poli, dan horseback archery. Sehingga, banyak masyarakat yang berminat.

"Dengan banyaknya minat masyarakat, potensi kolaborasi dengan pihak swasta untuk pembinaan atlet semakin terbuka," bebernya.

3. Kenapa pengurus Pordasi gemuk?

Pengurus Baru Dilantik, Menpora Ingin Pordasi Sukses di Olimpiade 2032Pelantikan Pengurus Pusat Pordasi di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (28/2). Dok. Pordasi.

Terkait besarnya pengurus anyar Pordasi, Triwatty berdalih agar semua cabor yang dibawahi Pordasi bisa berkembang. Sebab, kata dia, ada banyak bidang yang harus dikerjakan, karena Pordasi tak seperti cabor lainnya yang fokus mengurus satu bidang olahraga saja, tapi sekaligus lima bidang dalam olahraga berkuda.

Sebetulnya, Pordasi sudah memilih pengurus sedemikian ramping. Jadi minimal satu komisi bisa diisi 20 orang untuk mengurus pekerjaannya pada periode kepengurusan 2020-2024 ini, walau dirinya mengakui bahwa sebetulnya menginginkan jumlah pengurus sekitar 150 orang.

Baca Juga: Kompetisi Berkuda Digelar, Menpora: Equastrian akan Maju!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya