6 Pemain Kualifikasi yang Melaju Terjauh di Indonesia Masters 2023

Ada yang tembus final!

Gelaran Indonesia Masters 2023 telah resmi berakhir. China berhasil keluar sebagai juara umum dengan raihan 2 gelar juara dan 3 runner-up. Disusul Indonesia sebagai tuan rumah yang berhasil merebut 2 gelar juara dan 1 runner-up. Sementara, di posisi ketiga ada Korea Selatan dengan 1 gelar juara.

Absennya beberapa pemain top dunia membuat Indonesia Masters tahun ini menyajikan banyak kejutan. Salah satunya adalah para pemain kualifikasi yang berhasil melangkah jauh di turnamen BWF Super 500 ini. Meski memulai laga dari babak kualifikasi, para pemain ini mampu unjuk gigi saat bertanding di babak utama.

Berikut daftar enam pemain kualifikasi yang melaju paling jauh di Indonesia Masters 2023.

1. Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China)

6 Pemain Kualifikasi yang Melaju Terjauh di Indonesia Masters 2023Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (weibo/BWF)

Ganda campuran China, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin, menjadi pemain kualifikasi dengan pencapaian terbaik di Indonesia Masters 2023. Pasangan muda China ini sukses menembus final meski mengawali laga dari kualifikasi.

Sayangnya, asa Jiang/Wei merebut gelar World Tour pertamanya pupus usai kalah dari rekan senegaranya di partai final. Jiang/Wei kalah tipis dengan skor 15-21, 21-16, dan 19-21 saat berhadapan dengan Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping di final.

2. Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (Indonesia)

6 Pemain Kualifikasi yang Melaju Terjauh di Indonesia Masters 2023Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (pbsi.id)

Masih dari sektor ganda campuran, kali ini ada pemain kualifikasi tuan rumah, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata. Jafar/Aisyah yang sebelumnya hanya menjadi pemain pengganti berhasil melaju jauh hingga ke perempat final.

Langkah Jafar/Aisyah berhenti di perempat final usai menelan kekalahan dari ganda campuran China, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping. Jafar/Aisyah kalah dalam pertarungan dua set yang berlangsung selama 41 menit dengan skor 13-21 dan 13-21.

3. Putri Kusuma Wardani (Indonesia)

6 Pemain Kualifikasi yang Melaju Terjauh di Indonesia Masters 2023Putri Kusuma Wardani (bwfbadminton.com)

Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, juga memulai laga dari kualifikasi di Indonesia Masters 2023. Sama seperti Jafar/Aisyah, Putri sebelumnya juga merupakan pemain yang berada di daftar tunggu.

Langkah Putri di Indonesia Masters tahun ini hanya sampai babak 16 besar. Putri tersingkir usai dikalahkan oleh unggulan ketiga dari Korea Selatan, An Se Young, yang akhirnya keluar sebagai juara. Putri kalah dengan skor 21-18, 7-21, dan 10-21.

Baca Juga: 6 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat usai Indonesia Masters 2023

4. Chang Ko Chi/Po Li Wei (Taiwan)

6 Pemain Kualifikasi yang Melaju Terjauh di Indonesia Masters 2023Chang Ko Chi/Po Li Wei (taipeitimes.com)

Dari sektor ganda putra, ada satu pasangan yang masuk jajaran pemain kualifikasi yang melaju paling jauh di Indonesia Masters 2023. Mereka adalah ganda putra Taiwan, Chang Ko Chi/Po Li Wei, yang berhasil mencapai babak 16 besar.

Usai mengalahkan ganda putra Prancis di babak 32 besar, Chang/Po harus menelan kekalahan di babak 16 besar dari unggulan pertama tuan rumah, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Chang/Po tumbang dalam pertandingan tiga set dengan skor 21-13, 9-21, dan 14-21. 

5. Hu Ling Fang/Lin Xiao Min (Taiwan)

6 Pemain Kualifikasi yang Melaju Terjauh di Indonesia Masters 2023Hu Ling Fang/Lin Xiao Min (instagram.com/victorsport_taiwan)

Di sektor ganda putri, pasangan Hu Ling Fang/Lin Xiao Min dari Taiwan juga masuk dalam daftar ini. Merangkak dari babak kualifikasi, Hu/Lin sukses menembus babak 16 besar turnamen BWF Super 500 ini.

Langkah Hu/Lin dihentikan oleh ganda putri unggulan ketujuh dari Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Hu/Lin kandas dua set langsung dengan skor 20-22 dan 16-21 dalam waktu pertandingan 47 menit.

6. Ties Van Der Lecq/Debora Jille (Belanda)

6 Pemain Kualifikasi yang Melaju Terjauh di Indonesia Masters 2023Ties Van Der Lecq/Debora Jille (instagram.com/badmintonnld)

Nama terakhir dari daftar pemain kualifikasi yang melaju paling jauh di Indonesia Masters 2023 adalah ganda campuran Belanda, Ties Van Der Lecq/Debora Jille. Ganda campuran nomor dua Belanda ini sukses menapaki babak 16 besar.

Ties/Debora terhenti langkahnya usai dikalahkan oleh ganda campuran baru China, Wang Yi Lyu/Du Yue. Dalam laga tersebut, Ties/Debora tunduk dua set langsung dengan skor 18-21 dan 20-22 dalam waktu pertandingan 39 menit.

Performa enam pemain kualifikasi di atas cukup mengejutkan di Indonesia Open 2023. Meski menelan kekalahan, mereka mampu memberikan perlawanan yang berarti untuk lawannya. Semoga kejutan mereka tak berhenti di Indonesia Masters 2023 ini saja, ya!

Baca Juga: Faktor Pendukung Indonesia Merebut Juara pada Indonesia Masters 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya