5 Atlet Indonesia Terakhir Jadi Juara Thailand Open di Tiap Sektor

Tunggal putri sudah lama puasa gelar

Turnamen bulu tangkis Thailand Open 2023 akan segera bergulir. Turnamen yang memperebutkan total hadiah sebesar 420 ribu dolar Amerika Serikat (Rp6,2 miliar) ini akan berlangsung mulai 30 Mei hingga 4 Juni 2023 mendatang.

Indonesia sendiri punya rekam jejak yang cukup baik di turnamen ini. Sudah lebih dari 30 gelar juara dari lima sektor berbeda berhasil diraih atlet bulu tangkis Indonesia di Thailand Open. Siapa saja wakil Indonesia terakhir yang sukses menjuarai Thailand Open dari tiap sektor?

1. Sony Dwi Kuncoro (tunggal putra)

5 Atlet Indonesia Terakhir Jadi Juara Thailand Open di Tiap SektorSony Dwi Kuncoro (pbsi.id)

Tunggal putra Indonesia terakhir kali mencicipi gelar juara Thailand Open lewat Sony Dwi Kuncoro pada tahun 2012. Sony yang kala itu tidak termasuk pemain unggulan sukses membuat kejutan dengan menyabet gelar juara. Pada partai final, Sony mengalahkan wakil China, Chen Yue Kun, dengan skor 21-17 dan 21-14.

Baca Juga: Daftar Juara Bertahan Thailand Open, Didominasi Pemain Jepang

2. Susy Susanti (tunggal putri)

5 Atlet Indonesia Terakhir Jadi Juara Thailand Open di Tiap SektorSusy Susanti (olympics.bwfbadminton.com)

Susy Susanti menjadi tunggal putri Indonesia pertama dan satu-satunya yang berhasil menjuarai Thailand Open. Susy berhasil menjuarai turnamen ini sebanyak empat kali secara beruntun medio 1991--1994. Sejak saat itu, belum ada tunggal putri Indonesia yang berhasil menjadi juara. Ini artinya sudah hampir tiga dekade tunggal putri Indonesia gigit jari di turnamen ini.

3. Berry Angriawan/Hardianto (ganda putra)

5 Atlet Indonesia Terakhir Jadi Juara Thailand Open di Tiap SektorBerry Angriawan/Hardianto (pbsi.id)

Di sektor ganda putra, Indonesia terakhir kali merengkuh gelar juara pada tahun 2017 lewat pasangan Berry Angriawan/Hardianto. Mereka yang saat itu diunggulkan di posisi kelima sukses merebut gelar juara usai mengalahkan wakil Jerman pada babak final. Berry/Hardianto mengalahkan Raphael Beck/Peter Kaesbauer dengan skor 21-16 dan 21-16.

4. Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri)

5 Atlet Indonesia Terakhir Jadi Juara Thailand Open di Tiap Sektorselebrasi Greysia Polii/Apriyani Rahayu saat menjuarai Thailand Open 2020 (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Bergeser ke sektor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu adalah wakil Indonesia terakhir yang menjuarai Thailand Open. Duet emas Olimpiade 2020 ini meraihnya pada Thailand Open 2020 yang digelar pada awal tahun 2021. Greysia/Apriyani memastikan gelar juara usai mengalahkan wakil tuan rumah, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, dengan skor 21-15 dan 21-12.

5. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (ganda campuran)

5 Atlet Indonesia Terakhir Jadi Juara Thailand Open di Tiap SektorHafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi ganda campuran Indonesia terakhir yang menjuarai Thailand Open. Hafiz/Gloria keluar sebagai juara pada edisi 2018 setelah mengalahkan unggulan pertama asal Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock. Kala itu, mereka menang dua set langsung dengan skor 21-12 dan 21-12.

Sayangnya, pada edisi terakhir Thailand Open, Indonesia tak menyabet gelar sama sekali. Satu-satunya wakil Indonesia di partai final, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, harus puas menempati runner up setelah memutuskan mundur pada laga final akibat cedera. Semoga hasil buruk pada 2022 tak terulang pada Thailand Open 2023, ya!

Baca Juga: Thailand Open 2023: Drawing, Jadwal Lengkap, dan Wakil Indonesia

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya