Comscore Tracker

Jokowi Beri Hormat Peselancar Filipina yang Selamatkan Atlet Indonesia

Jokowi salut dengan sportivitas atlet Filipina tersebut

Jakarta, IDN Times - Viralnya tindak heroik atlet Filipina, Roger Casugay, di ajang SEA Games 2019, mendapat atensi dari Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo. Melalui akun Instagram pribadinya, pria asal Solo ini memuji semangat sportivitas Roger.

1. Jokowi beri apresiasi dan salam hormat

Jokowi Beri Hormat Peselancar Filipina yang Selamatkan Atlet IndonesiaPresiden Jokowi memberikan keterang pers di SMKN 57, Jakarta Selatan, Senin 9 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Mewakili rakyat dan pemerintah Indonesia, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan apresiasinya sekaligus salam hormat kepada Roger.

"Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya. Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casugay, yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya, atlet Indonesia, Arip Nurhidayat, yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia," tulis Jokowi di caption Instagram-nya yang diunggah hari ini, Senin (9/12).

2. Kronologi aksi heroik Roger di SEA Games 2019

Jokowi Beri Hormat Peselancar Filipina yang Selamatkan Atlet IndonesiaPeselancar Filipina, Roger Casugay selamatkan peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat yang hampir tenggelam tergulung ombak di SEA Games 2019 (Facebook.com/2019 SEA Games)

Peristiwa terjadi saat pertandingan berlangsung. Peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat, terlepas dari papan selancarnya dan hampir tenggelam tergulung ombak.

Beruntung bagi Arip, dalam situasi seperti itu, Roger Casugay melihat dirinya. Roger yang semula bisa memanfaatkan peluang untuk meraih medali emas SEA Games 2019, memilih untuk meninggalkan pertandingan dan menolong Arip.

Dilansir dari sejumlah sumber, Arip dan Roger lantas terlihat berbagi papan seluncur ketika menuju garis pantai untuk menyelamatkan Arip.

3. Kisah heroik Roger viral di media sosial

Jokowi Beri Hormat Peselancar Filipina yang Selamatkan Atlet IndonesiaPeselancar Filipina, Roger Casugay selamatkan peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat yang hampir tenggelam tergulung ombak di SEA Games 2019 (Twitter.com/ainurohman)

Dilansir dari sejumlah sumber, setibanya di atas pantai, Arip mengangkat tangan pahlawannya dan mengatakan bahwa Roger adalah juaranya. Roger menjadi pahlawan bukan karena medali yang didapatkannya tapi karena sportivitas dan kemanusiaan yang dipilihnya.

Kisar Roger dan Arip viral di media sosial. Peselancar lokal, Jefferson Ganuelas mengunggah foto peristiwa heroik tersebut ke laman Facebook-nya dan kemudian dibagikan ulang oleh akun Facebook resmi SEA Games 2019 (@2019SEAGames).

"Di tengah-tengah kompetisi longboard open putra dalam selancar, peselancar Indonesia Arip Nurhidayat terlepas dari tali pengikat dan tersapu ombak. Peselancar Filipina Roger Casugay datang untuk menyelamatkan, mengesampingkan pertandingan yang sedang berlangsung untuk mendapatkan emas. Beginilah caranya #WeWinAsOne. # 2019SEAGames #PHforOne," tulis akun 2019SEAGames di Facebook.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You