Chan/Goh Tak akan Dapat Poin di Korea Masters 2019, Ini Penjelasan BWF

Chan/Goh tak lagi berpeluang tembus top seed BWF Finals 2019

Jakarta, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, yang saat ini masih berlaga di Korea Masters 2019.

Bila sebelumnya dikabarkan bahwa Chan/Goh bisa merengkuh poin di sini yang nantinya akan membawa mereka naik peringkat di top seed BWF Finals, hal itu dipastikan tak akan terjadi.

Berdasarkan pernyataan resmi BWF di situs resminya, ganda campuran nomor satu Malaysia ini dipastikan akan tetap berada di posisi 5 ranking race to Guangzhou karena apa pun hasil di Korea Masters 2019 tak akan berimbas poin bagi keduanya.

1. Ini penjelasan lengkap dari BWF terkait poin Chan/Goh di Korea Masters 2019

Chan/Goh Tak akan Dapat Poin di Korea Masters 2019, Ini Penjelasan BWFGanda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. IDN Times/Margith Juita Damanik

Berdasarkan aturan dari BWF, pemain yang masuk ke dalam Top Committed Player, hanya boleh mengikuti 4 turnamen level Super 300 dalam satu tahun. Bagi Chan/Goh sendiri, keikutsertaan mereka di ajang Korea Masters 2019 adalah yang ke-6 kalinya untuk ajang Super 300.

Praktis, BWF tak akan menghitung berapa pun poin yang dihasilkan keduanya di turnamen ini. Walau begitu, di turnamen Super 300 kelima Chan/Goh pada ajang Taipei Open 2019 lalu akan tetap dihitung karena masuk pengecualian dari BWF.

Dengan hasil ini, Chan/Goh dipastikan tidak akan menjadi top seed di ajang BWF Finals 2019 mendatang. 

Baca Juga: 4 Pemain Unggulan Tersingkir di Hari Kedua Korea Masters 2019

2. Apa, sih, Top Commited Player itu?

Chan/Goh Tak akan Dapat Poin di Korea Masters 2019, Ini Penjelasan BWFPraveen Jordan/Melati Daeva beraksi di turnamen Hong Kong Open 2019. IDN Times/PBSI

Kalian masih belum familiar dengan Top Commited Player? Baiklah, IDN Times akan coba sedikit menjelaskan.

Sistem ini sendiri mulai diterapkan BWF sejak 2017 lalu. Sederhananya, sistem ini mewajibkan 15 besar dunia pemain di nomor tunggal dan 10 besar dunia pemain di nomor ganda, untuk berpartisipasi di beberapa turnamen Superseries yang dijadwalkan oleh BWF.

Rinciannya, mereka wajib bermain di 3 turnamen Super 1000, 5 turnamen Super 750, dan minimal 4 turnamen Super 500. Selain itu, para Top Commited Player juga dibatasi untuk mengikuti turnamen dengan level yang lebih rendah seperti Super 300, untuk menjaga peluang juara bagi pemain-pemain lain di luar jajaran 15 dan 10 besar dunia di ranking BWF.

Nah di kasus Chan/Goh sendiri, mereka adalah peringkat ke-6 dunia di nomor ganda campuran.

3. Kabar terbaru, Chan/Goh sukses melaju ke perempat final Korea Masters 2019

Chan/Goh Tak akan Dapat Poin di Korea Masters 2019, Ini Penjelasan BWFGanda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. bwfbadminton.com

Sementara itu, kabar terkait tak akan menambahnya poin mereka di ajang Korea Masters 2019 tampaknya tak mempengaruhi semangat bertanding Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Di kabar terbaru ketika berita ini ditulis, ganda campuran nomor satu Malaysia ini sukses melaju ke babak perempat final usai mengalahkan wakil Jepang, Hiroki Okamura/Chisato Hoshi, pada Kamis (21/11) siang ini.

Baca Juga: Susah Payah, Akane Yamaguchi Lolos Perempat Final Korea Masters 2019

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya