6 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca-Malaysia Masters 2023

Kebanyakan dari mereka adalah pemain putra

Pada Selasa (30/5/2023), Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memperbarui peringkat bulu tangkis dunia. Dalam peringkat terbaru tersebut, salah satu poin yang dimasukkan adalah poin dari turnamen Malaysia Masters 2023.

Dari 23 wakil Indonesia yang mengikuti Malaysia Masters 2023, tak banyak yang mengalami kenaikan peringkat. Tercatat, hanya ada enam pemain Indonesia yang mengalami kenaikan peringkat pasca turnamen super 500 ini digelar. Berikut daftar lengkapnya.

1. Jonatan Christie

6 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca-Malaysia Masters 2023Jonatan Christie (pbsi.id)

Jonatan Christie mencatatkan kenaikan peringkat usai Malaysia Masters 2023. Meski terhenti di babak kedua, peringkat pemain yang akrab disapa Jojo ini tetap mengalami peningkatan. Saat ini Jojo naik satu tingkat ke urutan enam dunia dengan total 69.121 poin. Sebelumnya, Jojo berada di peringkat tujuh dunia.

2. Christian Adinata

6 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca-Malaysia Masters 2023Christian Adinata (pbsi.id)

Selain Jojo, tunggal putra Christian Adinata juga mengalami kenaikan peringkat. Saat ini, Adinata resmi menduduki peringkat 37 dunia dengan total poin 29.560. Ini merupakan peringkat tertinggi Adinata selama berkarier. Sebelumnya, di Malaysia Masters 2023, Adinata yang bermain dari babak kualifikasi sukses menembus babak semifinal. Langkahnya terhenti karena mengalami cedera saat berlaga menghadapi wakil India, Prannoy HS.

Baca Juga: Cedera Lutut Christian Adinata Ternyata Parah

3. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

6 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca-Malaysia Masters 2023Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (pbsi.id)

Mantan ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, juga menunjukkan kenaikan peringkat. Pekan ini, peringkat Marcus/Kevin naik satu tingkat ke urutan 17 dunia dengan 50.003 poin. Marcus/Kevin sendiri terhenti di babak kedua Malaysia Masters 2023. Mereka kalah dari ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

4. Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

6 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca-Malaysia Masters 2023Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (pbsi.id)

Masih dari sektor ganda putra, pasangan Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan juga naik peringkatnya. Juara Asia 2022 ini resmi bertengger di peringkat 29 dunia dengan 35.775 poin. Sebelumnya, mereka berada di peringkat 32 dunia. Di Malaysia Masters 2023 sendiri, Pramudya/Yeremia langsung tumbang di babak pertama. Mereka kalah dari unggulan kedua tuan rumah, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

5. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

6 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca-Malaysia Masters 2023Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (pbsi.id)

Dari sektor ganda campuran, pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja turut mengalami peningkatan peringkat. Dejan/Gloria yang sebelumnya berada di peringkat 15 dunia kini berada di peringkat 14 dunia dengan 53.636 poin. Ini merupakan peringkat terbaik Dejan/Gloria sejak dipasangkan pada 2022 lalu.

6. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

6 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca-Malaysia Masters 2023Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti (bwfbadminton.com)

Satu lagi ganda campuran Indonesia yang naik peringkat pasca-Malaysia Masters 2023 adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Ganda campuran binaan PB Djarum ini naik enam tingkat ke urutan 34 dunia dengan 32.390 poin. Sebelumnya, di Malaysia Masters 2023, Praveen/Melati dihentikan oleh Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin dari China di babak kedua.

Setelah Malaysia Masters 2023, turnamen bulu tangkis dunia akan berlanjut ke Thailand Open 2023. Kebanyakan dari lima pemain di atas tak mengikuti Thailand Open 2023. Akankah peringkat mereka akan turun pekan depan?

Baca Juga: 8 Pemain Nonunggulan ke Semifinal Malaysia Masters 2023, Ada Indonesia

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya