Comscore Tracker

Polemik PB Djarum vs KPAI, Ini Jalan Tengah dari Kemenpora

PB Djarum diminta kembali membuka audisi bulutangkis

Jakarta, IDN Times - Polemik antara Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dengan Djarum terkait program audisi beasiswa bulu tangkis memasuki babak baru. Hal itu terjadi usai Kementerian Pemuda dan Olahraga mempertemukan keduanya di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9).

Mediasi dihadiri Menpora Imam Nahrawi, Sekretaris Jenderal PBSI Achmad Budiharto, Pengurus PB Djarum Lius Pongoh, dan Ketua KPAI Susanto. Mediasi yang berlangsung itu pun akhirnya melahirkan beberapa kesimpulan sebagai berikut:

1. Audisi bulu tangkis harus tetap jalan

Polemik PB Djarum vs KPAI, Ini Jalan Tengah dari Kemenporagoogle

Para pihak yang beberapa waktu terakhir berpolemik tentang masalah audisi bulu tangkis Djarum (KPAI dan Djarum Foundation) telah mengadakan pertemuan yang dipimpin oleh Menpora. Tujuannya adalah mencari solusi agar audisi bulu tangkis tetap berkesinambungan dengan sejumlah catatan penting dan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Bulu tangkis jadi salah satu olahraga paling penting bagi Indonesia

Polemik PB Djarum vs KPAI, Ini Jalan Tengah dari KemenporaDjarumfoundation.org

Alasan utama dari kesinambungan audisi bulu tangkis adalah dengan pertimbangan adanya ketersediaan atlet-atlet bulu tangkis usia muda secara selektif dan berjenjang dalam berkontribusi bagi proses pembibitan atlet bulu tangkis nasional.

Apalagi, cabor bulu tangkis masih menjadi salah satu cabang olahraga penyumbang utama perolehan medali di sejumlah event olahraga internasional.

3. Atas dasar poin nomor satu dan dua di atas, maka KPAI dan Djarum harus membuat kesepakatan

Polemik PB Djarum vs KPAI, Ini Jalan Tengah dari KemenporaIDN Times/Lia Hutasoit

PB Djarum sepakat untuk mengubah nama yang semula audisi umum beasiswa PB Djarum 2019 berubah menjadi audisi umum beasiswa bulu tangkis tanpa penggunaan logo, merk, brand image Djarum.

Sementara bagi KPAI, mereka sepakat untuk mencabut surat KPAI tanggal 29 Juli 2019 tentang permintaan penghentian audisi Djarum.

4. Menpora, PBSI, KPAI beri kesempatan Djarum konsolidasi internal

Polemik PB Djarum vs KPAI, Ini Jalan Tengah dari Kemenporadjarumfoundation.org

Kemenpora, PBSI, dan KPAI sepakat memberikan kesempatan pada PB Djarum untuk konsolidasi secara internal guna melanjutkan audisi pada 2020 dan seterusnya, dengan mengacu pada kesepakatan yang telah diambil pada pertemuan pada 12 September 2019 ini.

Baca Juga: Yayasan Lentera Anak: Audisi PB Djarum di Purwokerto Sesuai Aturan 

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwi Agustiar

Just For You