Daftar Turnamen BWF World Tour di Bulan Juni 2023, Ada Indonesia Open!

Levelnya berbeda-beda

Rangkaian Asian tour turnamen bulu tangkis masih berlanjut di bulan Juni 2023. Setelah disibukkan dengan Sudirman Cup dan dua turnamen World Tour pada bulan Mei, pada bulan ini akan ada tiga turnamen World Tour yang diselenggarakan BWF.

Tiga turnamen World Tour yang dihelat bulan ini memiliki level, total hadiah, dan tanggal pelaksanaan yang berbeda. Banyak pebulu tangkis kelas dunia yang akan tampil di turnamen-turnamen tersebut. Berikut daftar turnamen BWF World Tour di Bulan Juni 2023.

1. Singapore Open 2023

Daftar Turnamen BWF World Tour di Bulan Juni 2023, Ada Indonesia Open!Ilustrasi bulu tangkis (corporate.bwfbadminton.com)

Singapore Open 2023 akan mengawali rangkaian turnamen World Tour pada bulan Juni 2023. Turnamen bulu tangkis terbesar di Singapura ini akan berlangsung mulai 6 hingga 11 Juni 2023 di Singapore Indoor Stadium, Singapura. Turnamen ini memperebutkan total hadiah sebesar 850 ribu dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp12,7 miliar. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya memperebutkan total hadiah sebesar 370 ribu dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp5,5 miliar.

Singapore Open sendiri mulai tahun ini meningkat levelnya dari super 500 menjadi super 750. Naiknya level turnamen ini membuat poin yang diperebutkan semakin besar. Hal tersebut  membuat Singapore Open 2023 ramai diikuti pebulu tangkis dunia.

Baca Juga: 5 Atlet Indonesia Terakhir Jadi Juara Thailand Open di Tiap Sektor

2. Indonesia Open 2023

Daftar Turnamen BWF World Tour di Bulan Juni 2023, Ada Indonesia Open!potret Istora Senayan, Jakarta, saat gelaran Indonesia Open 2019 (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Pekan berikutnya, tepatnya pada tanggal 13 hingga 18 Juni 2023 giliran Indonesia Open 2023 yang dilangsungkan. Sama seperti edisi sebelumnya, turnamen ini masih berlokasi di Istora Senayan, Jakarta. Tahun ini, Indonesia Open memperebutkan total hadiah sebesar 1,25 juta dolar Amerika Serikat atau sepadan dengan Rp18,7 miliar. Jumlah tersebut meningkat 50 ribu dolar Amerika Serikat dibandingkan edisi sebelumnya.

Jumlah hadiah yang besar juga sebanding dengan level turnamennya. Indonesia Open sendiri termasuk dalam turnamen super 1000 yang merupakan turnamen World Tour Super dengan kasta tertinggi sehingga para pebulu tangkis top dunia dipastikan mentas di turnamen ini. Sudah siap menantikan aksi mereka di Istora?

3. Taipei Open 2023

Daftar Turnamen BWF World Tour di Bulan Juni 2023, Ada Indonesia Open!Ilustrasi bulu tangkis (corporate.bwfbadminton.com)

Setelah dihajar dengan dua turnamen kelas tinggi selama dua pekan berturut-turut, pada pekan ketiga bulan Juni 2023 akan dilangsungkan turnamen BWF World Tour dengan level yang lebih rendah, yakni Taipei Open 2023. Turnamen ini termasuk dalam level super 300 yang hanya memperebutkan total hadiah sebesar 210 ribu dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp3,1 miliar. Jumlah tersebut turun cukup jauh jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya yang memperebutkan total hadiah sebesar 500 ribu dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp7,4 miliar.

Taipei Open 2023 sendiri akan dihelat mulai 20 hingga 25 Juni 2023 di Tian-Mu Arena, Taipei. Karena digelar tepat setelah dua turnamen besar, Taipei Open tahun diprediksi bakal sepi pemain top dunia. Hanya nama-nama beken asal Taiwan serta beberapa pemain kelas menengah yang akan tampil di turnamen ini. Meski begitu, Taipei Open 2023 tetap menarik untuk disaksikan.

Selain tiga turnamen BWF World Tour di atas, pada bulan Juni ini juga dihelat berbagai macam turnamen kelas bawah, mulai dari International Challenge, International Series, hingga Future Series. Semoga rangkaian turnamen super padat ini tak membuat banyak pebulu tangkis cedera, ya!

Baca Juga: 6 Turnamen BWF World Tour yang Naik Kelas Mulai Tahun 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya