Indonesia Cetak Sejarah Baru di Asian Para Games 2018 

Total emas yang dikoleksi kini telah mencapai 23 emas

Jakarta, IDN Times - Indonesia berhasil melampaui target Asian Para Games 2018, yakni  16 emas. Total emas yang dikoleksi kini telah mencapai 23 emas.

 Dikutip dari situs Setkab, Kamis (11/10), ini adalah raihan terbanyak sepanjang keikutsertaan Indonesia di Asian Para Games. 

1. Raihan medali terbanyak sejak Indonesia ikut serta di Asian Para Games

Indonesia Cetak Sejarah Baru di Asian Para Games 2018 ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, raihan medali di Asian Para Games 2018 merupakan sejarah baru bagi Indonesia. 

Pada Asian Para Games ke-I di Guangzhou, Tiongkok tahun 2010, tim Indonesia hanya meraih satu emas. Jumlah tersebut meningkat menjadi 9 emas pada Asian Para Games ke-II di Incheon, Korea Selatan pada 2014. 

“Kita harus berbangga atas prestasi luar biasa ini. Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh atlet yang telah bekerja keras, tim pelatih dan official yang membantu para atlet tanpa kenal lelah, juga Chief de Mission Armin Syah yang terus mengawal persiapan," kata Imam. 

Tak lupa, Imam juga berterima kasih untuk dukungan psikolog dan para supporter. "Terima kasih kepada mereka yang rela meninggalkan pekerjaan demi memberikan suntikan semangat secara langsung di venue–venue pertandingan. Ini adalah kesuksesan yang harus kita rayakan bersama-sama,” tambah Imam.  

2. Daftar peraih emas

Indonesia Cetak Sejarah Baru di Asian Para Games 2018 ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Kepastian rekor baru raihan medali untuk Indonesia ini didapatkan pada hari keempat Asian Para Games 2018. Sebanyak 15 emas diraih oleh para atlet per 10 Oktober 2018. Jumlah tersebut disumbangkan oleh: 

Atletik 
– Kharisma Evi Tiarani (Lari 100m Putri T42/63) 
– Putri Aulia (Lari 100m Putri T13) 

Tenis Meja 
– M. Riah Prahasta/Suwarti (Ganda Campuran Kelas 6-8) 
– Agus Sutanto/Tatok Hardiyanto (Ganda Putra TT 4-5) 
– David Jacobs/Komet Akbar (Ganda Putra TT 10) 

Catur 
– Carsidi, Edy Suryanto, Hendy Wirawan (Beregu Putra Klasik VI – B2/B3) 
– Hendy Wirawan (Tunggal Putra Klasik VI – B2/B3) 
– Debi Ariesta, Tati Karhati, Wilma Margaretha Sinaga (Beregu Putri Klasik VI – B1) 
– Debi Ariesta (Tunggal Putri Klasik VI – B1) 
– Nasip Farta Simanja, Roslina, Yuni (Beregu Putri Klasik VI – P1) 
– Nasip Farta Simanja (Tunggal Putri Klasik VI-P1) 

Lawn Bowl 
– Mella Windasari (Individu B6) 
– Dwi Widiantoro (Individu Open B1) 
– Suwondo (Individu Open B4) 
– Julia Verawati (Individu Open B2) 

Baca Juga: FOTO: Momen-Momen Mengharukan Sepanjang Asian Para Games 2018

3. Raihan emas masih mungkin bertambah

Indonesia Cetak Sejarah Baru di Asian Para Games 2018 ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Menpora Imam Nahrawi optimistis jumlah emas Indonesia bisa terus bertambah mengingat masih banyak nomor yang akan dipertandingkan di sisa hari penyelenggaraan. Apalagi, ada banyak hasil yang telah melampaui target. 

“Tenis Meja sebenarnya hanya ditarget dua emas, tetapi ternyata bisa mendapatkan empat. Catur juga melebihi target empat emas yang ditetapkan,” kata Menpora. 

Lebih lanjut dia menjelaskan cabang Lawn Bowl yang sebelumnya tidak ada target karena tergolong olahraga baru. Namun, menjadi tuan rumah justru menjadi keuntungan bagi tim Indonesia sehingga punya waktu adaptasi di venue pertandingan. Hal itu membuat persiapan kita lebih matang dibanding negara lain. Hasilnya, kita mendapatkan empat emas,” lanjut Imam.

Momen bersejarah lain terjadi di cabang olahraga atletik nomor lari 100 m putri T13. Putri Aulia memecahkan rekor Asian Para Games dengan catatan waktu 12,49 detik. Ia melampaui catatan waktu 13,13 detik milik pelari China, Lin Zhu. 

Kemenangan tersebut semakin istimewa karena seluruh medali di nomor lari 100 m putri T13 disapu bersih oleh Indonesia. Aulia Putri menyanyikan Indonesia Raya bersama dengan dua rekannya, yaitu Endang Sari Sitorus Ni (perak) dan Made Arianti Putri (perunggu). 

Menpora berharap kesuksesan ini bisa terus dijaga dan berlanjut hingga ke Paralimpiade Tokyo 2020. “Mari doakan terus dan jangan lupa datang langsung ke venue untuk menyemangati para pahlawan olahraga kita,” ucap menteri asal Bangkalan tersebut. 
 

Baca Juga: Asian Para Games 2018: Catur Indonesia Borong 6 Emas!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya