Comscore Tracker

7 Negara Padat Penduduk yang Belum Pernah Meraih Medali Emas Olimpiade

Tenang, bukan Indonesia, kok! #Tokyo2020 #IDNTimesSport

Olimpiade merupakan gelaran pesta olahraga 4 tahunan terbesar di dunia. Olimpiade Tokyo 2020 ini terasa sedikit berbeda lantaran dilaksanakan ditengah masa pandemi, sehingga tribun penonton pada setiap venue olahraga yang biasanya terisi penuh suporter dan riuh akan teriakan suporter menjadi sepi. Sebenarnya ajang ini seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020 tetapi harus molor setahun untuk menunggu covid-19 bisa dikendalikan oleh pemerintah Jepang.

Dalam Olimpiade musim panas kali ini, terdapat 205 negara yang berpartisipasi ditambah satu kontingen pengungsi. Dari banyaknya kontingen yang ikut ambil bagian di Olimpiade, ternyata terdapat fakta menarik dimana terdapat beberapa negara dengan populasi padat penduduk yang belum pernah meraih medali emas sepanjang sejarah keikutsertaanya di Olimpiade.

Seperti dilansir NBC Sports, berikut adalah daftar negara yang belum pernah meraih medali emas sepanjang sejarah Olimpiade mereka.

1. IRAK

7 Negara Padat Penduduk yang Belum Pernah Meraih Medali Emas Olimpiadeparade kontingen Iraq di Olimpiade Beijing 2008 (dok. olympics.com)

Berdasarkan data tahun 2019, jumlah penduduk negara Irak adalah 39,31 juta jiwa. Jumlah tersebut lebih tinggi dari Arab Saudi dan Suriah. Namun sepanjang sejarah keikutsertaan Irak di Olimpiade mereka hanya mampu mengumpulkan medali perunggu yang diraih dari cabang angkat besi pada Olimpiade Roma 1960. Saat ini Irak hanya mengirimkan 4 atletnya pada Olimpiade Tokyo 2020.

2. Sudan

7 Negara Padat Penduduk yang Belum Pernah Meraih Medali Emas Olimpiadeparade kontingen Sudan di Olimpiade Tokyo 2020 (dok. in1.me)

Sudan merupakan negara yang terletak di timur laut benua Afrika. Dengan populasi mencapai 42,81 juta jiwa pada tahun 2019, ternyata nasib mereka selaras dengan Irak yang hanya mengoleksi 1 medali perunggu sejauh ini.

Medali tersebut dipersembahkan oleh atlet mereka yang bernama Ismail Ahmed Ismail pada lari nomor 800m putra di Olimpiade Beijing 2008.

Baca Juga: Wejangan Sang Legenda untuk Jojo dan Ginting di Olimpiade Tokyo

3. Tanzania

7 Negara Padat Penduduk yang Belum Pernah Meraih Medali Emas Olimpiadeparade kontingen Tanzania di Olimpiade Beijing 2008 (dok. olympics.com)

Sedikit lebih baik dari Irak dan Sudan, Tanzania hanya mampu mengoleksi 2 medali sepanjang sejarah Olimpiade mereka. Dua medali tersebut didapatkan pada Olimpiade tahun 1980 yang berlangsung di Mokswa, Uni Soviet.

Suleiman Nyambui dari cabang olahraga lari nomor 5000m putra dan Filbert Bayi pada lari nomor 3000m putra menjadi penyumbang medali bagi Tanzania dengan sama-sama meraih perak.

4. Nigeria

7 Negara Padat Penduduk yang Belum Pernah Meraih Medali Emas Olimpiadetim basket Nigeria di Olimpiade Tokyo 2020 (sumber: twitter.com/MakingOfChamps)

Dengan populasi mencapai 201 juta jiwa menjadikan Nigeria sebagai salah satu negara terpadat di benua Afrika. Untuk urusan sepak bola, negara ini merupakan salah satu negara yang sering lolos ke putaran final Piala Dunia dan tercatat pernah menjuarai Piala Afrika.

Akan tetapi prestasi mereka di ranah sepak bola tidak sejalan dengan prestasi mereka di Olimpiade. Sejauh ini Nigeria hanya mampu mendapatkan 2 medali Olimpiade lewat Issaka Daborg di cabang olahraga tinju dengan medali perunggunya pada Olimpiade 1972 dan Abdoul Razak Issouf dengan medali perak di cabang olahraga taekwondo pada Olimpiade 2016.

5. Afghanistan

7 Negara Padat Penduduk yang Belum Pernah Meraih Medali Emas Olimpiadeparade kontingen Afghanistan di Olimpiade Tokyo 2020 (dok. yscpl.net)

Pada tahun 2019, tercatat jumlah penduduk negara Afghanistan berjumlah 38,04 juta jiwa. Dalam sejarah partisipasi mereka pada Olimpiade, Afghanistan hanya mampu mengumpulkan dua medali saja.

Semua medali itu dipersembahkan oleh seorang atlet bernama Rohullah Nikpai lewat cabang olahraga taekwondo di Olimpiade 2008 dan 2012 dengan raihan perunggu.

Baca Juga: [BREAKING] Angkat Besi Tambah Medali Indonesia di Olimpiade Tokyo

6. Bangladesh

7 Negara Padat Penduduk yang Belum Pernah Meraih Medali Emas Olimpiadetim panahan Bangladesh di Olimpiade Tokyo 2020 (sumber: twitter.com/worldarchery)

Bangladesh merupakan negara dengan populasi terbesar yang belum pernah meraih medali emas Olimpiade. Ironisnya lagi, negara dengan populasi 163 juta jiwa ini belum pernah meraih satupun medali Olimpiade, baik itu medali emas, perak ataupun perunggu.

Bangladesh terletak di bagian selatan benua Asia dan berbatasan langsung dengan negara India dan Myanmar.

7. Republik Demokratik Kongo

7 Negara Padat Penduduk yang Belum Pernah Meraih Medali Emas Olimpiadeparade kontingen Republik Demokratik Kongo di Olimpiade Tokyo 2020 (sumber: twitter.com/joramjojo)

Republik Demokratik Kongo adalah negara dengan populasi terbesar ke-2 setelah Bangladesh yang belum pernah meraih satupun medali pada ajang Olimpiade. Faktanya, Kongo memliki populasi 86,79 juta jiwa penduduk menurut data di tahun 2019.

Selain negara-negara tersebut, masih terdapat sekitar 60 negara yang belum pernah meraih medali emas Olimpiade sepanjang partisipasinya. Negara-negara seperti Albania, Bhutan, Somalia dan Honduras memiliki nasib yang selaras dengan negara-negara di atas meskipun memiliki jumlah populasi penduduk yang cukup padat.

Baca Juga: [BREAKING] Kiprah Honey Couple Praveen/Melati Tamat di Olimpiade Tokyo

khoerul abidin Photo Writer khoerul abidin

I've got balls, but none of them are crystal, so I don't know what will happen.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya