5 Pelatih Tertua yang 'Menukangi' Tim Liga 1 Musim 2021/2022, Salut! 

Masih melatih di usia 60 tahun lebih #IDNTimesSport

Liga 1 musim 2021/2022 akan digelar kurang dari seminggu lagi. Setiap tim tentunya sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi musim kompetisi ini. Mulai dari fisik, stamina, teknik, dan taktik tentunya menjadi hal utama yang digenjot dalam menu latihan setiap klub. Para pelatih tentunya sudah mempersiapkan program agar anak asuhnya mencapai match fitness terbaik pada hari pertandingan.

Di Liga 1 musim ini terdapat 11 pelatih asing dan 7 pelatih lokal yang akan menukangi tim Liga 1. Total terdapat 18 Pelatih yang berkompetisi untuk memperebutkan tropi Liga 1. Dari 18 pelatih tersebut terdapat pelatih tertua yang kiprahnya sangat menarik untuk ditunggu pada gelaran Liga 1 tahun ini. Siapa saja? Check this out!

1. Robert Alberts (Persib Bandung) 

5 Pelatih Tertua yang 'Menukangi' Tim Liga 1 Musim 2021/2022, Salut! Potret Pelatih Persib Robert Alberts (instagram.com/robertrenealberts)

Robert Alberts merupakan pelatih yang malang melintang di kancah sepak bola Indonesia. Tercatat, Alberts sudah pernah menukangi beberapa tim besar Indonesia, seperti Arema Indonesia dan PSM Makassar.

Prestasi tertinggi yang diraih oleh Alberts ketika menjadi Pelatih di Indonesia adalah saat membawa Arema juara Liga Super Indonesia pada tahun 2010 dan membawa Arema Indonesia tampil di Liga Champions Asia setahun setelahnya. Saat ini, Alberts menjadi Pelatih Persib Bandung untuk Liga 1 musim 2021/2022. Alberts berusia 66 tahun, menjadikannya pelatih tertua yang menukangi tim di Liga 1 musim 2021/2022.

2. Mario Gomez (Borneo FC) 

5 Pelatih Tertua yang 'Menukangi' Tim Liga 1 Musim 2021/2022, Salut! Potret Pelatih Borneo FC Mario Gomez (twitter.com/@Indostransfer)

Pelatih berkebangsaan Argentina ini memiliki nama lengkap Roberto Carlos Mario Gomez. Saat ini Gomez menukangi Tim Borneo FC. Gomez sendiri bukan pelatih sembarangan, track record-nya sebagai pelatih tidak diragukan.

Prestasi tertingginya terjadi saat melatih Johor Darul Tazim musim 2015/2017, Gomez mempersembahkan satu trofi bergengsi level Asia untuk JDT, yaitu trofi AFC Cup. Sebelum menukangi Borneo, Gomez juga pernah melatih tim Indonesia lain seperti Persib dan Arema. Mario Gomez sendiri saat ini berusia 64 tahun.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Andrea Pirlo Sebagai Pelatih Juventus

3. Iwan Setiawan (Persela Lamongan) 

5 Pelatih Tertua yang 'Menukangi' Tim Liga 1 Musim 2021/2022, Salut! Potret Pelatih Persela Iwan Setiawan (instagram.com/iwansetiawancoach)

Iwan Setiawan merupakan pelatih ketiga tertua yang akan menukangi tim di Liga 1 musim 2021/2022. Saat ini Iwan menjadi pelatih di tim Persela Lamongan. Iwan sapaan akrabnya merupakan pelatih yang menghabiskan sepanjang karirnya untuk menukangi tim di Liga Indonesia.

Tercatat Iwan pernah melatih tim Persija Jakarta, PSMS, dan Borneo FC. Iwan Setiawan terkenal sebagai Pelatih yang kontroversial karena sering menebar psywar kepada tim lawan sebelum pertandingan. Saat ini Iwan Setiawan berusia 63 tahun yang menjadikannya pelatih lokal tertua yang menukangi tim Liga 1.

4. Djajang Nurjaman (Barito Putra) 

5 Pelatih Tertua yang 'Menukangi' Tim Liga 1 Musim 2021/2022, Salut! Potret Djajang Nurjaman Pelatih Barito Putera (instagram.com/psbaritoputeraofficial)

Djajang Nurjaman merupakan salah satu pelatih lokal yang sukses karena pernah merasakan gelar juara liga Indonesia bersama Persib Bandung pada tahun 2014. Pelatih kelahiran Majalengka ini juga pernah membawa PSMS Medan promosi ke Liga 1 tahun 2017.

Saat ini, Djajang memasuki musim keduanya menukangi Barito Putra di pagelaran Liga 1.  Djajang sendiri saat ini sudah memasuki usia 62 tahun dan menjadikannya sebagai pelatih lokal tertua kedua setelah Iwan Setiawan.

5. Igor Kriushenko (Persikabo)

5 Pelatih Tertua yang 'Menukangi' Tim Liga 1 Musim 2021/2022, Salut! Potret Igor Kruishenko (instagram.com/officialpersikabo)

Igor Kriushenko merupakan pelatih kelima yang mendapat predikat pelatih tertua pada pagelaran Liga 1 musim 2021/2022. Pria berkebangsaan Belarusia ini menukangi tim Persikabo.

Musim 2021/2022 merupakan musim keduanya menjadi pelatih di kompetisi Indonesia. Pelatih pemegang lisensi Pro UEFA ini terkenal dengan kedisplinan dan semangat juangnya yang tinggi saat memotivasi anak asuhnya dari pinggir lapangan. Saat ini Igor Kriushenko berusia 57 tahun.

Pelatih-pelatih ini tentunya akan bersaing dengan memberikan strategi terbaiknya diatas lapangan dalam Liga 1 musim 2021/2022. Menurutmu pelatih mana yang akan pulang membawa gelar juara Liga 1 nantinya? Menarik untuk disimak.

Baca Juga: 15 Istilah Bahasa Indonesia Tentang Sepak Bola, Tahu Pagar Betis?

Imam Ardhy Photo Writer Imam Ardhy

Kalau isi kepala penuh, segera kosongkan. Tuangkan dalam sebuah tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya