3 Pebulu Tangkis Indonesia Melenggang ke Semifinal Australia Open 2024

Semuanya pemain unggulan

Sebanyak tiga pebulu tangkis Indonesia melenggang ke semifinal Australia Open 2024. Mereka dipastikan masuk ke semifinal setelah memenangkan laga perempat final yang berlangsung pada Jumat (14/6/2024) di Quaycentre Olympic Boulevard, Sydney Olympic Park, Sydney, Australia.

Tiga pebulu tangkis Indonesia yang tersisa ini berasal dari tiga sektor yang berbeda, tepatnya sektor tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri. Menariknya, mereka semua sama-sama berstatus unggulan. Siapa sajakah tiga pebulu tangkis tersebut? Berikut daftar lengkapnya.

1. Ester Nurumi Tri Wardoyo ke semifinal usai mengalahkan Komang Ayu Cahya Dewi

3 Pebulu Tangkis Indonesia Melenggang ke Semifinal Australia Open 2024Ester Nurumi Tri Wardoyo (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Ester Nurumi Tri Wardoyo menjadi pebulu tangkis Indonesia pertama yang melenggang ke semifinal Australia Open 2024. Tunggal putri nomor dua Indonesia ini memastikan diri usai memenangi laga derbi kontra Komang Ayu Cahya Dewi pada perempat final. Ia menang dalam laga dua set yang berlangsung selama 42 menit dengan skor 21-18 dan 21-15. Kemenangan ini membuat Ester kian unggul dalam rekor pertemuannya atas Komang dengan 3-1.

Selanjutnya, Ester akan berjumpa dengan unggulan pada semifinal. Ia dijadwalkan berhadapan dengan unggulan ketiga asal Taiwan, Pai Yu Po. Ia belum pernah bertemu dengan Pai Yu Po sebeumnya. Dari segi peringkat, sang lawan lebih unggul karena duduk di peringkat 29 dunia sekaligus menjadi unggulan ke-3. Sementara itu, Ester duduk di peringkat 31 dunia dan menyandang predikat sebagai unggulan ke-7.

2. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mulus ke semifinal dengan mengalahkan wakil tuan rumah

3 Pebulu Tangkis Indonesia Melenggang ke Semifinal Australia Open 2024Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (pbsi.id)

Pebulu tangkis Indonesia kedua yang melenggang ke semifinal Australia Open 2024 adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dari sektor ganda putra. Duet yang diunggulkan di urutan kedua ini ke semifinal setelah memenangkan laga perempat final kontra wakil tuan rumah. Mereka menang mudah atas ganda putra Australia berdarah Indonesia, Pramudya Kusumawardhana/Andika Ramadiansyah, dengan skor 21-14 dan 21-17 dalam waktu 27 menit. Ini menjadi kemenangan pertama pada pertemuan pertama mereka dengan wakil Australia yang baru dipasangkan tersebut.

Pada semifinal, The Daddies akan bersua dengan ganda putra nonunggulan asal Taiwan, Chen Zhi Ray/Lin Yu Chieh. Sebelumnya, mereka belum pernah bertemu dengan ganda putra peringkat 143 tersebut. Meski unggul dalam peringkat dan pengalaman, The Daddies perlu waspada karena mereka sudah mengalahkan dua unggulan di turnamen ini. Pada babak pertama, mereka menang dari unggulan kedelapan asal Thailand, Pongsakorn Thongkham/Wongsathorn Thongkham. Kemudian mereka kembali menaklukkan unggulan pada perempat final dengan mengalahkan unggulan keempat asal Malaysia, Junaidi Arif/Roy King Yap.

3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga ke semifinal dengan menumbangkan wakil tuan rumah

3 Pebulu Tangkis Indonesia Melenggang ke Semifinal Australia Open 2024Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (pbsi.id)

Terakhir, pebulu tangkis Indonesia yang melenggang ke semifinal Australia Open 2024 adalah Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dari sektor ganda putri. Unggulan kedua ini memastikan tiket ke semifinal selepas menumbangkan wakil tuan rumah pada perempat final. Mereka menang dengan skor 21-15 dan 21-13 dalam waktu 34 menit atas Kaitlyn Ea/Gronya Somerville. Kemenangan ini merupakan kemenangan pertama mereka atas ganda putri peringkat 60 dunia tersebut.

Berikutnya, pada semifinal, Febriana/Amalia kembali bersua wakil tuan rumah. Kali ini, mereka dihadapkan dengan Setyana Mapasa/Agela Yu yang diunggulkan di posisi keempat. Meski lebih diunggulkan dari segi peringkat, Febriana/Amalia justru tertinggal 0-1 dari segi rekor pertemuan. Mereka pernah kalah dari ganda putri terbaik Australia tersebut saat bertemu untuk pertama kali di Swiss Open 2024. Kala itu, mereka kalah tiga set pada babak kedua dengan skor 21-23, 21-13, dan 17-21.

Sangat disayangkan, dua pebulu tangkis Indonesia lainnya yang tampil di perempat final gagal meraih kemenangan dan melaju ke semifinal. Dua pebulu tangkis tersebut adalah Putri Kusuma Wardani dan Komang Ayu Cahya Dewi yang sama-sama berasal dari sektor tunggal putri. Putri gagal ke semifinal setelah kalah dari Aya Ohori asal Jepang yang diunggulkan di posisi kedua. Sementara itu, Komang harus terhenti setelah gagal memenangi laga derbi kontra Ester Nurumi Tri Wardoyo.

Baca Juga: Profil Ester Nurumi Tri Wardoyo, Atlet Badminton Indonesia

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya