5 Alasan Mengapa Peringkat The Minions di BWF Turun Drastis

Peringkat mereka terjun bebas!

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) baru saja merilis peringkat dunia terbaru pada Selasa (27/12/2022). Dalam peringkat terbaru tersebut, nama ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo turun drastis ke urutan 23 dunia.

Pekan sebelumnya, pasangan berjuluk The Minions ini masih bertengger di peringkat 8 dunia. Terdapat beberapa alasan yang membuat hal ini terjadi. Apa saja alasan tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Dihapusnya poin rangking turnamen tahun 2021

5 Alasan Mengapa Peringkat The Minions di BWF Turun DrastisMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (instagram.com/kevin_sanjaya)

BWF secara berangsur-angsur mulai mencairkan peringkat bulu tangkis dunia pada 2 Agustus 2022 lalu setelah dibekukan karena pandemi COVID-19. Hal ini membuat peringkat bulu tangkis dunia berubah drastis dan kembali seperti sebelum pandemi COVID-19 di mana terjadi penghapusan poin. 

Padahal selama tahun 2021, The Minions tampil cukup baik dengan meraih 2 gelar juara dan 3 kali menjadi runner-up. Hasil tersebut tentu mendongkrak perolehan poin peringkat mereka. Sayangnya, poin dari turnamen tersebut sudah mulai dihapus. Sehingga secara matematis poin mereka berkurang banyak.

2. Tak banyak mengikuti turnamen tahun ini

5 Alasan Mengapa Peringkat The Minions di BWF Turun DrastisMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (pbsi.id)

Selain mulai kembali normalnya peringkat dunia, sedikitnya turnamen yang diikuti oleh The Minions sepanjang tahun 2022 ini juga turut menjadi alasan turunnya peringkat mereka. Sedikitnya turnamen yang mereka ikuti tahun ini tentu membuat poin peringkat mereka kalah unggul dari ganda putra lainnya yang mengikuti lebih banyak turnamen.

Tercatat, sepanjang tahun 2022 ini The Minions hanya mengikuti 7 turnamen saja. Jumlah ini merupakan jumlah yang paling sedikit jika dibandingkan dengan ganda putra lainnya yang menghuni top 50 peringkat BWF saat ini. 

Baca Juga: MD Andalan Indonesia, 12 Adu Gaya The Minions, The Daddies, dan Fajri

3. Tampil kurang baik tahun ini

5 Alasan Mengapa Peringkat The Minions di BWF Turun DrastisMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Sedikitnya turnamen yang The Minions ikuti tahun 2022 ini, ditambah lagi dengan performa mereka yang kurang baik menjadi kombinasi yang buruk untuk rangking mereka. Sebenarnya, rangking The Minions bisa saja lebih baik dari rangking mereka saat ini jika mereka tampil maksimal di 7 turnamen yang mereka ikuti tahun ini.

Dari 7 turnamen yang mereka ikuti tahun ini, The Minions sama sekali tidak meraih gelar juara. The Minions sepanjang tahun 2022 ini 1 kali terhenti di babak pertama, 3 kali terhenti di babak kedua, 2 kali terhenti di semifinal, dan 1 kali menjadi runner-up. Sejauh ini, jika dilihat dari segi prestasi, tahun 2022 menjadi tahun terburuk The Minions sejak pertama kali dipasangkan pada tahun 2015.

4. Marcus sempat mengalami cedera hingga harus menjalani operasi

5 Alasan Mengapa Peringkat The Minions di BWF Turun DrastisMarcus F. Gideon (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com)

Selain 3 faktor di atas, cedera yang dialami oleh Marcus juga menjadi salah satu alasan menurunnya peringkat The Minions. Marcus diketahui menjalani operasi pada Maret 2022 untuk menghilangkan tulang kecil yang tumbuh di bagian engkel kanan dan kirinya yang kerap menggangu performanya di turnamen-turnamen sebelumnya.

Operasi tersebut mengharuskan The Minions menepi dari beberapa turnamen yang memiliki poin turnamen besar, seperti Korea Open 2022, Thailand Open 2022, Thomas Cup 2022, hingga Kejuaraan Asia 2022. Selain itu, penampilan Marcus pasca operasi juga terbilang kurang maksimal sehingga permainan terbaik mereka tidak bisa keluar.

5. Berkembangnya ganda putra lain

5 Alasan Mengapa Peringkat The Minions di BWF Turun DrastisMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo saat menghadapi Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan di final Denmark Open 2019 (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Saat ini, persaingan di sektor ganda putra semakin ketat dan merata. Bahkan ganda putra yang berasal dari negara yang sama sekalipun juga saling sikut untuk menjadi yang terbaik. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab menurunnya peringkat The Minions. 

Semakin berkembangnya ganda putra lainnya, secara otomatis performa dan peringkatnya juga terus meningkat. Ini menyebabkan The Minions semakin tergeser jauh dari peringkat sebelumnya. 

 

Turunnya peringkat The Minions tentunya membawa beberapa dampak yang negatif. Salah satunya adalah mereka harus mengikuti beberapa turnamen di tahun 2022 tanpa menyandang status sebagai unggulan.

Hal ini sangat disayangkan karena dengan tidak menjadi pemain unggulan, The Minions memiliki peluang yang besar untuk bertemu pemain top dunia di babak awal. Semoga The Minions mampu bangkit dan kembali ke performa terbaiknya, ya!

Baca Juga: 5 Pebulu Tangkis yang Kisruh dengan Pelatihnya, Ada Kevin Sanjaya!

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya