Comscore Tracker

Tidak Ada Wakil Eropa di Semifinal BWF Finals 2019

BWF World Tour Finals 2019 jadi supremasi bulu tangkis Asia!

Jakarta, IDN Times - Turnamen penutup BWF World Tour yang digelar di Guangzhou, Tiongkok, pada Desember 2019 ini benar-benar jadi lambang supremasi bulu tangkis Asia sebagai kiblat bulu tangkis dunia. 

Bayangkan saja, dari para semifinalis dari kelima nomor dari tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran, tak ada satu pun yang merupakan wakil Asia. Bahkan, Eropa hanya mengirimkan dua wakil di BWF World Tour Finals 2019 ini yakni duo tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen dan Anders Antonsen.

Capaian keduanya pun tak cukup oke. Berada di Grup A, Antonsen hanya sanggup mencuri satu kemenangan saja atas Wang Tzu Wei yang tak cukup membawanya ke semifinal. Sebabnya, ia dua kali keok atas Kento Momota dan Jonatan Christie.

Sementara di Grup B, nasib Axelsen lebih buruk. Dari tiga laga, Axelsen selalu kalah atas lawan-lawannya. Ia kalah dari Chou Tien Chen, Chen Long, sebelum mundur di set pertama kala melawan Anthony Ginting karena cedera.

Capaian buruk wakil Eropa di BWF Finals 2019 ini juga jadi lambang supremasi betapa dominannya para pebulu tangkis Asia di kancah dunia pada tahun ini. Di tahun lalu, pada ajang BWF Finals 2018 lalu, ada satu ganda putra Eropa, yakni Kim Astrup/Anders Rasmussen yang mampu melaju hingga semifinal.

Di 2020 mendatang, apakah dominasi Asia akan kembali menguasai bulu tangkis dunia? Atau justru ada wakil non-Asia yang akan mendobrak hegemoni Benua Kuning?

Baca Juga: Jadwal Semifinal BWF Finals 2019: Ada 3 Wakil Indonesia, Lho!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya