Hasil Lengkap Final China Masters 2023, Tuan Rumah Borong 4 Gelar!

Taiwan gagalkan China sapu bersih gelar

Di tengah hiruk pikuk turnamen All England 2023, turnamen BWF Super 100 bertajuk Ruichang China Masters 2023 juga digelar. Turnamen ini diselenggarakan berbarengan dengan All England 2023, yakni mulai 14 hingga 19 Maret 2023.

Sama seperti All England 2023, China Masters 2023 juga menghelat babak final pada hari, Minggu (19/3/2023). Tuan rumah, China, berhasil keluar sebagai juara umum setelah merebut empat gelar juara. Di sisi lain, satu gelar lainnya diraih oleh wakil Taiwan.

1. Tunggal putra: Sun Fei Xiang (China)

Hasil Lengkap Final China Masters 2023, Tuan Rumah Borong 4 Gelar!Sun Fei Xiang (weibo/Majalah Bulu Tangkis)

Laga final tunggal putra menyajikan duel perang saudara dari dua tunggal putra tuan rumah, yakni Sun Fei Xiang dan Sun Chao. Dalam laga ini, Sun Fei Xiang berhasil keluar sebagai pemenang.

Sun Fei Xiang menang lewat pertandingan straight game yang berlangsung selama 48 menit dengan skor 21-15 dan 21-14. Gelar ini menjadi gelar pertama Sun Fei Xiang dalam 4 tahun terakhir. Sun Fei Xiang terakhir kali meraih gelar juara pada tahun 2019 lalu di turnamen BWF Super 100 Indonesia Masters 2019.

2. Tunggal putri: Lin Hsiang Ti (Taiwan)

Hasil Lengkap Final China Masters 2023, Tuan Rumah Borong 4 Gelar!Lin Hsiang Ti (ltsports.com.tw)

Harapan China untuk menyapu bersih gelar juara di depan publiknya sendiri digagalkan oleh tunggal putri Taiwan, Lin Hsiang Ti. Berhadapan dengan wakil tuan rumah, Lin berhasil meraih kemenangan dengan rubber game.

Lin yang merupakan unggulan ketiga ini menang dari Chen Lu di partai final dengan skor tipis 13-21, 21-11, dan 22-20 dalam waktu 68 menit. Bagi Lin, ini merupakan gelar pertama yang ia raih tahun ini.

Baca Juga: Update Peringkat BWF Pemain Indonesia Pasca Indonesia Masters 2023

3. Ganda putra: Chen Bo Yang/Liu Yi (China)

Hasil Lengkap Final China Masters 2023, Tuan Rumah Borong 4 Gelar!Chen Bo Yang/Liu Yi (weibo/Majalah Bulu Tangkis)

Gelar di sektor ganda putra juga menjadi milik wakil tuan rumah. Pasangan Chen Bo Yang/Liu Yi yang merupakan unggulan ketujuh ini berhasil meraihnya setelah menaklukkan ganda putra baru Malaysia, Muhammad Haikal/Nur Izzuddin, di babak final.

Chen/Liu menang lewat pertarungan rubber game dalam waktu 64 menit dengan skor 21-16, 19-21, dan 21-16. Gelar ini menjadi gelar pertama Chen/Liu di kelas turnamen BWF Super 100.

4. Ganda putri: Chen Xiao Fei/Feng Xue Ying (China)

Hasil Lengkap Final China Masters 2023, Tuan Rumah Borong 4 Gelar!Chen Xiao Fei/Feng Xue Ying (weibo/Majalah Bulu Tangkis)

Selain tunggal putra, laga final ganda putri juga menyajikan duel sesama pemain China. Laga final ini mempertemukan antara Chen Xiao Fei/Feng Xue Ying dengan Keng Shu Liang/Zhang Chi.

Laga final ganda putri ini berlangsung selama 39 menit dengan skor akhir 21-15 dan 21-19 untuk kemenangan Chen/Feng. Kemenangan Chen/Fang di turnamen ini cukup mengejutkan. Pasalnya, Chen/Fang baru dipasangkan di turnamen ini.

5. Ganda campuran: Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China)

Hasil Lengkap Final China Masters 2023, Tuan Rumah Borong 4 Gelar!Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (weibo/BWF)

Final ganda campuran juga menyuguhkan laga all Chinese final. Laga final ganda campuran ini terbilang ideal karena mempertemukan dua unggulan teratas, yakni Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin dengan Cheng Xing/Chan Fang Hui. 

Dalam laga ini, pasangan Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin berhasil meraih kemenangan dengan skor 21-15 dan 21-8 dalam waktu 28 menit. Ini menjadi gelar pertama Jiang/Wei di laga final keduanya tahun 2023 ini. Sebelumnya, Jiang/Wei juga menembus final Indonesia Masters 2023, namun, hanya berhasil mengamankan posisi runner-up.

Tidak ada nama wakil bulu tangkis Indonesia yang berhasil meraih gelar juara China Masters 2023. Pemain Indonesia yang terdaftar di turnamen ini sendiri terpaksa mundur karena terkendala masalah visa.

Baca Juga: 5 Turnamen BWF World Tour pada Maret 2023, Mulai Padat!

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya