Comscore Tracker

Utak-atik Peluang Tunggal Putra Indonesia di BWF Finals 2019

Tak masuk top seed, Ginting terancam di grup neraka?

Jakarta, IDN Times - 7 wakil Indonesia dipastikan lolos ke ajang bergengsi akhir tahun, BWF World Tour Finals 2019. Di ajang yang dihelat di Guangzhou, Tiongkok ini, 2 dari 7 wakil Indonesia adalah pebulu tangkis tunggal putra, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Turnamen ini sendiri akan dihelat pada 11-15 Desember 2019.

Melihat calon lawan dan peluang keduanya saat ini, bagaimana peluang keduanya di ajang BWF Finals mendatang?

1. Jonatan Christie masuk jadi 1 di antara 4 top seed

Utak-atik Peluang Tunggal Putra Indonesia di BWF Finals 2019Jonatan Christie melawan Anthony Sinisuka Ginting di babak semifinal Hong Kong Open 2019 pada Sabtu (16/11) IDN Times/PBSI

Tunggal putra nomor satu Indonesia, Jonatan Christie, dipastikan jadi satu di antara 4 top seed. Ia jadi unggulan ketiga setelah Kento Momota (seed 1) dan Chou Tien Chen (seed 2). Satu unggulan lainnya adalah wakil Tiongkok, Chen Long (seed 4).

Dengan komposisi ini, Jojo bisa satu grup di BWF Finals 2019 dengan salah satu di antara Momota atau Chou. Masalahnya, dengan beradanya Ginting di luar empat unggulan teratas, peluang Jojo untuk satu grup dengan kawan karibnya itu terhitung sangat besar sekali.

Baca Juga: Wakil ke-7 Indonesia, Anthony Ginting Lolos BWF World Tour Finals!

2. Ginting dan 3 tunggal putra lain akan diundi lagi

Utak-atik Peluang Tunggal Putra Indonesia di BWF Finals 2019Anthony Sinisuka Ginting memenangkan babak semifinal Hong Kong Open 2019 melawan Jonatan Christie pada Sabtu (16/11) IDN Times/PBSI

Sementara itu, Ginting ada di posisi 6, satu tingkat di bawah Viktor Axelsen dan satu tingkat di atas Anders Antonsen. Masalahnya, hal itu bisa berimbas negatif ke peluang wakil Indonesia di sektor tunggal putra ini.

Bila menguntungkan, undian BWF Finals 2019 ini akan memisahkan Ginting dari Jojo, sapaan akrab Jonatan, di grup berbeda. Tapi, bila sial, kedua tunggal putra Indonesia ini bisa satu grup dengan Kento Momota.

Bila ini yang terjadi, dengan hitungan setiap grup hanya sanggup loloskan dua wakil, peluang lolos keduanya akan mengkhawatirkan jika Ginting dan Jojo berada satu grup dengan  Momota. Bukan apa-apa, sepanjang 2019 ini, pebulu tangkis nomor satu dunia ini sudah koleksi 10 gelar dan jadi salah satu pemain yang paling konsisten dan sukar dikalahkan.

3. Masih ada satu slot tersisa akan diperebutkan 5 tunggal putra

Utak-atik Peluang Tunggal Putra Indonesia di BWF Finals 2019Pebulu tangkis tunggal putra Hong Kong, Ng Ka Long Angus. bwfbadminton.com

Sejauh ini, baru ada 7 tunggal putra yang lolos ke BWF Finals 2019. Ketujuh pemain itu adalah Kento Momota, Chou Tien Chen, Jonatan Christie, Chen Long, Viktor Axelsen, Anthony Ginting, dan Anders Antonse.

Satu slot tersisa akan diperebutkan antara Wang Tzu Wei, Angus Ng Ka Long, Lin Dan, Kantaphon Wangcharoen, dan Kanta Tsuneyama. Untuk sementara, posisi Wang adalah yang terdepan untuk dapatkan tiket lolos, tapi hasil di Korea Masters 2019 bisa menentukan siapa peraih tiket terakhir.

Baca Juga: BWF Final 2019, Greysia/Apriyani Dikepung Tiongkok, Korea, dan Jepang!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You