5 Fakta Lolosnya Anthony Ginting ke Final World Tour Finals 2022

Sayangnya Anthony Ginting harus puas jadi runner-up

Ajang BWF World Tour Finals 2022 telah usai, Minggu (11/12/2022). Sederet pemain top yang berlaga di ajang ini sukses meraih prestasi tertinggi di turnamen BWF penutup tahun tersebut.

Indonesia sendiri berhasil meloloskan dua wakilnya di babak final turnamen ini. Salah satunya adalah tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting. Meski akhirnya harus puas jadi runner-up, intip dulu sederet fakta perjuangan lolosnya Anthony Ginting ke final BWF World Tour Finals 2022 lewat artikel berikut, yuk!

1. Final kedua di World Tour Finals

5 Fakta Lolosnya Anthony Ginting ke Final World Tour Finals 2022Anthony Sinisuka Ginting saat menghadapi Kento Momota (Jepang) di final World Tour Finals 2019 (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Final di tahun 2022 ini merupakan final kedua Ginting di World Tour Finals. Sebelum tahun ini, Ginting sudah pernah menapakkan kakinya ke final turnamen tutup tahun ini pada 2019 lalu di Guangzhou, China.

Kala itu, Ginting berhadapan dengan tunggal putra Jepang, Kento Momota, di partai final. Sayang, Ginting harus puas sebagai runner-up usai kalah dalam pertarungan tiga gim selama 87 menit dengan skor akhir 21-17, 17-21, dan 21-14. 

2. Final ketiga di tahun 2022

5 Fakta Lolosnya Anthony Ginting ke Final World Tour Finals 2022Anthony Sinisuka Ginting (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Final di World Tour Finals 2022 ini juga menjadi final ketiga Ginting di tahun 2022. Sebelumnya, Ginting juga sukses melenggang ke final Singapore Open 2022 pada bulan Juli dan Hylo Open 2022 di bulan November lalu.

Pada dua final yang dilakoni Ginting sebelumnya, dua-duanya berhasil ia konversi menjadi gelar juara. Di Singapore Open 2022, Ginting mengalahkan Kodai Naraoka (Jepang) di final. Sedangkan di final Hylo Open 2022, Ginting menang dari Chou Tien Chen (Taiwan).

Baca Juga: Dibekuk China, Hendra/Ahsan Jadi Runner-up World Tour Finals 2022

3. Belum terkalahkan sejak fase grup

5 Fakta Lolosnya Anthony Ginting ke Final World Tour Finals 2022Anthony Sinisuka Ginting (pbsi.id)

Ginting juga menjadi salah satu pemain yang belum terkalahkan sejak fase grup. Pada fase grup, Ginting yang tergabung dalam Grup B ini sukses menyapu bersih kemenangan dari tiga laga yang dilakoninya.

Pada babak semifinal, Ginting sukses mengalahkan kompatriotnya, Jonatan Christie, lewat drama rubber game dengan skor 21-15, 11-21, dan 21-18. Modal ini sangat bagus bagi Ginting untuk menghadapi laga di babak final. 

4. Jadi salah satu pemain nonunggulan yang ke final

5 Fakta Lolosnya Anthony Ginting ke Final World Tour Finals 2022Anthony Sinisuka Ginting (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Ginting juga menjadi salah satu pemain nonunggulan yang berhasil menembus babak pamungkas di World Tour Finals 2022. Ginting sendiri lolos ke World Tour Finals 2022 sebagai pemain urutan ketujuh.

Bermain dengan status sebagai nonunggulan, Ginting diharapkan bisa tampil lepas tanpa beban di final. Selain Ginting, pemain nonunggulan lainnya yang melesat ke laga akhir World Tour Finals 2022 adalah tunggal putri Akane Yamaguchi dari Jepang.

5. Hadapi unggulan pertama di final

5 Fakta Lolosnya Anthony Ginting ke Final World Tour Finals 2022Viktor Axelsen (instagram.com/viktoraxelsen)

Pada laga final, Ginting menghadapi unggulan pertama, juara bertahan, sekaligus pemain peringkat satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen. Laga ini menjadi pertemuan ke-15 antara Ginting dan Viktor.

Sayangnya Anthony Ginting harus mengakui keunggulan Viktor Axelsen. Ia kalah dua gim langsung dengan skor 13-21 dan 14-21.

Meski gagal jadi juara, langkah Anthony Ginting di BWF World Tour Finals 2022 patut diapresiasi. Semoga Ginting berhasil menuai kesuksesan pada edisi berikutnya, ya!

Baca Juga: Keok Lawan Axelsen, Anthony Ginting Jadi Runner-up World Tour Finals 2

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya