Comscore Tracker

Wakil Terakhir Indonesia di Panahan Olimpiade Tokyo Gugur

Indonesia gagal meraih medali dari panahan #Tokyo2020

Jakarta, IDN Times - Riau Ega Salsabila harus mengakhiri perjuangannya di Olimpiade Tokyo 2020. Tampil di cabang olahraga panahan nomor perorangan putra, dia gagal melangkah ke babak berikutnya usai dikalahkan wakil Amerika Serikat, Jacob Wukie pada fase 32 besar.

Turun pada babak kedua curve, Riau Ega sempat memberikan perlawanan sengit kepada Jacob sepanjang pertandingan. Namun, pada akhirnya dia harus mengakui keunggulan lawannya itu dengan skor 5-6 dalam duel yang digelar di Yumenoshima Archery Park Field, Tokyo, Jepang, Selasa (27/07/2021).

1. Riau Ega tampil kurang tenang saat set pertama

Wakil Terakhir Indonesia di Panahan Olimpiade Tokyo GugurAtlet panahan Indonesia Riau Ega Agatha Salsabila saat mentas di Olimpiade Tokyo 2020. (ANTARA/Sigid Kurniawan/foc).

Pada set pertama, Riau Ega tampil kurang baik. Usai mengawali kesempatan pertama ke target nomor sembilan, Riau Ega dua kali beruntun hanya bisa mengarahkan anak panah ke target nomor empat dan enam. Hal itu membuatnya hanya bisa meraih 19 poin pada set ini.

Berbanding terbaik dengan lawannya, Jacob Wukie justru bisa tampil lebih tenang. Dia mampu mengumpulkan total 28 poin dari tiga kali kesempatan. Walhasil, set pertama ini mampu dimenangkan Jacob dengan skor 2-0.

Riau Ega mencoba bangkit pada set kedua. Dia memulai percobaan pertama dengan sangat baik, karena mampu membidik angka 10. Kemudian dia dua kali membidik angka sembilan. Namun, hal serupa juga dilakukan lawannya dari AS. Hasilnya, kedua pemanah berbagi angka 28-28 pada set kedua.

Babak kedua pun berakhir imbang 1-1. Namun, secara keseluruhan pria 29 tahun ini masih tertinggal dari Jacob dengan skor 1-3.

Baca Juga: Duo Minions Buka Suara Soal Kekalahan di Olimpiade Tokyo

2. Masih tertinggal pada set keempat

Wakil Terakhir Indonesia di Panahan Olimpiade Tokyo GugurRiau Ega Agatha, Atlet Panahan Indonesia. (IDN Times/Herka Yanis P)

Memasuki set ketiga Riau Ega semakin tampil lepas. Dia mampu menancapkan anak panah sebanyak tiga kali ke target nomor 10. Dia pun meraih angka sempurna 30. Sementara, Jacob hanya bisa meraih total angka 27. Sehingga Riau Ega mampu menyamakan kedudukan jadi 3-3.

Set keempat berjalan lebih menegangkan. Kedua pemain masih bermain cukup konsisten saat mengarahkan anak panah ke target. Namun, Jacob berhasil menyelesaikan set ini dengan kemenangan 27-26. Riau Ega pun kembali tertinggal menjadi 3-5.

3. Riau Ega Kalah di babak shoot-off

Wakil Terakhir Indonesia di Panahan Olimpiade Tokyo GugurSejumlah atlet panahan mengambil anak panah dalam kualifikasi perorangan putri Olimpiade Tokyo 2020 di Yumenoshima Park Archery Field, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Memasuki set penentu, Riau Ega mampu melepaskan anak panah sebanyak dua kali ke target nomor 10 dan sekali ke delapan. Sementara, Jacob hanya bisa menancapkan dua kali ke angka sembilan dan sekali ke nomor enam. Hal itu membuat Ega menang 28-24, sekaligus menyamakan skor menjadi 5-5.

Duel terpaksa dilanjutkan dengan babak shoot-off. Riau Ega yang harus mendapatkan kesempatan lebih dulu, hanya bisa menancapkan anak panah ke target nomor delapan. Sementara, Jacob pada kesempatan ini berhasil mengarahkan anak panah ke target nomor sembilan. Sehingga Riau Ega pun harus tersingkir di babak 32 besar dengan skor tipis 5-6.

Hasil ini membuat Indonesia dipastikan gagal mendapatkan medali di cabang olahraga panahan nomor perorangan Olimpiade Tokyo 2020. Sebab, tak ada satupun wakil Indonesia yang tersisa.

Baca Juga: Saat Olimpiade Tokyo Jadi Saksi Lahirnya Generasi Baru Merah Putih

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya