6 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai Singapore Open

The Daddies jadi yang paling terakhir di tahun 2018

Ajang Singapore Open 2022 sudah mulai diselenggarakan. Tahun ini, Singapore Open dihelat mulai tanggal 12 hingga 17 Juli 2022 di Singapore Indoor Stadium, Singapura.

Sepanjang gelaran Singapore Open, Indonesia menjadi negara dengan raihan gelar juara terbanyak. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, tak banyak pebulu tangkis Indonesia yang sukses jadi juara di turnamen ini. 

Tercatat, dalam enam edisi terakhir Singapore Open, Indonesia hanya mampu memboyong enam gelar juara. Berikut daftar keenam pebulu tangkis Indonesia terakhir yang sukses menjuarai Singapore Open.

1. Simon Santoso (2014)

6 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai Singapore OpenSimon Santoso (pbdjarum.org)

Simon Santoso tampil mengejutkan di Singapore Open 2014. Merangkak dari babak kualifikasi, Simon sukses menyingkirkan para unggulan dan menyabet gelar juara di sektor tunggal putra.

Simon mengalahkan dua pemain unggulan secara beruntun di babak semifinal dan final. Pada babak semifinal, Simon menang rubber game dari unggulan kelima asal China, Du Pengyu. Di laga puncak, Simon menumbangkan unggulan pertama dari Malaysia, Lee Chong Wei, dengan skor 21-15 dan 21-10.

2. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (2014)

6 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai Singapore OpenTontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (pbdjarum.org)

Selain Simon, ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga menyabet gelar juara di Singapore Open 2014. Pasangan dengan julukan Owi/Butet ini diunggulkan di posisi pertama kala itu.

Owi/Butet merengkuh gelar juara usai memenangkan laga perang saudara kontra Riky Widianto/Richi Puspita Dili. Owi/Butet menang dua gim langsung dengan 21-15 dan 22-20 dalam waktu 43 menit. Selepas Owi/Butet, belum ada lagi ganda campuran Indonesia yang naik di podium tertinggi Singapore Open.

Baca Juga: Deretan Juara Bertahan Singapore Open, Dikuasai Wakil Jepang!

3. Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi (2015)

6 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai Singapore OpenAngga Pratama/Ricky Karanda Suwardi (pbdjarum.org)

Pada edisi Singapore Open 2015, Indonesia merebut satu gelar juara dari sektor ganda putra. Gelar tersebut diraih oleh Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang saat itu berstatus sebagai pemain non unggulan.

Angga/Ricky berhasil memulangkan tiga ganda putra unggulan di turnamen ini. Salah satunya adalah unggulan kelima, Fu Haifeng/Zhang Nan, dari China yang mereka tumbangkan di laga pamungkas. Di partai puncak kala itu, Angga/Ricky menang rubber game dengan skor 21-15, 11-21, dan 21-14.

4. Sony Dwi Kuncoro (2016)

6 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai Singapore OpenSony Dwi Kuncoro (pbdjarum.org)

Tunggal putra Indonesia kembali naik ke podium tertinggi di Singapore Open 2016 lewat perjuangan Sony Dwi Kuncoro. Sama seperti Simon di tahun 2014, Sony juga menjadi juara setelah berjuang sejak babak kualifikasi.

Banyaknya pemain unggulan yang tumbang di babak awal mempermudah jalan Sony untuk meraih gelar juara. Di laga pamungkas, Sony menang tiga set dengan skor 21-16, 13-21, dan 21-14 atas wakil Korea Selatan, Son Wan Ho. Setelah Sony, belum ada lagi tunggal putra Indonesia yang mampu menjuarai Singapore Open.

5. Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii (2016)

6 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai Singapore OpenNitya Krishinda Maheswari dan Greysia Polii (pbdjarum.org)

Indonesia juga meraih satu gelar lain di Singapore Open 2016 dari sektor ganda putri yang diwakili oleh Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii. Saat itu, Nitya/Greysia diunggulkan di posisi kedua untuk meraih gelar juara.

Nitya/Greysia merebut gelar juara tanpa mengeluarkan keringat di partai final. Pasalnya, kala itu lawan yang mereka hadapi di babak final, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dari Jepang, memutuskan untuk mundur. Belum ada lagi ganda putri Indonesia yang mampu menyamai prestasi di Singapore Open pasca Nitya/Greysia.

6. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2018)

6 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Menjuarai Singapore OpenMohammad Ahsan dan Hendra Setiawan di podium Singapore Open 2018 (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Setelah pulang tanpa gelar juara di Singapore Open 2017, Indonesia kembali merengkuh gelar juara di Singapore Open 2018 lewat aksi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Ahsan/Hendra jadi unggulan kelima sektor ganda putra saat itu.

Saat itu, pasangan dengan julukan The Daddies ini tampil tanpa celah. Sejak babak pertama hingga partai final, mereka tak kecolongan satu gim pun dari lawannya. The Daddies memastikan gelar juara usai membungkam wakil China, Ou Xuan Yi/Ren Xiang Yu, di partai puncak dengan skor 21-13 dan 21-19.

Sayangnya, setelah gelar juara The Daddies di tahun 2018, belum ada lagi pemain Indonesia yang mampu menjuarai Singapore Open. Mampukah skuad Indonesia di memutus catatan buruk ini di Singapore Open 2022?

Baca Juga: Rapor Pemain Indonesia di Hari Pertama Singapore Open 2022

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya