Comscore Tracker

Seri Finlandia Dicoret dari Kalender MotoGP 2021

Diganti MotoGP Styria musim ini

Jakarta, IDN Times - Baru digelar empat seri, kalender MotoGP 2021 mengalami perubahan. Dorna memastikan, seri baru MotoGP Finlandia yang digelar di Sirkuit KymiRing, dipastikan gagal menggelar balapan akibat pandemik COVID-19. 

MotoGP Finlandia sejatinya dilangsungkan pada seri ke-10 pada 11 Juli 2021 nanti. Namun, debut KymiRing terpaksa kembali gagal digelar di MotoGP 2021, akibat rumitnya melakukan perjalanan ke Finlandia akibat pembatasan.

Dengan demikian, ini jadi kali kedua bagi Dorna membatalkan MotoGP Finlandia. Keputusan serupa sempat dilakukan pada musim lalu akibat alasan yang sama.

1. Dorna tetap menggelar 18 seri MotoGP 2021

Seri Finlandia Dicoret dari Kalender MotoGP 2021motogp.com

Walau seri Finlandia dipastikan batal, Dorna bakal tetap menggelar balapan di 18 sirkuit yang menjadi arena adu cepat para pembalap MotoGP musim 2021. Sebagai gantinya, mereka bakal menggelar MotoGP Styria di Red Bull Ring pada 6 hingga 8 Agustus 2021.

Baru setelah itu, ajang balapan bakal digelar di sirkuit serupa dengan tajuk MotoGP Austria pada 15 Agustus 2021. Hal ini juga mengulangi gelaran yang terjadi musim lalu, di mana Austria menggelar dua seri beruntun. 

Sikuit Red Bull Ring menjadi venue kedua yang menggelar dua balapan sekaligus musim ini. Selain mereka, ada sirkuit Losail yang sudah menggelar dua seri balapan, yakni di MotoGP Qatar dan Doha.

Baca Juga: Bangkitnya Murid Valentino Rossi di MotoGP 2021

2. MotoGP Finlandia bakal kembali masuk kalender musim 2021

Seri Finlandia Dicoret dari Kalender MotoGP 2021motogp.com

Meski dibatalkan untuk kedua kalinya, para pencinta MotoGP tak usah khawatir karena sirkuit KymiRing masih masuk jadwal musim depan. Dorna memastikan, MotoGP Finlandia yang terakhir digelar pada 1982, bakal masuk kalender hingga empat tahun ke depan.

"MotoGP Finlandia dipastikan bakal tetap hadir musim depan. Kami dengan gembira mengumumkan penandatanganan perjanjian baru hingga 2026," tulis keterangan resmi Dorna.

3. Bagnaia masih memimpin klasemen pembalap

Seri Finlandia Dicoret dari Kalender MotoGP 2021Franscesco Bagnaia rayakan posisi kedua di podium GP Spanyol (motogp.com)

Hingga saat ini, belum ada lagi kabar mengenai pembatalan balapan yang digelar 18 seri musim ini. Dengan demikian seluruh pembalap masih akan menjalankan 14 seri sisa hingga musim 2021 berakhir di MotoGP Valencia.

Sejauh ini, pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, masih memimpin klasemen sementara MotoGP 2021.  Walau tak pernah finis di urutan pertama, dia konsisten naik podium, yakni posisi kedua di Qatar, ketiga di Portugal, dan kedua di Spanyol.

Selanjutnya ada Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Joan Mir (Suzuki Ecstar), dan Johann Zarco (Pramac Racing) menguntit di belakang Bagnaia. 

Baca Juga: Mengapa Motor MotoGP Tidak Bisa Digunakan di Jalan Raya?

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya