6 Pemain Asal Amerika Latin yang Pernah Membela Liverpool

Ada nama Suarez hingga Coutinho

Banyak pemain yang berasal dari Amerika Latin mencoba peruntungannya untuk bermain di Eropa bersama klub-klub di Premier League. Tidak sedikit pula klub-klub juga memakai jasa mereka karena kemampuan olah bolanya yang di atas rata-rata.

Salah satu klub yang juga menggunakan jasa pemain Amerika Latin adalah Liverpool. Beberapa pemain yang bermain bersama The Reds mampu menjadi andalan bagi tim. Namun, mereka juga pada akhirnya pergi untuk meningkatkan karier mereka. Siapa saja para pemain dari Amerika Latin yang pernah membela Liverpool? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Philippe Coutinho (Brazil)

6 Pemain Asal Amerika Latin yang Pernah Membela LiverpoolPhilippe Coutinho (thisisanfield.com)

Philippe Coutinho didatangkan oleh Liverpool dari Inter Milan pada bursa transfer Januari 2013 senilai 13 juta euro. Ia merupakan salah satu pemain inti di lini tengah The Reds. Kemampuannya mengolah bola menjadikannya sebagai andalan dan pengatur serangan dalam tim.

Coutinho meninggalkan Liverpool setelah mengabdi selama lima tahun pada bursa transfer Januari 2018. Ia dibeli Barcelona seharga 135 juta euro. Selama membela Liverpool, Coutinho bermain sebanyak 201 penampilan dan mencetak 54 gol dan 45 assist. 

2. Lucas Leiva (Brazil)

6 Pemain Asal Amerika Latin yang Pernah Membela LiverpoolLucas Leiva (liverpoolfc.com)

Lucas Leiva merupakan gelandang bertahan yang dibeli dari Gremio pada transfer musim panas tahun 2007. Ia telah membela Liverpool selama 10 tahun, yakni pada periode 2007—2017. 

Saat ini, Lucas Leiva bermain bersama Lazio di Serie A. Ia dibeli Lazio tahun 2017 seharga 5,70 juta euro. Selama membela The Reds, ia telah bermain sebanyak 364 pertandingan dengan torehan 7 gol dan 21 assist. 

Baca Juga: 5 Gol Terbaik Mohamed Salah ketika Berseragam Liverpool

3. Luis Suarez (Uruguay)

6 Pemain Asal Amerika Latin yang Pernah Membela LiverpoolLuis Suarez (liverpoolecho.co.uk)

Luis Suarez didatangkan dari Ajax Amsterdam pada Januari 2011. Ia merupakan salah satu pembelian tersukses dalam sejarah Liverpool. Hal ini tidak berlebihan mengingat selama 3,5 musim membela The Reds, ia mencetak 82 gol dan 47 assist dalam 133 penampilan di seluruh kompetisi.

Liverpool sebetulnya tidak berniat menjual Suarez karena performa apiknya. Namun, tawaran dari Barcelona sejumlah 75 juta poundsterling dan keinginan Suarez sendiri yang ingin pindah membuat The Reds harus rela kehilangannya. Ia memutuskan bergabung dengan Blaugrana pada bursa transfer musim panas 2014. Saat ini, Suarez membela Atletico Madrid di La Liga Spanyol. 

4. Javier Mascherano (Argentina)

6 Pemain Asal Amerika Latin yang Pernah Membela LiverpoolJavier Mascherano (liverpoolecho.co.uk)

Javier Mascherano merupakan pemain asal Argentina yang bermain sebagai gelandang. Ia membela Liverpool selama tiga musim dari tahun 2007 hingga 2010 dengan catatan 139 penampilan dan mencetak 2 gol dan 7 assist.

Ia hengkang ke Barcelona tahun 2010 dengan nilai transfer 20 juta euro dan menghabiskan 8 musim di sana. Setelah pergi dari Camp Nou, ia sempat bermain di Liga China dan Argentina sebelum memutuskan pensiun pada 2020 lalu di usia 36 tahun. 

5. Fabio Aurelio (Brazil)

6 Pemain Asal Amerika Latin yang Pernah Membela LiverpoolFabio Aurelio (lverpoolecho.co.uk)

Fabio Aurelio bergabung bersama Liverpool dari Valencia tahun 2006 dan menghabiskan waktu bermain bersama The Reds selama enam musim. Ia hanya mencatatkan 134 penampilan dengan mencetak 4 gol dan 17 assist.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini memang menjanjikan pada awal bergabung. Ia adalah bek kiri terbaik di Spanyol usai mengantarkan Valencia juara La Liga musim 2001/2002. Namun cedera pada awal musim membuatnya menjadi jarang dimainkan karena sering kambuh dan mengalami beberapa cedera lainnya. Ia akhirnya pergi dari Liverpool ke tahun 2012 ke Gremio dengan status bebas transfer. Ia pensiun pada 2013 di usia 34 tahun karena tak kunjung menemukan performa terbaiknya setelah cedera. 

6. Maxi Rodriguez (Argentina)

6 Pemain Asal Amerika Latin yang Pernah Membela LiverpoolMaxi Rodriguez (90min.com)

Maxi Rodriguez adalah penyerang sayap asal Argentina yang bermain bersama Liverpool selama 3,5 musim pada periode Januari 2010 hingga Juni 2012. Ia mencatatkan 73 penampilan dengan torehan 17 gol dan 7 assist.

Ia didatangkan dari Atletico Madrid dan membantu The Reds memenangkan Piala Liga tahun 2012. Saat ini, ia bermain di klub mudanya di Argentina, yakni Newell's Old Boys.

Pemain di atas merupakan beberapa pemain asal Amerika Latin yang membela Liverpool. Saat ini, The Reds juga memiliki beberapa pemain Amerika Latin yang aktif bermain dan menjadi andalan klub seperti Alisson Becker, Fabinho, dan Roberto Firmino.

Baca Juga: 5 Pemain Asing dengan Torehan 300 Laga untuk Liverpool

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya