5 Unggulan yang Gagal Lewati Fase Grup World Tour Finals 2022

Ada yang finis sebagai juru kunci!

Diikuti oleh pemain top dunia membuat persaingan di BWF World Tour Finals 2022 semakin sengit. Meski baru mengakhiri babak fase grup, turnamen ini sudah menghadirkan beberapa kejutan.

Salah satunya adalah para pemain unggulan yang gagal melewati babak fase grup sekaligus tak lolos ke semifinal. Tercatat, ada sederet unggulan yang gagal melewati babak fase grup BWF World Tour Finals 2022. Berikut daftar lengkapnya.

1. Chou Tien Chen [2] (Taiwan)

5 Unggulan yang Gagal Lewati Fase Grup World Tour Finals 2022Chou Tien Chen (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Unggulan kedua tunggal putra asal Taiwan, Chou Tien Chen, menjadi unggulan pertama yang dipastikan gagal melewati babak fase grup. Chou yang menghuni Grup B kalah saing dengan Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia), Jonatan Christie (Indonesia), dan Loh Kean Yew (Singapura).

Chou finis di peringkat terbawah klasemen Grup B dengan tidak mengoleksi kemenangan sama sekali. Ini menjadi kali ketiga Chou gagal melewati babak fase grup World Tour Finals. Sebelumnya, ia juga gugur di babak fase grup World Tour Finals 2018 dan 2019.

2. Prannoy H. S. [3] (India)

5 Unggulan yang Gagal Lewati Fase Grup World Tour Finals 2022Prannoy H. S. (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Prannoy H. S. menjadi unggulan berikutnya yang gagal di fase grup World Tour Finals 2022. Diunggulkan di posisi ketiga, Prannoy justru menjadi juru kunci di klasemen akhir Grup A di bawah Viktor Axelsen (Denmark), Kodai Naraoka (Jepang), dan Lu Guang Zu (China).

Prannoy hanya sekali meraih kemenangan di babak fase grup saat menghadapi Viktor Axelsen. Tersingkirnya Prannoy juga membuat India tak lagi memiliki wakil di World Tour Finals 2022. 

Baca Juga: 5 Wakil Indonesia yang Tembus Semifinal BWF World Tour Finals 2022

3. An Se Young [4] (Korea Selatan)

5 Unggulan yang Gagal Lewati Fase Grup World Tour Finals 2022An Se Young (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Unggulan keempat sekaligus juara bertahan tunggal putri asal Korea Selatan, An Se Young, turut gagal melewati babak fase grup World Tour Finals 2022. An yang masuk dalam Grup A harus puas berada di posisi ketiga klasemen akhir dengan mengoleksi satu kemenangan saja.

Langkah An untuk lolos ke semifinal dihadang oleh Chen Yu Fei (China) dan Akane Yamaguchi (Jepang) yang keluar sebagai juara dan runner-up Grup A. Satu-satunya kemenangan yang diraih An di babak fase grup adalah kemenangan atas Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia).

4. Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping [3] (China)

5 Unggulan yang Gagal Lewati Fase Grup World Tour Finals 2022Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Unggulan ketiga ganda campuran, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dari China juga tak berhasil lewati babak fase grup World Tour Finals 2022. Peraih medali emas Olimpiade Tokyo ini harus undur diri usai finis di posisi ketiga klasemen akhir Grup B di bawah Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) dan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia).

Pada babak fase grup, Wang/Huang hanya mengoleksi satu kemenangan saat menghadapi Supak Jomkoh/Supisasra Paewsampran dari Thailand. Sementara, di dua laga lainnya Wang/Huang gagal merebut kemenangan. Ini menjadi pencapaian terburuk Wang/Huang di World Tour Finals.

5. Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie [4] (Malaysia)

5 Unggulan yang Gagal Lewati Fase Grup World Tour Finals 2022Goh Soon Huat/Lai S. Jemie (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Dari sektor ganda campuran, ada unggulan keempat dari Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie, yang gagal melewati babak fase grup World Tour Finals 2022. Goh/Lai sudah dua kali mengalami kekalahan. Pada laga terakhir di fase grup, Goh/Lai memutuskan untuk mundur karena mengalami cedera.

Mundurnya Goh/Lai membuat klasemen Grup A berubah. Seluruh laga yang dimainkan oleh Goh/Lai tidak dihitung hasilnya. Dengan kata lain, pasangan yang sebelumnya berhasil mengalahkan Goh/Lai, poin kemenangannya tidak dihitung dan tidak dimasukkan ke dalam klasemen.

Sangat disayangkan kelima unggulan di atas gagal ke semifinal BWF World Tour Finals 2022. Babak semifinal sendiri dilangsungkan hari ini, Sabtu (10/12/2022), di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand.

Baca Juga: Hendra/Ahsan Tembus Final BWF World Tour Finals 2022

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya