Comscore Tracker

Mantan Atlet Tenis Meja, Kini Gusti Ayu Bintang Jadi Menteri PPPA

Sebelum jadi menteri, Gusti Ayu adalah atlet tenis meja Bali

Jakarta, IDN Times - Nama Gusti Ayu Bintang Darmavati resmi ditunjuk oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Pada Rabu (23/10) pagi, namanya kini tercatat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Yang unik, Gusti Ayu sendiri sejatinya adalah mantan atlet andalan Bali di kancah tenis meja. Pada 2010 lalu misalnya, ia sukses menjuarai Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi di GOR Sumantri Brojonegoro, Jakarta.

Nama Gusti Ayu sendiri masuk ke Istana Negara dengan penuh kejutan. Sejak dua hari terhitung Senin (21/10) dan Selasa (22/10), sosoknya tak terlihat dipanggil ke Istana Negara oleh Presiden Jokowi seperti calon menteri lainnya.

Fakta menarik lainnya, suami dari Gusti Ayu sendiri merupakan mantan menteri Jokowi di periode pertama lalu yakni Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Puspayoga yang merupakan politisi PDIP dulunya adalah mantan Menteri Koperasi dan UKM di era Jokowi-JK pada Kabinet Kerja I.

Sosok atlet yang kemudian banting setir menjadi menteri di kabinet sejatinya bukan hal baru. Contohnya adalah legenda AC Milan asal Georgia, Kakha Kaladze. Semasa pemerintahan Bidzina Ivanishvili, Kaladze sempat ditunjuk sebagai Menteri Energi.

Baca Juga: Nadiem Makarim Jadi Menteri Termuda di Kabinet Indonesia Maju

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You