Comscore Tracker

Putuskan Pensiun dari MotoGP, Ini Catatan Emas Karier Jorge Lorenzo 

Pebalap berusia 32 tahun ini akan pensiun pada akhir 2019

Jakarta, IDN Times - Keputusan besar dibuat oleh pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Jorge Lorenzo. Pada sesi konferensi pers jelang balapan terakhir musim 2019 di Sirkuit Valencia, Spanyol, mantan rekan Valentino Rossi ini mengumumkan keputusannya untuk pensiun.

Kini setelah salah satu legenda balap dunia ini mantap untuk pensiun, mari melihat beberapa catatan gemilang Lorenzo selama kariernya sebagai pebalap dunia.

1. Catatan kemenangan dan podium Lorenzo di MotoGP

Putuskan Pensiun dari MotoGP, Ini Catatan Emas Karier Jorge Lorenzo Jorge Lorenzo di suatu sesi konferensi pers jelang balapan MotoGP 2019. instagram.com/jorgelorenzo99

Sepanjang kariernya, Lorenzo adalah salah satu pebalap yang bisa disebut ada di level top dunia. Tercatat, ia sudah lima kali menjadi juara dunia di semua kelas mulai dari kelas 250cc di tahun 2006 dan 2007, serta kelas utama MotoGP pada 2010, 2012, dan 2015.

Dari catatan kemenangan dan podium, Lorenzo juga punya catatan yang gemilang.Ia total sukses meraih 68 kemenangan di semua kelas, dengan rincian 47 kali juara khusus di kelas utama MotoGP

Di podium sendiri, Lorenzo sudah mencicipi nikmatnya 152 kali naik podium di semua kelas, dengan catatan 114 kali podium di kelas utama MotoGP.

- Sepanjang kariernya di semua kelas, Lorenzo total sudah 69 kali meraih pole position. 43 kali ia raih di kelas utama MotoGP

Baca Juga: Junior Sampai Rival, 5 Pembalap Ini Beri Salam Perpisahan ke Lorenzo

2. Rekor yang pernah diukir Lorenzo

Putuskan Pensiun dari MotoGP, Ini Catatan Emas Karier Jorge Lorenzo Jorge Lorenzo semasa muda kala masih di kelas 250cc. Kala itu, ia tengah mengikuti latihan jelang MotoGP seri Jepang. zimbio.com

Tak hanya meraih banyak kejayaan, Lorenzo, seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez, juga merupakan pebalap papan atas yang bertabur rekor.

Ia jadi pebalap yang pernah mengumpulkan poin terbanyak dalam satu musim yakni 383 poin pada tahun 2010. Rekor tersebut bertahan selama 9 tahun lamanya dan baru bisa dipecahkan Marc Marquez pada musim balap 2019.

Ditambah lagi, sampai saat ini baru Lorenzo saja yang berhasil merebut gelar juara dunia kelas MotoGP dari tangan Marquez, si Baby Alien, tepatnya pada musim 2015 lalu.

3. Lorenzo putuskan pensiun karena deraan cedera

Putuskan Pensiun dari MotoGP, Ini Catatan Emas Karier Jorge Lorenzo Jorge Lorenzo semasa membela Yamaha. Kala itu, ia jadi salah satu pebalap top dunia bersama pabrikan asal Jepang ini. circuitprodigital.com

Dalam sesi konferensi pers, Kamis (14/11) lalu, Lorenzo membeberkan faktor utama penyebab ia memutuskan untuk pensiun.

"Saya pertama kali berpikir tentang pensiun setelah mengalami cedera di Sirkuit Assen [Belanda], lalu membuat keputusan akhir setelah seri balap di Sepang, Malaysia (pekan lalu)," ungkapnya.

Baca Juga: 17 Tahun Membalap, Jorge Lorenzo Putuskan Pensiun dari MotoGP

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You