10 Alasan Relawan Memilih Jadi Volunteer Asian Games 2018

Kalau terus menerus mengharapkan imbalan material saat bekerja, kapan punya pahalanya?

Suatu kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia yang kembali ditunjuk menjadi tuan rumah ajang olahraga terbesar kedua dunia setelah Olimpiade, yaitu Asian Games 2018. Asian Games yang ke-18 ini akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus-2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Tentunya, untuk menyukseskan acara ini, diperlukan relawan atau volunteer yang akan membantu kelancaran acara dan kerja panitia. INASGOC telah membuka pendaftaran dan telah menyeleksi para relawan yang berhak menjadi volunteer di ajang bergengsi itu.

Para volunteer yang sudah mendaftarkan dirinya dan dipastikan lolos tahap seleksi ternyata punya alasan tersendiri, kenapa mereka ingin menjadi volunteer Asian Games 2018.

Apa saja alasan mereka? Yuk kita simak. Inspiratif banget, lho!

1. Menjadi bagian dari sejarah

10 Alasan Relawan Memilih Jadi Volunteer Asian Games 2018asiangames2018.id

Kebanyakan dari mereka beralasan ingin menajdi bagian dari sejarah yang belum tentu bisa terulang 20-30 tahun yang akan datang lagi. Mereka juga ingin menjadi saksi sejarah perjuangan para atlet yang bersusah payah mengarumkan nama negeri tercintanya.

2. Menambah pengalaman

10 Alasan Relawan Memilih Jadi Volunteer Asian Games 2018rmolsumsel.com

Pengalaman adalah guru terbaik, dan karena pengalaman juga kita bisa mengukur seberapa baik diri kita untuk kehidupan sosial. Bagi para calon volunteer Asian Games 2018, mereka ingin sekali menambah pengalaman mereka di pesta olahraga kali ini.

Pengalaman sebagai volunteer Asian Games 2018 menjadi pengalaman yang paling berharga untuk kehidupan mereka kelak di masa depan, dan pastinya tidak akan terlupakan.

3. Mengukur kemampuan berbahasa asing

10 Alasan Relawan Memilih Jadi Volunteer Asian Games 2018kemenkopmk.go.id

Untuk menjadi volunteer setidaknya bisa menguasai bahasa Inggris, namun tidak menutup kemungkinan beberapa calon volunteer bisa menguasai beberapa bahasa dari negara-negara di Asia, seperti bahasa Korea, Jepang, Arab, Mandarin, dan lainnnya.

Beberapa calon volunteer ini juga beralasan bahwa lewat cara ini mereka bisa mengukur kemampuan berbahasa asing dengan baik. Mereka bisa mempraktikkan kemampuan bahasa asing mereka. Di antaranya lewat obrolan dan komunikasi yang akan mereka bina selama Asian Games 2018 berlangsung.

Maka tak heran, jika mereka bisa menguasai tiga bahkan empat bahasa asing sekaligus. Keren!

4. Ingin menjadi promotor Indonesia untuk dunia

10 Alasan Relawan Memilih Jadi Volunteer Asian Games 2018asiangames2018.id

Alasan ini juga menjadi latar belakang para relawan mengikuti seleksi ketat volunteer Asian Games 2018. Berhubung Asian Games adalah hajat besar yang sedang disiapkan Indonesia, tentu akan membawa dampak besar dan menyeluruh terhadap semua sektor.

Di antaranya melalui pariwisata. Para calon volunteer ingin menjadikan diri mereka sebagai orang yang mempromosikan Indonesia kepada dunia, bahwa Indonesia bukanlah negara yang bisa dipandang sebelah mata.

Mereka ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa besar, yang tidak bisa diremehkan.

5. Ingin berbuat sesuatu untuk Indonesia, and this is the answer!

10 Alasan Relawan Memilih Jadi Volunteer Asian Games 2018bappeda.jabarprov.go.id

Bagi para calon volunteer yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi pasti sempat terlintas di pikiran mereka:

Bagaimana caranya menjadi pemuda Indonesia yang berguna?

Atau:

Apa yang bisa saya lakukan untuk Indonesia? Bakti apa yang bisa saya berikan untuk Ibu pertiwi?

This is the answer! Ya, menjadi volunteer Asian Games 2018 adalah jawabannya. Mereka bahkan rela tidak diberi gaji demi mensukseskan acara ini. Bagi mereka bukanlah uang yang bisa membayar kerja keras mereka.

Tapi apresiasi dari orang lain dan kebanggaan pada diri mereka sendiri karena sudah memberikan sesuatu untuk Indonesia lewat Asian Games 2018.

6. Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang ada

10 Alasan Relawan Memilih Jadi Volunteer Asian Games 2018asiangames2018.id

Kesempatan baik tidak akan datang untuk yang kedua kalinya. Maka dari itu para relawan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baik mungkin untuk menjadi volunteer Asian Games 2018, dan menjadi bagian dari saksi sejarah Asian Games 2018 di Indonesia.

7. "Karena kami Bhineka Tunggal Ika"

10 Alasan Relawan Memilih Jadi Volunteer Asian Games 2018ytimg.com

Kalimat 'Bhineka Tunggal Ika' pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Tahukah kalian, bahwa para volunteer ini berasal dari latar belakang yang berbeda. Mereka berasal dari daerah, agama, suku, serta profesi yang berbeda-beda.

Walaupun mereka berbeda, tapi mereka punya satu tujuan yang sama. Yaitu menujukkan pada dunia, walaupun mereka berbeda, tapi mereka satu dan bisa menyukseskan acara semegah Asian Games ini.

8. Ingin bertemu dengan atlet idola

10 Alasan Relawan Memilih Jadi Volunteer Asian Games 2018psmk.kemdikbud.go.id

Tak hanya dari kalangan yang mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi, tapi manusia dari kalangan pencinta olahraga juag turut andil untuk menjadi volunteer Asian Games 2018. Mereka yang memiliki kecintaan pada dunia olahraga penasaran sekali dengan para atlet dari negara tetangga di Asia, yang sudah lama menjadi idola mereka.

Tak heran jika mereka ingin sekali bertemu dengan atlet idola mereka, dan menjadi orang di balik kesuksesan idola mereka dalam meraih juara.

9. Suka nonton pertandingan olahraga

10 Alasan Relawan Memilih Jadi Volunteer Asian Games 2018goodnewsfromindonesia.id

Nah, para cara volunteer yang suka sekali menonton pertandingan olahraga pasti ingin sekali mengetahui bagaimana cara kerja para atlet saat menghadapi pertandingan. Mulai dari para atlet memasuki tempat pertandingan, hingga memenangkan pertandingan.

Sederhana, tapi buat mereka yang biasanya hanya bisa menonton dari balik layar kaca, kini mereka bisa menjadi bagian dari hiruk pikuk dunia atlet dan olahraga adalah suatu kebanggaan tersendiri.

10. Mencari pahala

10 Alasan Relawan Memilih Jadi Volunteer Asian Games 2018duality-studio.com

Asian Games 2018 juga diartikan oleh beberapa calon volunteer sebagai ladang pahala bagi mereka. Seperti yang kita ketahui, bahwa menjadi volunteer Asian Games 2018 tidak akan mendapat upah berupa uang.

Mereka hanya akan diberi seragam, uang pengganti makan dan transportasi. Nah, di sinilah keikhlasan dan kerja keras mereka akan diperhitungkan sebagai pahala.

Menjadi volunteer di Asian Games 2018 adalah panggilan hati untuk sedikit berpartisipasi menjadi pemuda yang berguna untuk Indonesia. Lewat ajang olahraga ini juga, kita masyarakat Indonesia juga bisa sama-sama menjadikan Indonesia sebagai national branding lewat Asian Games 2018.

Karena manfaat diselenggarakannya Asian Games 2018 di Indonesia tidak hanya terjadi pada satu sektor pemerintahan saja. Melainkan menyeluruh ke segala sektor, mulai dari perekonomian, pers, pariwisata, dan lain sebagainya.

Tidak hanya para volunteer yang membantu kesuksesan acara ini. Tapi masyarakat Indonesia juga harus turut andil dalam menyukseskan Asian Games 2018 di Indonesia. Ayo, ekspresikan energimu dan jadilah bagian dari sejarah!

Ines Melia Photo Verified Writer Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya