Hikayat Nomor 8 dan 24 Kobe Bryant yang Abadi di Staples Center

Di markas Lakers itu, nama Kobe abadi dan mewangi

Jakarta, IDN Times - Ada kalimat yang dipercaya oleh pendukung Los Angeles Lakers bahwa Staples Center adalah "istana yang dibangun oleh Kobe Bryant". 

Tak hanya memenangkan 5 gelar bersama Lakers, Bryant juga melegenda karena Lakers dan Staples Center jadi satu-satunya tempat sang legenda menghabiskan dua dekade kariernya.

Dan di balik menggantungnya dua nomor punggung Kobe Bryant di Staples Center, ada cerita khusus yang menyertainya.

1. Awal karier Kobe Bryant, nomor 8 jadi pilihannya

Hikayat Nomor 8 dan 24 Kobe Bryant yang Abadi di Staples CenterLegenda NBA, Kobe Bryant. ABC News

Memulai kariernya di NBA, Kobe meninggalkan bangku kuliah demi menantang diri langsung bermain di kompetisi basket paling elite dunia itu. Di sana, ia langsung memilih memakai nomor punggung 8. 

Dikutip dari ESPN, nomor itu dipilih Kobe karena terinspirasi nomor pelatihan yang diterimanya bersama adidas yakni 143. Jika dijumlahkan, angka itu berjumlah 8. Selain itu, 8 adalah nomor yang ia pakai ketika masih muda dan bermain di Italia.

"Ketika saya datang memakai nomor 8, itu adalah upaya saya untuk membuktikan diri di Lakers. Saya harus menunjukkan bahwa saya layak ada di NBA. Saya juga harus membuktikan diri bahwa saya salah satu yang terbaik di NBA. Saya harus mengejar hal itu. Itu jadi energi yang tak pernah habis bagi saya dan membuat saya semakin agresif," ujar Kobe menjelaskan alasannya memakai nomor 8, dikutip dari CBS Sports.

Baca Juga: Fakta Helikopter yang Dinaiki Kobe Bryant dan Putrinya, Apakah Aman?

2. Kobe lalu beralih ke nomor 24 di awal musi 2006/2007

Hikayat Nomor 8 dan 24 Kobe Bryant yang Abadi di Staples Centerbusinessinsider.com

10 tahun memakai nomor 8, Kobe Bryant lalu beralih memakai nomor 24 di awal musim 2006/2007. Kala itu, Bryant turut menjelaskan bahwa nomor 24, yang mana juga nomor yang ia pakai di jenjang sekolah menengah, tepatnya di Lower Merion, adalah fase baru di kariernya.

"Nomor ini (24) menunjukkan pertumbuhan dari 8. Fisik saya tak lagi sama seperti dulu kala memakai nomor 8, tapi saya semakin dewasa. Menikah, lalu punya anak. Saya juga menjadi salah satu pemain senior di tim, berbeda seperti dahulu ketika saya adalah yang termuda di tim. Semua hal berbeda," ujar Kobe dikutip dari CBS Sports, terkait nomor 24 yang dipakainya.

3. Rekor yang diukir Kobe Bryant dengan nomor 8 dan 24

Hikayat Nomor 8 dan 24 Kobe Bryant yang Abadi di Staples Centerslamloan.com

Sekadar info, Kobe Bryant adalah satu-satunya pebasket NBA yang dua nomornya dipensiunkan dan digantung di markas sebuah klub profesional NBA. Tidak ada pebasket lain yang punya keistimewaan spesial seperti ini.

Kobe Bryan memenangkan 3 gelar NBA dengan nomor punggung 8, di mana itu ia menangkan juga dengan tandemnya, Shaquille O'Neal. Dia juga bermain di NBA All Star sebanyak 8 kali dengan nomor dan mencetak total 16.777 poin dengan nomor tersebut.

Setelah berganti nomor punggung menjadi 24, kebintangannya tak memudar sedikit pun. Ia menambahkan 2 gelar NBA lagi dengan nomor punggung 24 dan bermain di 10 laga NBA All Star dengan nomor ini. Ia juga mencetak tambahan 16,866 poin yang kemudian membawanya kini jadi peringkat 4 top skor poin sepanjang masa di sejarah NBA.

Oleh sebab itu, ketika pensiun di tahun 2016, Lakers kemudian memberi penghormatan untuk memensiunkan dan menggantung nomor punggung 8 dan 24 di Staples Center.

Baca Juga: Pahlawan Datang dan Pergi, Tapi Kobe Bryant Tetap Abadi

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya