Sukses Gelar ISSF World Cup, Perbakin Catat 3 Evaluasi

Ketum Perbakin Joni Spriyanto apresasi atlet Indonesia

Jakarta, IDN Times - Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) rampung menggelar ajang bergengsi ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023. Kontingen tanah air mengakhiri turnamen ini di peringkat enam dengan meraih dua medali emas dan empat perunggu.

Seperti diketahui, ajang ini digelar di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Indonesia pada tanggal 27 Januari-7 Februari 2023. Sebanyak 280 atlet dari 33 negara ikut ambli bagian untuk jadi yang terbaik.

“Kami bersyukur bahwa kepercayaan ISSF menunjuk Perbakin (Indonesia) sebagai penyelenggara World Cup [Rifle/Pistol 2023] dapat diaktualisasikan dengan baik. Kesan umum yang kami dapatkan adalah Indonesia tuan rumah yang baik,” kata Ketua Perbakin, Joni Supriyanto.

“Pelayanan dan info desk berperan memberikan kemudahan informasi bagi negara-negara peserta dan Tahapan kejuaraan dibuat sangat logis,” lanjut dia.

1. Ketum Perbakin beri apresiasi atlet Indonesia

Sukses Gelar ISSF World Cup, Perbakin Catat 3 EvaluasiKonferensi pers jelang ajang ISSF WORLD CUP RIFLE/PISTOL 2023 yang akan digelar di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Indonesia pada tanggal 27 Januari 2023 - 07 Februari 2023. (IDN Times/Eko Ardiyanto)

Namun demikian, Joni memberikan evaluasi terkait ajang ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023. Hal itu dilihat dari sisi prestasi dan penyelenggaraan.

Finish di posisi enam, Joni tetap mengapresasi 32 atlet Indonesia yang sudah tampil dalam ajang ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023. Menurut dia, target Perbakin adalah mewujudkan hasil lomba seperti latihan yang dilakukan atlet selama ini. 

“Apresiasi bagi Atlet Indonesia yang mendapat medali, itu memberikan nilai lebih tentang pembinaan olahraga menembak tanah air. Ini merupakan hasil positif yang kita dapatkan,” kata mantan Kasum TNI tersebut.

2. Atlet Indonesia bisa dapat ranking lebih baik lantaran main di Wolrd Cup

Sukses Gelar ISSF World Cup, Perbakin Catat 3 EvaluasiArista Perdana Putri Damoyo/Muhammad Iqbal Raia Probowo sukses meraih emas di ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023. (ISSF).

Indonesia sebetulnya bisa bersaing dalam perebutan medali di ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023. Terbukti mereka hanya kalah satu medali emas saja dari Kazakhstan yang jadi juara umum. Total, mereka mampu menggondol tiga medali emas, lima medali perak, dan dua medali di Indonesia.

Sementara, Korea Selatan, Austria, hingga Swiss, sama-sama mengoleksi dua emas dengan atlet perbakin tanah air. Hanya saja, mereka unggul jumlah perolehan perak atas tuan rumah.

“Dalam kapasitas World Cup, maka atlet-atlet kita akan mendapatkan poin yang menempatkan mereka di rangking dunia lebih baik. Tentu saja apresiasi internal dari Perbakin sebagai bentuk penghargaan, kita berikan,” ujar Joni. 

Baca Juga: PB Perbakin Ingin Loloskan Lebih Banyak Atlet ke Olimpiade 2024 Paris

3. Berjanji lakukan perbaikan perihal penyelenggaran kejuaraan

Sukses Gelar ISSF World Cup, Perbakin Catat 3 EvaluasiArista Perdana Putri Damoyo/Muhammad Iqbal Raia Probo sukses meraih emas di ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023. (ISSF).

Sukses sebagai penyelenggaraan, Joni cukup senang akan hal itu. Namun, dia memberikan sedikit evaluasi secara umum terkait ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023. Dia memastikan akan terus meningkatkan beberapa hal, mulai dari fasilitas umum, layanan makanan, sampai sistem perlombaan.

“Panitia penyelenggara, akan terus membenahi hal yang perlu peningkatan menghadapi kejuaraan selanjutnya, antara lain fasilitas umum yang ramah dan layanan makanan yang sesuai,” kata Joni

“Mekanisme Lomba juga perlu ditingkatkan dengan penjadwalan lomba yang lebih sistematis,” sambung dia menutup hasil evaluasi ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023. 

4. Perbakin ditunggu event dan program padat

Sukses Gelar ISSF World Cup, Perbakin Catat 3 EvaluasiArista Perdana Putri Damoyo/Muhammad Iqbal Raia Probo sukses meraih emas di ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023. (ISSF)..

Usai menggelar ajang ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023, Perbakin tetap disibukkan dengan beberapa event nasional/internasional dan program yang diikuti. Berikut rinciannya IDN Times sajikan.

Event yang akan dilakukan:
- Kejuaraan tingkat nasional yang dilakukan di semua disiplin menembak (setiap bulan dilaksanakan).

Event internasional dan program yang akan diikuti:
a. Kejuaraan dunia menembak level Asia (ASC) - Maret 2023
b. Training Camp Youth Dunia
c. Pemusatan latihan dan sertifikasi internasional juri dan wasit (program ASC)
d. Asia Air Rifle dan Pistol Championship (Perebutan Kuota Olimpiade terakhir) - Maret 2024.
e. Ada beberapa pemusatan latihan yang direncanakan dengan menyertakan atlet-atlet berprestasi ke beberapa negara maju untuk meningkatkan kemampuannya.

Baca Juga: Indonesia Cetak Sejarah di ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya