PP Pordasi Berduka, Ketua Hariannya Alex Asmasoebrata Tutup Usia

Alex juga aktif di olahraga balap mobil

Jakarta, IDN Times - Dunia olahraga berkuda tanah air beduka. Ketua Harian Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi), Alex Asmasoebrata meninggal dunia pada Sabtu (2/1/2021) pukul 00.15 WIB.

Mewakili Keluarga Besar Pordasi di tanah air, Ketua Umum PP Pordasi, Triwatty Marciano mendoakan almarhum. Terlebih, dia merupakan orang yang sangat peduli terhadap dunia olahraga Indonesia, khususnya saat ini di cabang berkuda.

“Semoga Pak Alex mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT,  jasa pak Alex untuk olahraga berkuda akan selalu dikenang," kata Triwatty.

“ Saya mengajak  semua Pengurus PP Pordasi dan para komunitas olahraga berkuda untuk InsyaAllah berusaha melanjutkan cita-cita dan keinginan terakhir beliau, mengembalikan arena Pacuan di DKI Jakarta”, lanjut dia.

1. Ketum PP Pordasi kenang sosok Alex

PP Pordasi Berduka, Ketua Hariannya Alex Asmasoebrata Tutup UsiaDok. Pordasi

Triwatty mengenang sosok Alex semasa hidupnya. Dia pun dikenal sebagai seseorang yang memegang prinsip dengan kuat.

“Pak Alex adalah sosok yang berani dalam mengambil tindakan," ujar Triwatry mengenang sosok Alex. 

Dia pun memberikan apresiasi yang besar kepada Alex. Di tengah kondisinya yang tidak sehat, Alex masih menunaikan tugasnya dan menjalankan aktivitas di Pordasi. 

“Walaupun Bapak dalam kondisi sakit, pak Alex tetap berjuang demi Pordasi. Perjuangan pak Alex akan terus kami lanjutkan," katanya dengan semangat.

“Insya Allah mbak Muri diberikan ketabahan dan keikhlasan," lanjut Ketum PP Pordasi ini.

2. Ketua KONI ucapkan duka mendalam

PP Pordasi Berduka, Ketua Hariannya Alex Asmasoebrata Tutup UsiaPelantikan Pengurus Pusat Pordasi di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (28/2). Dok. Pordasi.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman pun mengucapkan duka mendalam untuk almarhum Alex. Dia menilai Ketua Harian PP Pordasi itu

Marciano pun mendoakan, almarhum yang sudah sangat berjasa dalam perkembangan olahraga Indonesia, diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

“Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosanya serta almarhum di terima di tempat terbaik dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan," kata Marciano mendoakan sosok yang rajin menunaikan ibadah puasa itu.

Baca Juga: Berkuda Absen di PON, Pordasi Serius Siapkan Road Map Asian Games

3. Alex alami penyakit komplikasi

PP Pordasi Berduka, Ketua Hariannya Alex Asmasoebrata Tutup UsiaKetua Harian PP Pordasi, Alex Asmasoebrata (kiri), Ketum PP Pordasi Triwatry Marciano (tengah) dan Sekjen PP Pordasi, Adinda Yuanita (kanan) . (IDN Times/Dok. Istimewa).

Beberapa bulan terakhir, Alex diketahui berjuang menghadapi penyakit diabetes, kanker pankreas dan hati. Pria yang meninggal dunia pada usia 69 tahun ini pun sempat melakukan perawatan intensif di RSCM Kencana.

Beberapa tokoh pun sempat memberikan dukungan moral dengan menjenguknya, seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

4. Alex Asmasoebrata aktif di Pordasi

PP Pordasi Berduka, Ketua Hariannya Alex Asmasoebrata Tutup UsiaDok. Pordasi

Alex Asmasoebrata sudah menjadi pembalap mobil sejak usia muda. Ayah dari pembalap Alexandra Asmasoebrata tersebut pensiun dari dunia balap pada 2000 silam.

Terakhir kali berlaga, ia ikut dalam kelas Expert Kejurnas Gokart dan Balap Turing. Pada Februari 2020, dia sempat ikut ajang Kejurnas Gokart Eshark ROK Cup seri pertama di sirkuit Sentul.

Sebelum tutup usia, Alex begitu aktif dalam mengembangkan olahraga berkuda tanar air. Walau tengah sakit, dia tetap melakukan kegiatan bersama Triwatty Marciano (Ketum PP Pordasi) dan jajaran pengurus lainnya menggelar agenda-agenda penting olahraga berkuda.

Baca Juga: Pordasi Rayakan HUT ke-54, Berkuda Targetkan Prestasi di Olimpiade

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya