Comscore Tracker

Perjuangan Aries Susanti, "Spiderwoman" Indonesia di Asian Games

Aries sukses menyabet emas di panjat tebing nomor speed

Palembang, IDN Times -  Aries Susanti Rahayu sukses membuat lagu "Indonesia Raya" berkumandang untuk kesekian kalinya di Asian Games 2018. Aries menyabet medali emas  cabang olahraga panjat tebing nomor speed putri. 

 

 

1. Aries mengalahkan atlet sebangsa

Perjuangan Aries Susanti, Spiderwoman Indonesia di Asian GamesANTARA FOTO/INASGOC/Hendra Nurdiyansyah

Aries yang tercatat sebagai mahasiswi Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) itu berhasil menyumbang medali emas di cabang olahraga panjat tebing nomor speed putri untuk Indonesia pada Asian Games 2018 di Palembang. 

Aries yang berasal dari Grobogan, Jawa Tengah ini berhasil mengalahkan atlet Indonesia lainnya,  Puji Lestari, dengan catatan waktu 7,61 detik. Sementara Puji yang mencatatkan waktu 7,98 detik berhak mendapatkan medali perak. 

2. Perjuangan sejak 16 besar

Perjuangan Aries Susanti, Spiderwoman Indonesia di Asian GamesANTARA FOTO/INASGOC/Iwan Cheristian

Di babak 26 besar,  Aries mengalahkan Narada Disyabut dari Thailand dengan mencatatkan waktu membukukan waktu 8,19 detik. Langkah Aries di babak 16 besar disusul Puji Lestari yang mencatatkan waktu 8,88 detik ketika menghadapi Amalina Syairah.  

Pada babak delapan besar Aries memanjat dinding dengan catatan lebih cepat, yakni 8,09 detik. Dengan raihan itu, dia memastikan diri masuk ke semifinal. 

Puji Lestari yang menghadapi Lee Hungying di babak perempat final tidak perlu berupaya keras untuk memastikan tiket ke babak semifinal lantaran lawannya didiskualifikasi karena mencuri start. 

Semifinal putri mempertemukan duel antara Indonesia dan China karena Aries bertemu dengan Song Yiling dan Puji bersaing dengan He Cuilan. 
 

Baca Juga: Atlet Panjat Tebing Aries Susanti Rebut Medali Emas Asian Games 2018! 

3. Final yang menentukan

Perjuangan Aries Susanti, Spiderwoman Indonesia di Asian GamesANTARA FOTO/INASGOC/Hendra Nurdiyansyah

Aries yang kalah start berhasil menyusul di bagian terakhir dan mencatatkan waktu 7,64 detik sekaligus memastikan tiket ke partai puncak. Final mempertemukan sesama atlet Indonesia setelah Puji membukukan waktu 7,84 untuk melangkah ke final.

Namun pada akhirnya, Puji harus mengakui kecepatan tangan dan kaki Aries dalam memanjat tebing tersebut. 

Selamat untuk dua spiderwoman asal Indonesia!

(Artikel ini pertama kali terbit di muhammadiyah.or.id)

Baca Juga: Raih Medali Emas Asian Games 2018, Ini Tiga Fakta Unik Aries Susanti

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya