Comscore Tracker

6 Fakta Sejarah Piala Sudirman, Dedikasi untuk Tokoh Indonesia

Tokoh tersebut adalah pebulu tangkis asal Indonesia, Dick Sudirman

Gelaran Piala Sudirman 2021 tengah berlangsung. Turnamen beregu campuran yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini akan dihelat di Vantaa, Finlandia pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang. Sebanyak 16 negara akan bersaing untuk meraih gelar juara di Piala Sudirman 2021. 

Namun, tahukah kamu, bahwa kejuaraan ini didedikasikan untuk tokoh asal Indonesia? Tidak sedikit orang yang berfikir bahwa penggunaan nama Sudirman diambil dari tokoh pahlawan nasional yaitu Jenderal Sudirman. Hal tersebut rupanya melenceng, karena nama Sudirman diambil dari tokoh bulu tangkis Indonesia, Dick Sudirman. Berikut sejarah singkatnya.

1. Asal muasal nama Sudirman

6 Fakta Sejarah Piala Sudirman, Dedikasi untuk Tokoh IndonesiaTrofi Piala Sudirman (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Piala Sudirman merupakan turnamen beregu campuran yang memainkan 5 nomor dari cabor bulu tangkis yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Dilansir laman resmi BWF, penggunaan nama Sudirman diambil dari salah satu tokoh bulu tangkis asal Indonesia yaitu Dick Sudirman. Dirinya adalah salah satu pendiri PBSI dan juga salah satu bagian dari Badminton Asia dan International Badminton Federation (sekarang BWF).

Dick Sudirman memiliki peran penting di balik berdirinya BWF. Dahulu kala, terdapat dua badan organisasi bulu tangkis dunia yaitu International Badminton Federation (IBF) dan World Badminton Federation (WBF).

Atas peran dari Dick Sudirman, kedua badan organisasi tersebut berhasil bersatu dan terbentuklah Badminton World Federation (BWF) hingga saat ini.

2. Tonggak awal berdirinya Piala Sudirman

6 Fakta Sejarah Piala Sudirman, Dedikasi untuk Tokoh IndonesiaTrofi Piala Sudirman (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Untuk mengenang jasa Dick Sudirman, pada tahun 1986 sepeninggal Dick Sudirman, Suharso Suhandinata yang merupakan teman dari Dick Sudirman mengirim surat kepada ketua IBF, Arthur Jones. 

Di dalam surat tersebut, Suharso Suhandinata menyarankan untuk menggelar sebuah kejuaraan yang bertujuan untuk mengenang jasa Dick Sudirman. Ide tersebut didiskusikan oleh IBF.

Setelah dirundingkan, ide tersebut disetujui pada tahun 1988 dan terbentuklah sebuah turnamen beregu campuran bernama Piala Sudirman yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali bersamaan dengan Kejuaraan Dunia.

3. Edisi perdana Piala Sudirman

6 Fakta Sejarah Piala Sudirman, Dedikasi untuk Tokoh IndonesiaTim Indonesia saat menjuarai edisi pertama Piala Sudirman 1989 (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Setelah mendapat restu dari IBF, pada tahun 1989 digelar sebuah turnamen beregu campuran yang bertajuk Piala Sudirman. Turnamen tersebut diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Stadion Gelora Bung Karno pada tanggal 24 hingga 29 Mei 1989.

Kejuaraan tersebut diikuti oleh 28 tim dari berbagai negara. Indonesia berhasil menjadi negara pertama yang meraih trofi Piala Sudirman setelah menundukkan Korea dengan skor tipis 3-2. 

Baca Juga: Line Up Indonesia vs Denmark di Piala Sudirman 2021

4. Bentuk trofi Piala Sudirman

6 Fakta Sejarah Piala Sudirman, Dedikasi untuk Tokoh IndonesiaTrofi Piala Sudirman (djarumbadminton.com)

Bentuk unik dari trofi Piala Sudirman ini dibuat oleh Masterix yang merupakan perusahaan asal Bandung, Jawa Barat. Trofi yang memiliki tinggi 80 cm ini terbuat dari perak yang berlapiskan emas 22 karat. 

Trofi ini berdiri kokoh diatas kayu jati yang berbentuk segi delapan. Badan cangkirnya berbentuk seperti shuttlecock, sementara tutupnya berbentuk Candi Borobudur yang merupakan ikon dari Indonesia.

Berbentuk seperti benang sari, gagang dari trofi ini melambangkan benih-benih bulu tangkis. Trofi ini dibuat dengan biaya USD 15.000 dan diserahkan kepada IBF pada bulan Mei 1989.

5. Negara tersukses di Piala Sudirman

6 Fakta Sejarah Piala Sudirman, Dedikasi untuk Tokoh IndonesiaTim China saat menjuarai Piala Sudirman 2019 (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Meskipun kejuaraan ini sudah berdiri sejak 32 tahun yang lalu, baru tiga negara yang berhasil meraih trofi Piala Sudirman. Indonesia menjadi yang pertama meraih trofi Piala Sudirman. Korea menjadi negara kedua yang berhasil memboyong Piala Sudirman.

China menjadi negara tersukses di Piala Sudirman. Hingga saat ini, China berhasil meraih trofi Piala Sudirman sebanyak 11 kali. China juga merupakan juara bertahan di Piala Sudirman tahun ini. 

6. Piala Sudirman 2021

6 Fakta Sejarah Piala Sudirman, Dedikasi untuk Tokoh IndonesiaPengundian grup Piala Sudirman 2021 (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Piala Sudirman 2021 menjadi edisi ke-17 penyelenggaraannya. Vantaa, Finlandia terpilih sebagai tuan rumah Piala Sudirman untuk pertama kalinya. Ini juga menjadi kali pertama Finlandia ditunjuk sebagai tuan rumah kejuaraan besar bulu tangkis dunia. 

Piala Sudirman 2021 akan diselenggarakan pada tanggal 26 September hingga 3 Oktober mendatang. Sebanyak 16 tim yang dibagi menjadi 4 grup akan bersaing untuk meraih trofi Piala Sudirman 2021.

Itulah sejarah singkat berdirinya Piala Sudirman. Di tahun ini, tim mana yang kamu favoritkan untuk meraih trofi Piala Sudirman 2021?

Baca Juga: Jadwal Indonesia di Piala Sudirman 29 September 2021

Kelfin Gilang Photo Writer Kelfin Gilang

Believe in yourself and you'll be unstoppable

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya