Perjalanan China Menjuarai Piala Sudirman 2023, Sabet Gelar ke-13!

Nyaris kalah di semifinal

China kembali merebut trofi Piala Sudirman 2023. Ini menjadi gelar ke-13 serta gelar ketiga secara beruntun China di turnamen bulu tangkis beregu campuran tersebut. China memastikan gelar juara usai membungkam Korea Selatan pada partai final.

Tentu bukan perkara mudah bagi China untuk meraih gelar Piala Sudirman ke-13 mereka. Dalam perjalanannya meraih gelar juara Piala Sudirman 2023, China nyaris saja tumbang di semifinal. Seperti apa perjalanan China merebut gelar Piala Sudirman 2023?

1. Sapu bersih tiga laga di fase grup

Perjalanan China Menjuarai Piala Sudirman 2023, Sabet Gelar ke-13!Chen Yu Fei (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

China tergabung dalam Grup A bersama Denmark, Singapura, dan Mesir. Unggulan pertama ini sukses menyapu bersih tiga laga di fase grup dengan kemenangan. Hebatnya lagi, China tak kehilangan satu poin sekalipun selama berlaga di fase grup. Mereka selalu meraih kemenangan dengan skor sempurna 5-0.

Saat menghadapi Mesir, China meraih kemenangan tanpa  kehilangan satu set sekalipun. Saat menghadapi Singapura, ganda putra menjadi satu-satunya sektor yang meraih kemenangan dengan tiga set. Sementara itu, saat menghadapi Denmark, tunggal putra dan ganda putra menjadi sektor yang meraih kemenangan dengan tiga set.

Baca Juga: Meski Kalah, Rinov/Gloria Tampil Impresif di Piala Sudirman 2023

2. Taklukan Indonesia di perempat final

Perjalanan China Menjuarai Piala Sudirman 2023, Sabet Gelar ke-13!Liu Yu Chen (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Keberhasilan China menyapu bersih laga di fase grup membuat mereka lolos ke perempat final sebagai juara grup. Pada babak tersebut, China secara otomatis berada pada plot paling atas dan dihadapkan dengan runner up grup lainnya, yakni Indonesia. Laga ini menjadi pertemuan pertama China dengan Indonesia dalam delapan tahun terakhir.

Pada laga ini, China yang menurunkan line up terbaiknya sukses meraih kemenangan 3-0. China langsung tancap gas di tiga laga pertama yang dimainkan. Poin yang diraih China disumbangkan dari sektor ganda campuran, tunggal putra, dan tunggal putri.

3. Nyaris kalah dari Jepang di semifinal

Perjalanan China Menjuarai Piala Sudirman 2023, Sabet Gelar ke-13!selebrasi Chen Qing Chen/Jia Yi Fan usai memastikan kemenangan dari Jepang di semifinal Piala Sudirman 2023 (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Tampil perkasa sejak fase grup tak menjamin langkah China akan mulus pada babak selanjutnya. Mereka nyaris saja tumbang di semifinal dari unggulan kedua, Jepang. Pada laga ini, China meraih kemenangan dengan skor tipis 3-2.

Sebelum memastikan kemenangan, China terlebih dahulu tertinggal 0-1 pada partai pembuka. Pada partai kedua, mereka sukses menyamakan kedudukan sebelum akhirnya gagal mengamankan partai ketiga dan tertinggal dengan 1-2. Posisi China pada saat tersebut sudah di ujung tanduk. Namun, berbekal mentalitas yang luar biasa, mereka mampu membalikkan keadaan dan menutup laga dengan kemenangan.

4. Bantai Korea Selatan di partai final

China menghadapi Korea Selatan pada partai pamungkas. Ini menjadi pertemuan pertama mereka di partai final sejak edisi 2017. Pada edisi tersebut, China harus menelan kekalahan dengan skor 2-3. Tentunya mereka ingin membalas kekalahan tersebut pada laga ini. Ditambah lagi, China tampil di hadapan publiknya sendiri. 

Ambisi tersebut bukan sekadar angan-angan saja. China sukses membalas kekalahannya dengan meraih kemenangan telak 3-0. Sektor ganda campuran, tunggal putra, dan tunggal putri menjadi penyumbang poin China pada laga ini.

Keberhasilan China menjuarai Piala Sudirman 2023 tak hanya didukung oleh skill yang mumpuni dari setiap pemainnya. Para pemain China juga memiliki mental yang luar biasa saat menghadapi sebuah pertandingan. Tentu hal ini pantas dijadikan contoh oleh negara lain.

Baca Juga: Indonesia Tersingkir di Piala Sudirman 2023, PBSI:  Kami Mohon Maaf

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya