Russell Westbrook Bakal Berseragam LA Lakers 

Westbrook merupakan raja triple-double sepanjang masa NBA

Jakarta, IDN Times - Los Angeles Lakers sepakat mendatangkan Russell Westbrook dari Washington Wizards. Sebagai gantinya mereka memberikan tiga pemain, yakni Kyle Kuzma, Montrezl Harrell, Kentavious Caldwell-Pope dan pick nomor 22 draft NBA 2021. 

Adrian Wojnarowski dari ESPN melaporkan, kedua pihak menyetujui beberapa kesepakatan yang telah dibuat, termasuk memberikan tiket draft putaran kedua paa 2024 dan 2028 untuk Lakers.

Namun demikian, pertukaran ini tidak dapat diumumkan secara resmi hingga 6 Agustus 2021, ketika batas gaji pemain diumumkan secara resmi dan tim-tim sudah mulai bergerak untuk musim mendatang. 

Konon, Westbrook kali ini mendapatkan kontrak sebesar 47 dolar AS atau Rp680 miliar dari Lakers.

1. Westbrook sudah sampaikan salam perpisahan untuk Washington Wizards

Proses pertukaran ini menjadi semacam kepulangan bagi Westbrook yang merupakan penduduk asli Los Angeles dan membantu memimpin UCLA mentas di Final Four.

Usai dipastikan berpisah dengan Wizards, Westbrook pun menyampaikan salam perpisahan melalui media sosial pribadinya. Ia berterima kasih kepada semua pihak yang sudah menerimanya dengan baik selama di sana. Pemain berusia 32 tahun ini memastikan, tak akan merupakan masa-masa indah di Wizards.

“Terima kasih DC! Anda menyambut saya dan keluarga dengan tangan terbuka sejak hari pertama. Semua orang menerima saya, baik yang di kantor, staf pelatihan, pelatih, rekan satu tim, dan para penggemar. Saya bersyukur Anda semua memberi kesempatan kepada saya dan terus mendukung semua langkah saya,” kata Westbrook dalam unggahan di media sosialnya.

Baca Juga: NBA Gaet Eks Presiden Amerika Serikat Barack Obama

2. Pembelian terbesar Lakers usai Anthony Davies

Russell Westbrook Bakal Berseragam LA Lakers Pemain LA Lakers Anthony Davis berusaha menjaringkan bola saat melawan LA Clippers saat laga NBA di Staples Center, Los Angeles, California, AS, Kamis (6/5/2021). Clippers memimpin jauh perolehan angka pada paruh waktu atas Lakers 65-42. ANTARA FOTO/Reuters/Kirby Lee-USA TODAY Sports

Bagi Lakers, ini merupakan kedua kalinya dalam tiga tahun terakhir melakukan pertukaran besar yang signifikan di offseason. Sebelumnya, hal itu dilakukan saat mengakuisisi Anthony Davis dari New Orleans pada 2019 lalu. Ia ditukar dengan Lonzo Ball, Brandon Ingram, Josh Hart dan tiga draft pick putaran pertama.

Lakers akan menjadi tim keempat yang dibela Westbrook dalam beberapa tahun setelah menghabiskan 11 musim pertamanya bersama Oklahoma City Thunder. 

Westbrook mulai menapaki kariernya bersama Oklahoma City Thunder pada 2008 dan menghabiskan 11 musim pertamanya di NBA. Kemudian, ia akhirnya hengkang pada musim 2019 ke Houston Rockets. Setahun setelahnyam baru ia pergi untuk membela Wizards.

3. Jadi raja triple-double terbanyak sepanjang masa di NBA

Russell Westbrook Bakal Berseragam LA Lakers NBA.com

Playmaker berusia 32 tahun itu baru saja menyelesaikan musim keempat karirnya dengan rata-rata triple-double terbanyak, prestasi yang dulu dicapai pemain Hall of Fame, Oscar Robertson. Kini, Westbrook berhasil mematahkan rekor Oscar dan menjadikannya sebagai pemain dengan tripel dobel terbanyak sepanjang masa dengan catatan 38  triple-double.

Semusim bersama Wizards, Westbrook bermain dalam 65 laga dan berhasil mencatatkan rata-rata 22,2 poin, 11,5 rebound, dan 11,7 assist. Ia membawa Wizards melaju hingga ke babak playoff untuk pertamakalinya sejak 2018.  Catatan yang cukup baik bukan.

Bersama Lakers nanti, Westbrook akan bekerja sama dengan LeBron James dan Davis untuk membentuk trio yang sudah punya 34 caps bersama All-Star gabungan.

Lakers mengharapkan, kedatangan Westbrook bisa mengangkat prestasi musim ini, usai musim lalu tak bisa memaksimalkan James dan Davis yang jika digabungkan, sudah absen dalam 63 pertandingan musim reguler. Kedatangan Rusell Westbrook tentu menjadi harapan baru para pendukung LA Lakers.

Baca Juga: 5 Fakta Marques Bolden, Pemain Naturalisasi yang Pernah Main di NBA

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya