Ritual Unik 5 Pemain NBA All-Star 2023 Sebelum Pertandingan!

NBA All-Star 2023 merupakan edisi ke-72

Jakarta, IDN Times - NBA All-Star musim ke-72 akhirnya digelar. Pemain-pemain bintang yang akan tampil kali ini, baik untuk tim Western Conference maupun Eastern Conference telah diumumkan.

Rencananya, NBA All-Star Weekend 2023 akan berlangsung di Salt Lake City, Utah pada tanggal 18-20 Februari 2023.

LeBron James didapuk sebagai pemimpin di Western Conference dan Giannis Antetokounmpo bakal menjadi komandan di Eastern Conference. Keduanya akan ditemani masing-masing enam pemain yang juga sudah dipiluh oleh 30 pelatih NBA.

Masing-masing tim kini diperkuat dua pemain berposisi guard, tiga pemain forward, dan
dua pemain dari posisi manapun di setiap area untuk masuk ke dalam NBA All-Star Player
Pool.

Meskipun belum dipilih kedua kapten tim, daftar pemain tahun ini memiliki beberapa
ritual pra-pertandingan unik. Hal itu sudah seperti kebiasaan yang acap dilakukan selama perjalanan karier mereka di NBA All-Star.

Untuk itu, mari kita intip beberapa ritual pra-pertandingan paling unik para pemain yang harus kamu perhatikan jelang All-Star Weekend tahun ini!

1. Chalk toss ala LeBron James

Ritual Unik 5 Pemain NBA All-Star 2023 Sebelum Pertandingan!Ritual pra-pertandingan ala LeBron James di NBA. (Dok. NBA)

LeBron James yang kembali jadi kapten di NBA All-Star musim ini, punya ritual unik chalk toss. Hal itu sudah dikenal sejak dia pertama kali menjadi pemain di kompetisi basket elite dunia pada 2023 lalu. 

Tak disangka, ritual LeBron James ini menjadi favorit para penggemar NBA di seluruh dunia.

Ritual chalk toss, biasa dilakukan LeBron sebelum tip-off. Dia biasanya mengambil segenggam kapur atau bedak, lalu melepmarnya ke udara. Butiran itu kemudian terbang di atas dan perlahan mulai menghilang.

Sebetulnya, dia memulai ritual tersebut hanya untuk menjaga tangannya tetap kering sebelum pertandingan dimulai, tetapi dengan perhatian yang diterima LeBron dari para penggemar, dia mulai melakukan ritual ini hampir di setiap pertandingan.

Sekarang, para penggemar biasanya menunggu ritual tersebut untuk mengambil foto dan menirukan sang legenda saat dia melemparkan kapur ke udara. Benar-benar sebuah ritual yang harus kamu saksikan di NBA All-Star Game 2023.

Baca Juga: 5 Bintang yang Sering Terpilih di NBA All-Star Sepanjang Sejarah 

2. Tarikan telinga Jayson Tatum usai berdoa

Ritual Unik 5 Pemain NBA All-Star 2023 Sebelum Pertandingan!Ritual tarik telinga usai berdoa sebelum pertandingan yang selalu dialkukan superstar Boston Celtics, Jayson Tatum. (Dok. NBA)

Beberapa pemain NBA memiliki ritual pra-pertandingan yang berbaru takhayul, tetapi superstar Boston Celtics, Jayson Tatum, punya ritual yang lebih bersifat sentimental sebelum mulai beraksi, yakni menarik kedua telinganya setelah berdoa.

Sebelum gim keempat NBA Finals 2022 melawan Golden State Warriors, sang pemain mengungkapkan alasan tentang alasannya ritual menarik kedua telinganya pra-pertandingan. Menurutnya, hal itu merupakan anggukan untuk nenek tercinta.

Dengan melakukan hal tersebut, Jayson berharap dapat membawa sang nenek bersamanya dan membawa sedikit keberuntungan bagi dirinya dan tim sebelum memulai pertandingan penting. Sebuah ritual sebelum pertandingan yang unik namun menyentuh bukan?

3. Nikola Jokic selalu mengikat cincin pernikahan di sepatunya setiap bertanding

Ritual Unik 5 Pemain NBA All-Star 2023 Sebelum Pertandingan!denverpost.com

MVP NBA, Nikola Jokic, merupakan seorang pemain yang tangguh di lapangan
basket dan mendominasi serangan. Namun, siapa sangka dia memiliki sisi lembut yang tergambar dalam ritual sebelum pertandingan.

Selama musim 2021/22, dia selalu menunjukkan gestur hangat dan penuh kasih untuk sang istri yang sudah dinikahinya sejak 2020 silam. Dia selalu mengikat cincin pernikahannya itu di sepatu basket setiap bertanding.

Alhasil, cincin pernikahan tersebut menjadi saksi kehebatan Nikola Jokic pada musim tersebut, dengan rata-rata menghasilkan 25 poin, 13 rebound, dan hampir 8 assist dalam satu pertandingan.

Baca Juga: 5 Pemain Tertinggi yang Terpilih Masuk di NBA All-Star 2023

4. Tunnel Shot dan 100m dash Stephen Curry

Ritual Unik 5 Pemain NBA All-Star 2023 Sebelum Pertandingan!Hook pass dalam bola basket (hoopshabit.com)

Pemecah rekor, sekaligus pencetak tripoin terbanyak sepanjang masa, Stephen Curry, juga memiliki serangkaian rutinitas dan ritual unik sebelum pertandingan. Dia biasanya melakukan pemanasan istimewa sebelum pertandingan.

Rutinitas yang biasa dilakukannya itu akhirnya kian dikenal. Alhasil banyak penonton yang sengaja datang berjam-jam sebelum tip-off dilakukan hanya untuk sekadar melihat Curry jelang pertandingan. 

Rutinitas tersebut termasuk tunnel shot terkenalnya yang dimulai pada tahun 2013. Dia selalu mencoba dan menembakkan tunnel shot sebelum kembali ke ruang ganti.

Anggota staf Warriors bernama Curtis mengoper bola kepadanya, dan Steph menembakan bola dari lorong arena dan tepat setelah melakukan tunnel shot, dia berlari dari lorong langsung ke ruang ganti.

Meskipun dia tidak yakin berapa jauh jaraknya, dia suka menyebutnya sebagai lari 100 meter atau 100 dash.

Meskipun rutinitasnya mungkin terus berubah, rangkaian yang konstan ini bekerja untuknya.

5. Takhayul celana lawan milik Jason Terry

Ritual Unik 5 Pemain NBA All-Star 2023 Sebelum Pertandingan!Ritual khusus sebelum pertandingan NBA yang dilakukan Jason Terry adalah memakai celana lawan saat tidur. (Dok. NBA)

Sebelum nama-nama di atas, Jason Terry yang akan menjadi salah satu kepala pelatih ajang Jordan Rising Star, punya serangkaian ritual sebelum pertandingan yang sangat terkenal. 

Pelatih yang memiliki keterampilan brilian sebagai point guard saat masih aktif bermain ini, punya ritual khusus makan ayam, memakai kaus kaki setinggi lutut mengikuti ayahnya, dan mengenakan ikat kepala dalam pertandingan.

Namun, dari hal tersebut, ada ritual paling unik yang dia lakukan Terry saat itu, yakni
mengenakan celana pertandingan tim lawan saat tidur untuk mendapatkan keberuntungan.

Ritual itu diyakini berhasil membantunya menjadi Sixth Man of the year pada musim
2008/09. Terry kali itu bisa mencetak 19,6 poin per pertandingan dan memenangkan kejuaraan NBA bersama Dallas Mavericks dua tahun kemudian.

Itulah sederet ritual pra-pertandingan para pemain NBA yang dapat kamu nantikan pada
ajang NBA All-star 2023!

Selain pertandingan All-Star yang dahsyat, pastikan juga untuk tetap mengikuti rangkaian acara sepanjang akhir pekan dan menyaksikan pertandingan hingga kontes menarik.

Selain ada Celebrity All-Star Game yang menampilkan selebriti favorit kamu, Rising Stars Game yang menampilkan para rookies yang bersinar, Skills Challenge, kontes
3-Point dan Slam Dunk yang paling ditunggu, dan G-League Next Gen Game akan memeriahklan NBA All-Star Weekend 2023.

Baca Juga: 6 Pemain NBA yang Baru Sekali Ikut NBA All-Star pada 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya