PSSI Disorot, Ini Program Prabowo-Sandiaga untuk Para Atlet

Kesejahteraan atlet harus diperhatikan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi dituntut untuk mundur dari kursi Ketua Umum PSSI. Tekanan tersebut antara lain datang dari suporter yang berteriak "Edy Out" di laga-laga tim nasional. 

Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Vasco Ruseimy, mengatakan pihaknya menawarkan program untuk memajukan olahraga Indonesia. Apa saja itu?

1. Kesejahteraan atlet harus diperhatikan

PSSI Disorot, Ini Program Prabowo-Sandiaga untuk Para Atlet(Jubir BPN Vasco Ruseimy (kiri) dan Ketua DPP Golkar Dito Ariotedjo (kanan)) IDN Times/Panji Galih Aksoro

Vasco mengatakan, fokus Prabowo-Sandi dalam meningkatkan harga diri bangsa adalah dengan memerhatikan kesejahteraan atlet. Menurut dia, banyak atlet yang enggan berkarier lantaran olahraga di Indonesia masih dianggap suram.

"Sandi sangat fokus ke olahraga dan kepemudaan. Contohnya, beliau bisa milih kalangan millennials di kalangan menteri. Aspek kepemudaan ini sangat diperhatikan," kata Vasco saat diskusi Millennials Memilih di Kantor IDN Times, Rabu (28/11).

Baca Juga: Heboh PSSI Soal "Edy Out", Begini Tanggapan BPN Prabowo-Sandi

2. Bidang olahraga akan diperhatikan khusus

PSSI Disorot, Ini Program Prabowo-Sandiaga untuk Para AtletIDN Times/Kevin Handoko

Vasco mengatakan, saat ini kesejahteraan atlet memang belum diperhatikan penuh. Wajar banyak atlet berkualitas malas berkarier di bidang olahraga. Oleh sebab itu, Prabowo-Sandi juga akan fokus pada kesejahteraan atlet. 

"Pemberian hadiah memang bagus untuk atlet, tapi long termnya apa? Jangan sampai habis dapat hadiah, lalu dilupakan begitu saja. Industri olahraga ini akan diperhatikan khusus," ungkapnya.

3. Kualitas atlet akan diperkuat

PSSI Disorot, Ini Program Prabowo-Sandiaga untuk Para AtletIDN Times/Kevin Handoko

Terkait cabang olahraga (cabor) yang harus digenjot pemerintah, Vasco menyatakan pihaknya akan memerhatikan semua cabor tanpa terkecuali. Misalnya, Indonesia pernah berjaya di cabor bulutangkis. Namun, kini yang harus diperkuat adalah meratakan kualitas atlet.

"Yang saya pandang di sini memang di titik olahraga yang banyak nomor itu harus diperhatikan, tapi kok kesannya hanya memerhatikan atlet yang berprestasi saja. Menurut saya gak harus ke satu atau dua cabor, tapi perhatikan semua, termasuk olahraga milik indonesia seperti pencak silat," ungkapnya.

4. Fasilitas para atlet akan ditingkatkan

PSSI Disorot, Ini Program Prabowo-Sandiaga untuk Para Atletinstagram.com/prabowo

Vasco menambahkan, fasilitas para atlet juga akan ditingkatkan, terutama bagi atlet difabel. Menurut dia, para atlet difabel kurang mendapatkan perhatian pemerintah.

"Memang sangat kurang (fasilitas buat difabel). Apa pun itu, mereka rakyat indonesia. Jangan jadikan mereka masyarakat kedua. Perhatikan harga diri dan kepercayaan diri mereka. Pemerintah harus memperhatikan atlet difabel," kata Vasco.

Baca Juga: Cucu Keluarga Pendiri NU Beri Dukungan untuk Prabowo-Sandiaga

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya