Voli Jabar Kawinkan Emas di PON, Tim Putra Akhiri Puasa Gelar

Persiapan Jawa Barat menuju PON sempat terhambat pandemik

Jayapura, IDN Times - Tim voli (Jawa Barat) sukses mengawinkan emas nomor beregu putra dan putri di PON XX Papua 2021. Capaian itu sangat luar biasa mengingat persaingan dalam ajang empat tahunan ini begitu ketat. 

Kemenangan Jabar kali ini, baik sektor putra dan putri, sudah diprediksi sejak awal grup. Sebab, putra dan putri Jabar di PON XX diperkuat pemain pelatnas yang namanya sedang naik daun. 

Hasil ini membuat tim putri Jabar berhasil mempertahankan medali emas secara beruntun. Pada ajang serupa yang digelar 2016, mereka berhasil merebut emas usai menang dari Jawa Timur tiga set tanpa balas.

Berhadapan dengan Jawa Tengah, tim putri yang dikomandoi pemain senior, Wilda Siti Nurfadilah, Jabar berhasil menang mudah tiga set langsung, yakni 25-16, 25-14, 25-18. 

1. Puasa medali emas jadi motivasi tim putra Jabar

Voli Jabar Kawinkan Emas di PON, Tim Putra Akhiri Puasa GelarTim putra voli Jawa Barat berhasil merebut medali emas usai mengalahkan DKI Jakarta di final PON XX Papua 2021. (IDN Times/Tata Firza).

Sementara tim putra akhirnya berhasil meruntuhkan dominasi Jatim yang selalu meraih medali emas dalam lima gelaran PON sebelumnya. Kali ini, Jasen Natanael Kilanta dan kolega mampu menaklukkan DKI Jakarta. Mereka harus melewati empat set untuk memastikan medali emas di tangan, dengan kemenangan 3-1 (25-15, 25-19, 16-25, 25-15).

Catatan ini juga membuat Jabar berhasil membasuh dahaga emas yang sudah dua dekade lebih tak bisa mendapatkannya. Terakhir mereka menggondol medali emas pada PN XIV edisi 1996.

“Kita bersyukur sekali, soalnya dari tahun 1996 itu belum pernah juara lagi. itu jadi motivasi juga buat kami, bukan malah jadi beban. Soalnya dari tahun sembilan enam belum dapat emas lagi, itu melecut kami juga. Akhirnya kami bisa juara juga kan sekarang,” kata Kapten Jabar, Gunawan Saputra, kepada IDN Times usai pertandingan.

Baca Juga: Ketika Masyarakat Papua Mulai Gila Renang di PON XX

2. Tim putra dan putri jabar banyak diisi pemain bintang

Voli Jabar Kawinkan Emas di PON, Tim Putra Akhiri Puasa GelarTim voli putri Jabar meraih medali emas di POn XX Papua 2021. (IDN Times/Ilyas Mujib).

Jika bicara kekuatan tim putra dan putri Jabar, tak ada yang mengelak mereka diperkuat pemain bintang. Selain pemain senior seperti Wilda, ada nama Shella Bernadethaa hingga pemain muda Nurlaili Kusuma, yang kemampuannya mampu menyihir semua orang.

Sementara untuk putra, ada kapten tim, Gunawan, lalu Dimas Saputra Pratama, Amin Kurnia Sandy Akbar, sampai Wendi Rivaldi. Walhasil, mereka begitu digdaya dan perkasa atas lawan-lawannya dalam PON XX Papua ini.

“Selama pelatda banyak gangguan, pertama dari ppkm ada kendala latihan, terus semua sedikit terhambat hingga harus latihan mandiri, beruntung semua disiplin dan membawa enjoy aja. Kami latihan dan kerja keras selama persiapan yang terbatas, dan alhamdulillah kami bisa membawa emas,” ujar pemain berusia 25 tahun itu.

3. Pelatda sempat terkendala selama pandemik COVID-19

Voli Jabar Kawinkan Emas di PON, Tim Putra Akhiri Puasa GelarTim putra voli Jawa Barat berhasil merebut medali emas usai mengalahkan DKI Jakarta di final PON XX Papua 2021. (IDN Times/Tata Firza).

Namun perjalanan mereka buka tanpa kendala. Selama pandemik, pemain haruis latihan secara dinamis. Sempat latihan secara mandiri, mereka juga melakukan pemusatan latihan di Bandung dan Bekasi dalam beberapa waktu. Namun, secara keseluruhan, tim baru bergabung bersama selam tiga bulan saja.

“Selama Pelatda tentu banyak gangguan, pertama dari PPKM ada kendala latihan, terus semua sedikit terhambat hingga harus latihan mandiri. Beruntung semua disiplin dan membawa santai aja. Kami latihan dan kerja keras selama persiapan yang terbatas, dan alhamdulillah kami bisa membawa emas,” bebernya.

Atas hasil ini, Gunawan bersyukur, bisa masuk dalam bagian sejarah besama Jawa Barat di PON XX Papua cabang olahraga voli. Terlebih, dapat mengawinkan emas bersama dalam ajang bergengsi ini.

Baca Juga: Gaya Anies Beri Semangat Tim Renang DKI Berlaga di PON XX Papua 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya