5 Pebulu Tangkis yang Puncaki Peringkat Race to World Tour Finals 2023

Salahnya satunya adalah pebulu tangkis Indonesia, lho!

Selain rutin memperbarui peringkat bulu tangkis dunia setiap minggunya, BWF juga rutin memperbarui peringkat Race to World Tour Finals. Peringkat Race to World Tour Finals sendiri merupakan acuan untuk menyeleksi para pebulu tangkis dunia yang akan tampil di turnamen tutup tahun, BWF World Tour Finals 2023 pada bulan Desember mendatang.

Sistem poin dalam peringkat ini tak jauh berbeda dengan peringkat dunia. Pembedanya adalah dalam dari peringkat ini yang dihitung hanya poin dari turnamen World Tour saja sehingga poin dari turnamen lainnya, seperti Sudirman Cup, Kejuaraan Kontinental, hingga Kejuaraan Dunia tak akan dihitung. Sistem ini memungkinkan setiap pemain memiliki peringkat yang berbeda antara peringkat dunia dengan Race to World Tour Finals.

Pada, Selasa (30/5/2023), peringkat Race to World Tour Finals 2023 memasuki minggu ke-22. Persaingan untuk memperebutkan tiket World Tour Finals sudah semakin terlihat. Lima pemain berikut ini berhasil memuncaki rangking Race to World Tour Finals 2023 untuk sementara waktu. Siapa saja mereka?

1. Tunggal putra: Kenta Nishimoto (Jepang)

5 Pebulu Tangkis yang Puncaki Peringkat Race to World Tour Finals 2023Kenta Nishimoto (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Bukan Viktor Axelsen, pemuncak peringkat Race to World Tour Finals 2023 di sektor tunggal putra adalah pemain Jepang, Kenta Nishimoto. Pemain berusia 28 tahun ini menduduki peringkat satu Race to World Tour Finals 2023 dengan jumlah poin 40.150. Jumlah tersebut berselisih 760 poin saja dari tunggal putra China, Li Shi Feng, yang berada di peringkat kedua. Kenta sendiri sudah merebut satu gelar juara tahun ini di Spain Masters 2023. Poin kemenangan turnamen tersebut menjadi penyumbang terbesar jumlah poin Kenta saat ini.

Baca Juga: 5 Perbedaan BWF World Tour Finals dan World Championship

2. Tunggal putri: An Se Young (Korea Selatan)

5 Pebulu Tangkis yang Puncaki Peringkat Race to World Tour Finals 2023An Se Young (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Di sektor tunggal putri, andalan Korea Selatan, An Se Young, menjadi pemuncak Race to World Tour Finals 2023. An bertengger di peringkat pertama dengan total poin 48.350. Jumlah tersebut lebih banyak 2.400 poin dari Akane Yamaguchi, tunggal putri Jepang yang berada di urutan kedua. An sendiri konsisten mencapai  babak final di setiap turnamen yang ia ikuti sehingga tak heran jika ia berhasil memuncaki daftar peringkat ini.

3. Ganda putra: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Indonesia)

5 Pebulu Tangkis yang Puncaki Peringkat Race to World Tour Finals 2023Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (pbsi.id)

Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga memuncaki peringkat Race to World Tour Finals 2023. Juara Dunia Junior 2019 ini memimpin peringkat ganda putra dengan total 44.920 poin. Jumlah poin Leo/Daniel hanya berbeda 2.110 poin dengan kompatriotnya yang duduk di peringkat kedua, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Leo/Daniel sudah mengantongi dua gelar juara sejauh ini. Dua gelar tersebut diraih di Indonesia Masters 2023 dan Thailand Masters 2023.

4. Ganda putri: Baek Ha Na/Lee So Hee (Korea Selatan)

5 Pebulu Tangkis yang Puncaki Peringkat Race to World Tour Finals 2023Baek Ha Na/Lee So Hee (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Wakil Korea juga memuncaki peringkat Race to World Tour Finals 2023 di sektor ganda putri. Pasangan Baek Ha Na/Lee So Hee bercokol di peringkat pertama dengan 45.750 poin. Jumlah tersebut jauh di atas pasangan China, Li Wen Mei/Liu Xuan Xuan yang berada di urutan kedua dengan total 35.480 poin. Tak mengherankan jika ganda putri Korea Selatan ini menduduki peringkat pertama. Pasalnya, penampilan mereka semakin menanjak di setiap turnamen World Tour yang mereka ikuti sejauh ini.

5. Ganda campuran: Seo Seung Jae/Chae Yu Jung (Korea Selatan)

5 Pebulu Tangkis yang Puncaki Peringkat Race to World Tour Finals 2023Seo Seung Jae/Chae Yu Jung (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Tak cukup di sektor tunggal putri dan ganda putri saja, wakil Korea Selatan juga menjadi pemuncak peringkat di sektor ganda campuran. Di sektor ini, pasangan Seo Seung Jae/Chae Yu Jung menjadi pemuncak dengan total poin 40.190. Jumlah tersebut hanya terpaut 2.600 poin dari Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang berada di peringkat kedua. Seo/Chae sendiri belum meraih gelar tahun ini. Namun, konsisten mereka mencapai babak akhir di setiap turnamen World Tour membawa mereka ke peringkat pertama.

Posisi lima pemain di atas masih bisa berubah sewaktu-waktu. Jika meraih hasil yang tak konsisten selama turnamen World Tour tersisa, besar kemungkinan posisi mereka akan tergeser. 

Baca Juga: 7 Pebulu Tangkis Indonesia Masuk Top 10 Peringkat BWF, Ada Jorji!

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya