Daftar Juara Bertahan Spain Masters, Indonesia Mendominasi

Indonesia borong empat gelar di Spain Masters 2021

Spain Masters akhirnya kembali digelar pada 2023 ini. Turnamen World Tour terbesar di Spanyol ini akan dihelat mulai 28 Maret hingga 2 April 2023 di Madrid.

Pada 2022, Spain Masters harus dibatalkan karena COVID-19. Turnamen BWF super 300 ini terakhir kali digelar pada 2021 lalu.

Indonesia sukses menyabet empat gelar dan menjadi juara umum kala itu. Sementara,, satu gelar lainnya diraih wakil Prancis.

Berikut daftar juara bertahan Spain Masters.

1. Tunggal putra: Toma Junior Popov (Prancis)

Daftar Juara Bertahan Spain Masters, Indonesia MendominasiToma Junior Popov (https://bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Toma Junior Popov, wakil Prancis, berhasil menjadi juara Spain Masters 2021 di sektor tunggal putra. Ia yang diunggulkan di posisi kedua merebut gelar dengan menumbangkan Chico Aura Dwi Wardoyo dari Indonesia di partai pemungkas.

Toma memenangi laga final dengan skor 21-15 dan 21-17 dalam waktu 55 menit. Di Spain Masters 2023, Toma akan turun sebagai unggulan kedelapan. Ia mesti berhadapan dengan tunggal putra Taiwan, Lin Chun Yi, pada babak pertama.

2. Tunggal putri: Putri Kusuma Wardani (Indonesia)

Daftar Juara Bertahan Spain Masters, Indonesia MendominasiPutri Kusuma Wardani (bwfbadminton.com)

Wakil Indonesia, Putri Kusuma Wardani, merengkuh gelar di sektor tunggal putri. Kemenangan Putri saat itu cukup mengejutkan. Pasalnya, ia bukanlah pemain yang diunggulkan untuk menyabet gelar.

Putri memastikan gelar BWF super 300 pertamanya usai menaklukkan unggulan ketiga dari Denmark, Line Christophersen, di partai final dengan skor 21-15 dan 21-10. Putri juga akan mengikuti Spain Masters 2023. Ia dijadwalkan berhadapan dengan Lianne Tan dari Belgia pada laga pembuka.

3. Ganda putra: Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Indonesia)

Daftar Juara Bertahan Spain Masters, Indonesia MendominasiPramudya Kusumawardhana dan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Titel Spain Masters 2021 di sektor ganda putra juga direbut pemain Indonesia. Pemain tersebut adalah Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang meraih gelar usai memenangi perang saudara pada babak final.

Pramudya/Yeremia menang dari Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani dengan skor 21-15, 18-21, dan 21-14. Mereka akan kembali tampil di Spain Masters 2023 dan melawan Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi dari Jepang pada babak pertama.

Baca Juga: 5 Turnamen BWF World Tour pada Maret 2023, Mulai Padat!

4. Ganda putri: Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani (Indonesia)

Daftar Juara Bertahan Spain Masters, Indonesia MendominasiYulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Masih dari Indonesia, juara bertahan Spain Masters di sektor ganda putri adalah Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani. Mereka merebut gelar juara dengan menumpas unggulan pertama dari Denmark, Amalie Magelund/Freja Ravn, dengan skor 21-16 dan 21-14 di final.

Sayangnya, Yulfira/Febby dipastikan gagal mempertahankan gelar mereka. Hal ini disebabkan mereka tidak mengikuti Spain Masters 2023. Yulfira sendiri sudah memutuskan pensiun. Sedangkan, Febby keluar dari pelatnas pada 2022 lalu.

5. Ganda campuran: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia)

Daftar Juara Bertahan Spain Masters, Indonesia MendominasiRinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Indonesia merebut gelar keempatnya di Spain Masters 2021 lewat ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Mereka memastikan gelar juara usai mengalahkan Niclas Nhor/Amalie Magelund dari Denmark dengan skor 21-18 dan 21-15 di partai final.

Rinov/Pitha sejatinya terdaftar sebagai unggulan kelima di Spain Masters 2023. Namun, mereka memutuskan untuk mundur karena Rinov diterpa cedera saat berlaga di Swiss Open 2023 pekan lalu.

Indonesia sukses besar di edisi Spain Masters sebelumnya. Akankah pencapaian impresif ini kembali terulang di Spain Masters 2023?

Baca Juga: 6 Pebulu Tangkis Dunia Mengalami Cedera di Swiss Open 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya