Winglet Ducati Resmi Legal, Kemenangan Dovizioso Tak Jadi Batal

Empat tim yang protes masih bisa mengajukan banding

Jakarta, IDN Times - Winglet yang digunakan Ducati Desmosedici GP19 milik Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Jack Miller di ajang MotoGP 2019 resmi dianggap perangkat legal. Keputusan itu diambil Federasi Balap Motor Internasional (FIM) menggelar sidang FIM Court of Appeal yang digelar di Swiss pada Jumat (22/3) lalu.

Sebagaimana diketahui, Ducati sebelumnya dianggap menyalahi aturan karena menggunakan perangkat aerodinamis yang dipasang pada swing arm motor. Sontak, hal itu membuat empat tim peserta MotoGP musim ini melayangkan protes secara resmi ke Panel Pengawas MotoGP (FIM MotoGP Stewards Panel) saat GP Qatar berlangsung.

1. Peranti aerodinamis milik Ducati masih bisa digunakan di seri-seri selanjutnya

Winglet Ducati Resmi Legal, Kemenangan Dovizioso Tak Jadi Batalautosport.com

Dilansir dari MotoGP.com, permintaan beberapa tim yang protes terhadap winglet Ducati bahwa perangkat tersebut ilegal, serta meminta FIM melarang pemakaiannya dalam balapan-balapan mendatang, resmi ditolak. FIM pun memastikan bahwa di seri selanjutnya Ducati masih bisa menggunakan peranti aerodinamis tersebut.

“Permintaan untuk menyatakan (Ducati menggunakan) perangkat ilegal dan melarang penggunaannya dalam balapan ke depan telah ditolak,” tulis pernyataan di laman MotoGP tersebut.

Baca Juga: MotoGP Qatar 2019: Bertarung Ketat,  Dovizioso Belakangi Marquez

2. Empat tim yang protes masih bisa mengajukan banding ke badan arbitrase olahraga

Winglet Ducati Resmi Legal, Kemenangan Dovizioso Tak Jadi BatalInstagram.com/motogp

Pihak FIM pun memberikan pilihan untuk keempat pabrikan tersebut jika ingin melakukan banding atas hasil tersebut. Mereka diberi waktu lima hari untuk mengajukan proses hukum lanjutan ke Pengadilan Arbitrase Olahraga dunia..

"Banding soal keputusan ini bisa diajukan kepada Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) di Lausanne, Swiss dalam lima hari sesuai Pasal 3.9 pada Regulasi Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM 2019," lanjut pernyataan resmi FIM.

3. Kemenangan Dovizioso tetap tak berubah

Winglet Ducati Resmi Legal, Kemenangan Dovizioso Tak Jadi Batalmotogp.com

Dengan demikian, hasil yang diraih Dovizioso dan kolega di Losail beberapa pekan lalu tak bisa dicabut. Dovizioso berhasil menjadi yang tercepat mengalahkan pesaingnya dari Honda, Marc Marquez. Ia sukses mencatatkan waktu 42,36 menit unggul sedikit dari, Baby Alien, julukan Marquez.

Sementara kolega setim Dovi, yakni Danillo Petrucci, berada di posisi keenam pada balapan MotoGP Qatar. Dan, pembalap tim satelit, Pramac Ducati, Jack Miller, tak mampu menyentuh garis finish lantaran ada kesalahan teknis pada motor yang ditungganginya.

4. Tiga pembalap Ducati dipastikan bisa menggunakan winglet di GP Argentina

Winglet Ducati Resmi Legal, Kemenangan Dovizioso Tak Jadi Batalmotogp.com

Selanjutnya, Dovizioso, Petrucci, dan Miller akan kembali turun lintasan di MotoGP Argentina yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo, pada Senin 1 April mendatang. Ketiga pembalap itu pun dipastikan bisa tetap menggunakan winglet tersebut, sesuai pernyataan General Manager Ducati Corse, Luigi 'Gigi' Dall'Igna.

Baca Juga: MotoGP: Peranti Aerodinamis Ducati Diprotes, FIM Gelar Sidang Banding

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya