Comscore Tracker

SEA Games 2019, Pencak Silat Bidik Empat Emas 

Cabor pencak silat hanya pertandingkan sembilan nomor saja

Jakarta, IDN Times - Cabang olahraga pencak silat bakal mempertandingkan sembilan nomor pada SEA Games 2019 Filipina. Hal itu membuat kontingen Indonesia untuk cabor ini hanya menargetkan tiga sampai empat medali emas saja.

Berbeda dengan Asian Games 2018 lalu di Indonesia yang mempertandingkan 16 nomor, kali ini cabor pencak silat hanya memainkan sembilan saja. Secara matematis hal itu membuat peluang mencuri medali akan berkurang. Padahal, di ajang multi-event terbesar se-Asia, Indonesia mampu meraup 14 emas dan 1 perunggu.

"Kami sudah siapkan semuanya, tapi untuk pencak silat tidak bisa seperti kemarin (Asian Games) 14 emas, karena hanya ada 9 nomor dan itu artinya cuma sembilan emas yang dipertandingkan," kata Manajer Pelatnas Pencak silat Indonesia, Sunarno.

1. Tuan rumah punya hak menentukan cabor dan nomor yang dipertandingkan di SEA Games

SEA Games 2019, Pencak Silat Bidik Empat Emas 2019seagames.com

Tuan rumah memang memiliki hak prerogatif untuk menentukan cabor-cabor dan nomor yang dipertandingkan. Bisa jadi ini strategi mereka untuk membuat negara-negara yang punya peluang meraih banyak medali di cabang tersebut tak bisa mendapatkannya dengan maksimal, termasuk Indonesia karena beberapa nomor yang jadi andalannya tak dimainkan dalam SEA Games ini.

Sunarno juga mengungkapkan berat rasanya untuk bisa mengulang kesuksesan seperti Asian Games tahun lalu. Menurut dia, lebih sedikit nomor yang dipertandingkan, lebih sulit pula bagi tim untuk meraih medali, karena persaingan antar tim bakal lebih ketat.

2. Memilih realistis, manajer pencak silat Indonesia targetkan tiga sampai empat emas saja

SEA Games 2019, Pencak Silat Bidik Empat Emas ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Apalagi, beberapa negara sudah memiliki kekuatan yang berimbang dalam cabor pencak silat. Sebut saja, Malaysia yang mampu menjadi juara umum dengan meraih 10 emas dari 19 nomor yang dipertandingkan. Lalu ada Vietnam yang mampu mengejutkan dengan meraih tiga emas.

Oleh sebab itu, berkaca pada performa tim pada SEA Games edisi sebelumnya, di mana Indonesia cuma berhasil merebut dua emas, empat perak, dan sembilan perunggu saja, kali ini Sunarno memilih realistis perihal target.

"Menpora punya harapan agar kami bisa mendapatkan semua emas pada sembilan nomor (sembilan emas), tapi kami harus melihat lawan berat seperti Malaysia, Vietnam, dan Singapura. Tentunya Filipina juga harus diwaspadai karena berstatus tuan rumah. Tidak seluruh nomor dipertandingkan, setidaknya bisa merebut tiga sampai empat medali emas," ujar Sunarno.

Baca Juga: 4 Fakta Perhelatan SEA Games ke-30 di Filipina

3. Indonesia mampu rebut lima emas dari delapan kelas pada ajang test event pencak silat

SEA Games 2019, Pencak Silat Bidik Empat Emas ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Sebelumnya, tim pencak silat Indonesia telah melaksanakan persiapan dan melakukan beberapa try out. Bahkan mereka sudah melakukan uji coba ke pelbagai mancanegara, yakni, Belgia, Korea Selatan, Thailand, termasuk juga pada test event SEA Games di Filipina.

Pada uji tanding di test event, tim pencak silat Indonesia berhasil merebut lima emas pada kategori tanding dan seni, dari delapan kelas yang diikuti.

4. Pelatnas pencak silat andalkan kombinasi pemain junior dan senior pada SEA Games ini

SEA Games 2019, Pencak Silat Bidik Empat Emas ANTARA FOTO/INASGOC/Melvinas Priananda

Nantinya, sembilan pesilat putra dan tiga putri bakal jadi tumpuan harapan kontingen Indonesia pada SEA Games nanti. Mereka merupakan nama-nama terbaik mayoritas atlet junior yang dibantu beberapa pemain senior. Komposisi itu merupakan pilihan terbaik untuk bisa melakukan regenerasi yang bagus.

"Walau komposisi atlet muda, peluang juara umum terbuka lebar walaupun tak memainkan pertandingan di kandang," tutur dia.

Baca Juga: Banyak Terkendala, Cabang Renang Tetap Bidik Emas di SEA Games 2019

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Dwi Agustiar

Just For You