Jadi Tuan Rumah FIBA Asian Cup 2021, Erick: Pemanasan Menuju World Cup

Indonesai akan bergabung di Grup A

Jakarta, IDN Times - Federasi bola basket Asia selesai melaksanakan drawing untuk kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Bengaluru, India. Sebanyak 24 tim akan ambil bagian dalam kejuaraan yang pertama kali diselenggarakan dengan format baru, yakni sistem kualifikasi.

Hasil drawing memberikan gambaran untuk 24 negara yang akan berpartisipasi agar dapat masuk kualifikasi untuk FIBA Asia Cup 2021. Indonesia sendiri akan tergabung di Grup A bersama Filipina, Thailand, dan Korea Selatan.

1. 24 tim yang tampil akan terbagi dalam enam grup

Jadi Tuan Rumah FIBA Asian Cup 2021, Erick: Pemanasan Menuju World CupInstagram/@perbasi.ina

Dalam kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 nanti, ada 24 negara yang berpartisipasi dan dibagi menjadi enam grup. Dua tim teratas masing-masing grup langsung meraih tiket putaran final. Enam negara di peringkat ketiga klasemen akan menjalani putaran kedua untuk memperebutkan empat slot dari total 16 peserta.

Sistem pertandingan kejuaraan bola basket dunia nantinya berubah menjadi sistem home dan away setelah disepakati oleh federasi bola basket negara-negara anggota FIBA. Dan untuk negara-negara Asia-Oseania, FIBA Asia Cup Qualifiers ini merupakan yang pertama kalinya menggunakan sistem ini.

Baca Juga: Jadi Kampiun di ASEAN Basketball League, BTN CLS Knights Diguyur Bonus

2. Erick dan Perbasi akan mencari sponsor untuk Indonesia

Jadi Tuan Rumah FIBA Asian Cup 2021, Erick: Pemanasan Menuju World CupIDNtimes/Abdurrahman

Dengan adanya sistem home dan away menjadi momen bagi suporter tim Indonesia untuk mendukung timnya di kandang. Ada tiga jendela di mana Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah yaitu di tahun ini antara 25 November - 3 Desember 2019, di tahun depan antara 17 - 25 Februari 2020, dan antara 20 - 27 November 2020.

“Untuk lebih memperkuat dukungan pada tim Merah-Putih, saya dan PP Perbasi akan bersama-sama mencari sponsor dan media partner untuk tim basket Indonesia. Selain itu, hal ini bisa jadi pemanasan bagi Indonesia yang akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang,” kata anggota FIBA Central Board dan kandidat IOC member, Erick Thohir, Senin (10/6).

3. Erick nilai persaingan di Grup A sangat berat

Jadi Tuan Rumah FIBA Asian Cup 2021, Erick: Pemanasan Menuju World CupInstagram/@perbasi.ina

Erick pun memberikan penilaian terkait bergabungnya timnas basket Indonesia di grup A. Menurut dia, grup tersebut sangat berat karena terdiri dari negara-negara yang punya prestasi regional dan Asia itu akan mengasah dan meningkatkan kualitas permainan Indonesia.

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 digelar dengan format kandang-tandang pada akhir November hingga awal Desember 2019, dan Februari 2020. Menurut rencana, bulan Juli 2019, FIBA akan melakukan inspeksi untuk melihat venue pertandingan yang sudah diajukan, yakni Britama Arena dan Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, dan menilai hotel untuk tim tamu dan wasit FIBA.

 

Berikut adalah pembagian Grup Kualifiasi FIBA Asian Cup 2021

Grup A
Filipina
Indonesia
Thailand
Korea Selatan

Grup B
Chinese Taipei
Jepang
Malaysia
China

Grup C
Australia
Hong Kong
New Zealand
Guam

Grup D
Bahrain
Lebanon
India
Irak

Grup E
Saudi Arabia
Syria
Qatar
Iran

Grup F
Jordania
Kazakhstan
Sri Lanka
Palestina

Baca Juga: Temui FIBA, Indonesia Mantap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya