Verstappen Start Terdepan di Kualifikasi F1 Australia 2023

George Russell dan Lewis Hamilton mengikuti di belakang

Jakarta, IDN Times - Max Verstappen meraih hasi manis dalam kualifikasi Formula 1 Grand Prix Australia 2023. Pembalap Red Bull mampu meraih pole position usai jadi yang tercepat di Sirkuit Albert Park pada Sabtu, 1 April 2023.

Hasil itu membuat dia dipastikan start paling depan dalam balapang yang dijadwalkan digelar pada Minggu (2/4/2023). Inilah hasil kualifikasi kualifikasi Formula 1 Australia 2023.

Catatan apik itu membuat Verstappen semringah. Dia pun cukup antusias menghadapi balapan sekarang karena sedang dalam performa terbaiknya. 

"Saya pikir kami memiliki mobil balap yang bagus, namun memilih ban lebih sulit. Besok, balapan bakal berlangsung menarik," ujar Verstappen dikutip situs Formula 1.

1. Verstappen mencatatakan waktu terbaik

Verstappen Start Terdepan di Kualifikasi F1 Australia 2023Max Verstappen mengangkat trofi juara pertama GP Amerika 2021. (twitter.com/Max Verstappen)

Verstappen menunjukkan kecepatan terbaiknya saat mengaspal di kualifikasi ketiga (Q3). Bagaiamana tidak, dia mampu mencatatkan waktu 1 menit 16,732 detik, meninggalkan pesaing-pesaingnya di belakang.

Di belakang Verstappen, ada duet pembalap Mercedes, yakni George Russell dan Lewis Hamilton. Keduanya bergantian berada di tempat pertama dan kedua pada saat Q1 dan Q2 berlangsung. 

Russell mencatatkan waktu lebih lambat dari Verstappen 0,236 detik dengan rincian 1 menit 16,968 detik. Sementara, Hamilton memberikan catatan waktu 1 menit 17,104 detik.

Baca Juga: Max Verstappen Siap Bertarung demi Kemenangan di GP Australia

2. Sergio Perez harus memulai balapan di posisi 20

Sayang, kegemilangan Verstappen tak diikuti koleganya di Red Bull Sergio Perez. Pembalap asal Portugal itu bahkan tak bisa melanjutkan kualifikasi. Dia sudah mengalami masalah dengan mobilnya pada sesi latihan bebas.

Hal itu membuat Perez harus memulai balapan di posisi paling buncit atau urutan 20. Berbeda dari seri sebelumnya yang mampu meraih pole position plus menang di F1 Arab Saudi.

3. Alonso berada di posisi empat

Di belakang Verstappen, Russell, dan Hamilton, ada pembalap Aston Martin Fernando Alonso Carlos Sainz (Ferrari), Lance Stroll (Aston Martin), Charles Leclerc (Ferrari), Alexander Albon (Williams), Pierre Gasly (Alpine), dan Nico Hulkenberg (Haas).

Itulah hasil kualifikasi Formula 1 2023 GP Australia. 

Baca Juga: Max Verstappen Ingin Mobil dengan Reabilitas Bagus daripada Cepat

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya