6 Pemain Non-Unggulan Tembus Semi Final BAC 2022, Buktikan Diri

Chico hingga PraYer buktikan mereka layak diperhitungkan

Badminton Asia Championship (BAC) 2022 atau Kejuaraan Asia 2022 menghadirkan beberapa kejutan. Sejak babak pertama, banyak sekali pemain non-unggulan yang secara mengejutkan tampil luar biasa dengan mengalahkan pemain top dunia.

Hingga babak perempat final kemarin, Jumat (29/4/2022), ada enam pemain non-unggulan yang berhasil memenangkan laga dan memastikan diri lolos ke babak semi final. Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. Wang Zhi Yi (China)

6 Pemain Non-Unggulan Tembus Semi Final BAC 2022, Buktikan Diripotret Wang Zhi Yi (olympics.bwfbadminton.com)

Wang Zhi Yi jadi pemain non-unggulan pertama yang memastikan diri ke babak semifinal Kejuaraan Asia 2022. Tunggal putri andalan China ini ke semi final usai menaklukkan wakil Taiwan, Wen Chi Hsu, di babak perempat final dengan skor 21-19 dan 21-9.

Zhi Yi menghadapi unggulan kedua dari Korea, An Se Young, di babak semi final. Dari segi head to head, Zhi Yi tertinggal 0-3 dari An Se Young. Pertemuan terakhir kedua pemain ini terjadi di Kejuaraan Dunia 2021 bulan Desember lalu.

2. Chico Aura Dwi Wardoyo (Indonesia)

6 Pemain Non-Unggulan Tembus Semi Final BAC 2022, Buktikan Diripotret Chico Aura Dwi Wardoyo (pbsi.id)

Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi pemain non-unggulan selanjutnya yang melesat ke babak semi final Kejuaraan Asia 2022. Menang dari wakil China, Li Shi Feng, di babak perempat final membuat tunggal putra peringkat 52 ini lolos ke semi final.

Unggulan keempat, sekaligus rekan senegaranya, Jonatan Christie, menjadi lawan Chico di babak semi final. Jojo unggul 1-0 secara head to head dari Chico. Kedua tunggal putra ini terakhir bertemu di turnamen Indonesia Open 2021, dimana Chico kalah dengan skor 11-21 dan 12-21.

Baca Juga: [BREAKING] Ketat! Pramudya/Yeremia Lolos ke Final Kejuaraan Asia 2022

3. Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Indonesia)

6 Pemain Non-Unggulan Tembus Semi Final BAC 2022, Buktikan Diripotret Pramudya Kusumawardhana dan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (instgaram.com/badmintonasia.official)

Ganda putra non-unggulan Indonesia juga berhasil membuat kejutan dengan lolos ke babak semi final Kejuaraan Asia 2022. Mereka adalah Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang mengalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari Jepang di babak perempat final.

Pram/Yere menang dari Hoki/Kobayashi di babak perempat final dengan skor 21-15, 19-21, dan 21-19. Di babak semi final, Pram/Yere menantang unggulan keempat, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Rekor pertemuan kedua ganda putra inj adalah 1-0 untuk keunggulan Pram/Yere.

4. Du Yue/Li Wen Mei (China)

6 Pemain Non-Unggulan Tembus Semi Final BAC 2022, Buktikan Diripotret Du Yue/Li Wen Mei (instagram.com/badmintonasia.official)

Beralih ke sektor ganda putri, ada duet Du Yue/Li Wen Mei yang sukses menembus semi final Kejuaraan Asia 2022. Ganda putri non-unggulan asal China ini ke semifinal usai menaklukkan wakil Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, dengan skor 21-10 dan 21-12.

Du Yue/Wen Mei akan berebut tiket ke babak final dengan unggulan pertama sekaligus rekan mereka sendiri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Belum ada catatan rekor pertemuan dari kedua ganda putri Negeri Tirai Bambu ini.

5. Rin Iwanaga/Kie Nakanishi (Jepang)

6 Pemain Non-Unggulan Tembus Semi Final BAC 2022, Buktikan Diripotret Rin Iwanaga/Kie Nakanishi (instagram.com/badmintonasia.official)

Masih dari sektor ganda putri, ada pasangan Rin Iwanaga/Kie Nakanishi asal Jepang yang juga ke semi final Kejuaraan Asia 2022. Membungkam unggulan kedua asal Korea, Lee So Hee/Shin Seung Chan, dengan skor 21-23, 21-15, dan 21-15, membuat Rin/Kie lolos ke semi final.

Ganda putri Jepang lainnya yang merupakan unggulan keempat, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, menjadi lawan Rin/Kie di babak empat besar. Meskipun berasal dari negara yang sama, kedua ganda putri ini belum pernah bersua di kejuaraan sebelumnya.

6. Weng Hong Yang (China)

6 Pemain Non-Unggulan Tembus Semi Final BAC 2022, Buktikan Diripotret Weng Hong Yang (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Terakhir, ada tunggal putra andalan China, Weng Hong Yang. Weng melenggang ke babak semi final setelah menundukkan unggulan kedua asal Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, lewat pertarungan rubber game dengan skor 21-13, 16-21, dan 21-11.

Selanjutnya, Weng berhadapan dengan Lee Zii Jia dari Malaysia yang menyandang predikat sebagai unggulan ketiga di babak semi final. Di turnamen sebelumnya, Weng dan Lee belum pernah saling berhadapan.

Sederet pemain non-unggulan tersebut mulai buktikan kemampuan mereka layak untuk diperhitungkan. Mampukah kelima pemain ini meraih gelar juara Kejuaraan Asia 2022?

Baca Juga: [BREAKING] Cedera, Praveen/Melati Mundur dari Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya