Persaingan Ketat Karate di PON XX Papua

Sisilia adalah peraih emas nomor kata putri di Jabar

Jayapura, IDN Times - Cabang olahraga karate PON XX Papua akan mulai dilangsungkan pada Senin (11/10/2021). Bertanding di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Jayapura, atlet karate putri, Sisilia Agustiani Ora akan bertanding pada nomor kata putri.

Sisilia yang mewakili Jawa Timur, berusaha mempertahankan emas pada nomor ini. Maklum, lima tahun lalu, saat gelaran serupa dihelat di Jawa Barat. Dia menumbangkan Yulianti Syafrudin dengan poin telak 4-1 dalam laga final.

1. Persaingan makin ketat

Persaingan Ketat Karate di PON XX PapuaAtlet karate Jawa Timur, Sisilia Agustiani Ora akan bertanding di nomor kata putri. (Instagram/@sisiliaora).

Dia tercatat pernah meraih prestasi cukup baik di kancah SEA Games 2017 silam. Medali perak berhasil dibawa pulang ke Indonesia dalam nomor yang jadi andalannya.

Walau diunggulkan meraih medali pada nomor kata putri, Sisilia dipastikan tak akan mudah meraih medali seperti yang dilakukan di Jawa Barat.

Maklum, banyak pesaing baru yang berpotensi membuat kejutan, di antaranya adalah anak-anak muda, salah satunya wakil Sumatera Barat, Putri Anzhani Amelia.

Baca Juga: Final Renang PON XX Papua Hujan Rekor, Jatim Paling Banyak

2. Juara bertahan tak main di nomor kata putra

Persaingan Ketat Karate di PON XX PapuaANTARA FOTO/INASGOC/Yudhi Ginanjar/Sup/18

Sebetulnya, ada empat nomor yang dipertandingkan hari ini. Selain kata putra dan putri, ada juga nomor kumite +84 putra dan putri.

Untuk kata putra, juara baru dipastikan bakal lahir, karena atlet yang lima tahun lalu merengkuh emas, Rahmat Darmawan, tak tampil dalam PON XX Papua.

Tentu, ini menguntungkan bagi Erlando Stevano yang meraih perak di PON Jabar, serta atlet pelatnas Ahmad Zigi Zaresta, yang berpeluang meraih emas lebih mudah tanpa Rahmat.

3. Tak ada Umar Syarief, kumite +84 bakal melahirkan juara baru

Persaingan Ketat Karate di PON XX PapuaUmar Syarif tak bermain di PON XX Papua. (Instagram/@umarsyarief1).

Sementara, di kelas kumite 84+ yang selalu dikuasai atlet legendaris Umar Syarief, dipastikan bakal melahirkan peraih emas baru. Sebab, Umar sudah pensiun dan tak bermain di PON kali ini

Hal serupa juga terjadi di nomor kumite -84 putra di ajang PON XX Papua.

Baca Juga: [FOTO] Aksi Gagarin Saat Pecahkan Rekor di PON XX Papua

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya