3 Pemain Indonesia yang Menjuarai Malaysia Masters Lebih dari Sekali

Seluruhnya dari sektor ganda

Malaysia Masters 2023 menjadi turnamen world tour pertama yang digelar bulan ini. Turnamen berkategori super 500 ini akan berlangsung pada 23--28 Mei 2023 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia.

Malaysia Masters sendiri sudah ada sejak tahun 2009. Namun, pada awalnya turnamen ini bernama Malaysia Open dan baru berganti nama menjadi Malaysia Masters mulai tahun 2015. 

Prestasi pemain Indonesia di turnamen ini cukup mengesankan. Total Indonesia sudah meraih 13 gelar juara sepanjang keikutsertaannya. Menariknya, terdapat beberapa pemain yang meraih gelar juara Malaysia Masters lebih dari sekali. Penasaran siapa saja mereka? Berikut daftar lengkapnya.

1. Liliyana Natsir

3 Pemain Indonesia yang Menjuarai Malaysia Masters Lebih dari SekaliTontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (bwfbadminton.com)

Liliyana Natsir menjadi satu-satunya pebulu tangkis putri Indonesia yang menjuarai Malaysia Masters lebih dari sekali. Liliyana merebut gelar Malaysia Masters di sektor ganda campuran dengan dua pasangan yang berbeda. Menariknya, dua gelar tersebut diraih dalam dua tahun tahun beruntun.

Gelar Malaysia Masters pertama Liliyana diraih pada tahun 2010. Kala itu Liliyana naik podium tertinggi bersama Devin Lahardi Fitriawan. Setahun berselang, Liliyana meraih titel Malaysia Masters keduanya bersama Tontowi Ahmad.

2. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

3 Pemain Indonesia yang Menjuarai Malaysia Masters Lebih dari SekaliMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo juga meraih gelar Malaysia Masters lebih dari sekali. Duet berjuluk The Minions ini meraih gelar tersebut untuk pertama kalinya pada tahun 2016. Pada edisi tersebut, The Minions merebut gelar juara usai mengalahkan wakil tuan rumah, Kien Keat Koo/Tan Boon Heong, pada partai final dengan skor 18-21, 21-13, dan 21-18.

Tiga tahun berselang, The Minions kembali menjuarai Malaysia Masters. Pada edisi tersebut, mereka merengkuh gelar juara dengan mengalahkan wakil tuan rumah, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. The Minions menang dua set langsung dengan skor 21-15 dan 21-16.

3. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

3 Pemain Indonesia yang Menjuarai Malaysia Masters Lebih dari SekaliFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Selain The Minions, dari sektor ganda putra, pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga menjadi juara di Malaysia Masters lebih dari sekali. Gelar Malaysia Masters pertama Fajar/Rian diraih pada tahun 2018 dengan mengalahkan wakil tuan rumah, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, pada babak final. Kala itu, Fajar/Rian menang lewat pertandingan tiga set dengan skor 14-21, 24-22, dan 21-13.

Gelar Malaysia Masters kedua Fajar/Rian direbut pada tahun 2022 lalu. Pada edisi tersebut, Fajar/Rian menjadi juara dengan menaklukkan rekan senegaranya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, pada partai final. Fajar/Rian menang dua set langsung dengan skor 21-12 dan 21-19.

Marcus/Kevin dan Fajar/Rian memiliki peluang untuk menambah gelarnya. Pasalnya, kedua ganda putra ini terdaftar sebagai peserta di Malaysia Masters 2023. Akankah salah satu dari mereka bertambah gelarnya tahun ini?

Baca Juga: 9 Ide Outfit Kasual dan Formal ala Pebulu Tangkis Fajar Alfian, Kece!

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya